Creative Design Interior ®

Jl. Sersan Muhtar Dramaga - Bogor, Jawa Barat

customercdi@gmail.com

0813 8050 0660

0857 7678 6091

Menu

Menjadikan Arang Sekam Sebagai Bahan Campuran Cor

Jumat, September 27th 2019.

Arang Sekam Sebagai Campuran Cor – Sudah berbagai cara yang di temph oleh pakar kontruksi untuk bisa membuat campuran beton yang sangat kokoh dan juga tahan lama, mulai dari menggunakan campran fly ash sampai bubuk kapur.

arang sekam sebagai campuran beton

Pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan tips kepada teman teman semua tentang “aran sekam sebagai campuran cor” yang mana arang sekam ini sangat banyak kandungan siliki yang di butuhkan dalam komposisi cor coran.

Arang Sekam Sebagai Campuran Cor

Masih banyak yang belum mengetahui, bahwasanya arang sekam ini memiliki banyak manfaat yang pada umumnya kita lihat untuk di jadikan abu gosok oleh ibu rumah tangga. Namun hal ini tidak hanya sebagai abu gosok saja, ternyata arang sekam ini banyak digunakan industri industri, pertanian, bahkan kontruksi bangunan. Untuk lebih jelasnya, yuk kita baca ulasan di bawah ini.

Kandungan Material di Sekam Bakar

Yang harus kalian ketahui semua nya pada arang sekam ini adalah kandungan material yang ada di dalamnya, yang mana ketika kalian sudah mengetahuinya maka kalian bisa mengeksplorasi sekam lebih jauh sesuai dengan ide dan juga kebutuhan nantinya.

Di bawah ini adalah kandungan arang sekam yang perlu kalian ketahui ;

Silikon Dioksida (SiO2) adalah unsur elektro positif yang sangat banyak terkandung pada kerak bumi. Silikon ini juga sangat banyak terdapat pada pasir putih dan juga sangat di butuhkan untuk bahan baku produksi kaca, keramik dan yang lainnya.

Selain itu juga silika yang ada pada arang sekam ini sangat di butuhkan untuk perbaikan struktur tanah pada pertanian, terutama sebagai campuran pupuk kompos, silikon, dioksida yang ada pada arang ini sekitar 60%

Carbon (C) adalah zat yang sangat bermanfaat untuk bahan dasar pewarna hitam, yang terkandung pada sekam ini sebanyak 32%.

Kalium (K) adalah salah satu zat yang ada pada arang sekam dan juga sangat di butuhkan oleh tanaman sebagai pencukpan unsur Hara K untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Phospat (P) pada sekam ini memiliki kandungan sebesar 0,15 % yang merupakan salah satu dari tiga unsur makro atau esensial yang sangat di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman selain nitrogen dan juga kalium.

Manfaat Sekam Untuk Campuran Cor Beton

Setelah kalian mengetahui kandungan yang ada di dalam arang sekam, sekarang kalian akan kami ajak untuk memahami kegunaannya jika digunakan sebagai campuran cor curah, yang diantaranya adalah:

  1. Sebagai Anti Retak Coran. Coran jika sudah di setting atau sudah tertuang kedalam cetakan akan mudah retak jika tidak di siram secara teratur, nah arang ini bisa sebagai alternatif untuk meminimalisir keretakan pada waktu setting hingga beton mengering.
  2. Sebagai Penghemat Semen. Selain menjadikan beton tidak mudah retak, arang sekam juga bisa menghemat penggunaan semen, dikarenakan butiran paling halus yang dibutuhkan sebagai perekat (pasta) antara butiran kasar pasir dan split dapat di ganti dengan butiran halus dari abu sekam.
  3. Menjadikan Permukaan Beton Lebih Halus Dan Padat. Hasil finishing beton yang halus dan padat juga menjadi pasti jika menggunakan abu sekam ini sebagai bagian dari komposisi corannya.

Cara Menggunakan Arang Sekam Untuk Campuran COR

Jika kalian akan membuat campuran cor dengan tambahan arang atau abu sekam, alangkah baiknya jika menggunakan campuran ini dengan komposisi yang tepat, agar mutu beton yang anda harapkan bisa benar-benar terwujud dan tidak gagal. Berikut langkah-langkah penggunaannya ;

  1. Saya gambarkan disini untuk membuat 1 meter kubik campuran beton. Siapkan material dengan perbandingan Pasir Cor 30%, Split ukuran 1-2 50%, Semen 10% dan Abu Sekam 10% dari ukuran 1 m³ dan Air secukupnya.
  2. Jika pengadukan cor dengan mesin molen, silahkan masukan semua material dan air kedalam molen kemudian putar molen selama 10 menit.
  3. Namun jika dengan cara manual, campurkan terlebih dahulu pasir dan abu sekam kemudian campurkan semen sampai benar-benar tercampur rata, setelah rata campurkan split dan aduk kembali. Ingat proses pengadukannya harus pada tempat yang terbebas dari lumpur dan tanah.
  4. Beri lobang ditengah tengah adukan dan masukan air secukupnya, kemudian aduk perlahan hingga air merata ke seluruh adukan.
  5. Adukan siap di tuangkan ke cetakan beton atau bekisting.

Bagaimana ? Sangat mudah bukan cara menggunakan arang sekam untuk campiran cor. Semoga dengan artikel yang saya tulis untuk teman teman semua bisa bermanfaat untuk kita semua dan juga bisa menambah wawasan keilmuan dalam kontruksi beton.

Namun, jika kalian ingin membeli abu sekam atau arang sekam dengan jumlah yang kecil atau besar, kalian bisa klik Daftar Harga Jual Sekam.

Mau Konsultasi Cepat? Gabung Grup WA

Rekomendasi Produk Kami

Rp 340.000
Harga per : 1 m3
Minimal : 6,5 kubik
Rp 820.000
Harga per : per m3
Minimal : 6 m3
Rp 2.200
Harga per : kilo gram
Minimal : 100m
Rp 4.500.000
Harga per : Hari
Minimal : 1hari
Rp 320.000
Harga per : 1 m3
Minimal : 8,3 kubik
Rp 48.000
Harga per : Batang
Minimal : 300 btg

Info Lainnya

Selasa 15 Oktober 2019 |

Wiremesh Pengganti Besi Plat Beton | Mitra CDI dimana saja anda berada. Sesuai dengan berkembang pesatnya pembangunan banyak inovasi terbaru dalam dunia konstruksi untuk menghemat…

Selasa 15 Oktober 2019 |

Tips membeli tanah yang strategis dan murah | Mitra CDI. Dalam memilah  dan memilih tanah yang cocok untuk bermukim atau untuk membangun rumah tinggal yang kita…

Senin 14 Oktober 2019 |

Cara Memilih Kayu Papan Cor Yang Tepat | Mitra CDI. Kayu Papan cor adalah salah satu bahan yang dibutuhkan untuk pengecoran dak dan beton bertulang.…

Senin 14 Oktober 2019 |

Tahapan Membuat Pondasi Rumah dengan Cor Beton | Mitra CDI yang berbahagia. Sebagian orang mempunyai alasan mengapa mereka membangun rumah bertingkat atau rumah lantai dua…

Senin 14 Oktober 2019 |

Perbedaan Jalan Beton dan Jalan Aspal | Mitra CDI. Jalan merupakan salah satu akses yang menghubungkan daerah satu ke daerah lainnya atau dari kota satu…

Minggu 13 Oktober 2019 |

Cara Memilih Semen yang baik dan Penyimpanannya yang Benar | Mitra CDI. Semen adalah bahan material perekat yang termasuk dalam kategori kebutuhan primer untuk konstruksi…