Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Semen

1808 Dilihat

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Semen |  Mitra CDI. Seperti yang sering kami sampaikan bahwa semen ini adalah sudah menjadi kebutuhan wajib pada sebuah konstruksi bangunan, karena konstruksi apa saja harus tetap berkaitan dengan semen. Dari itu kami tidak bosan bosannya berbagi ilmu kepada anda hal-hal yang berkaitan dengan semen ini, seperti pada artikel kami kali ini “Cara Akurat Menghitung Kebutuhan Semen” adalah sumbang sih kami atas kepercayaan anda semua yang telah menggunakan jasa kami. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu mempermudah penghitungan RAB bangunan anda.

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Semen
Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Semen

Meskipun di luaran sana banyak yang sudah menjelaskan dengan berbagai macam versi, tapi kami merasa berkewajiban untuk menghadirkan artikel perihal cara menghitung kebutuhan semen menurut versi kami sendiri agar anda yang sering berkunjung ke sini tidak perlu mencari tutorialnya diluran sana, cukup dengan satu web semua perihal dunia konstruksi sudah terjawab.

  • Mengenal Kualitas dan Jenis Semen

Sebelum melangkah ke pembahasan pokok, kami ingin mengajak anda mengenal terlebih dahulu berbagai jenis semen, merk dan ukurannya, agar pada perhitungan kebutuhan semen nantinya tidak ada kekliruan yang menyebabkan anda salah hitung atau kurang akurat. Karena menurut kami perhitungan akurat itu dimulai dari kefahaman yang akurat pula. Berikut yang harus anda ketahui dari produk semen.

  1. merk Semen. Meskipun bahan dasar pembuatan semua merk semen sama yaitu dengan menggunakan pasir besi, namun merk juga memegang peranan penting untuk menguji kredibilitas, kualitas dan loyalitasnya. Tips dari kami gunakanlah produk semen yang sudah di gunakan selama minimal 5 tahun oleh masyarakat luas atau jika anda sedang mencari yang berkualitas namun murah carilah merk semen impor yang sedang mencari pangsa pasar di indonesia, biasanya semen impor seperti ini mengedepankan kualitas dan pelayanan untuk menjaring konsumen yang banyak.
  2. Jenis Semen. Menngenal jenis semen juga merupakan satu langkah untuk meminimalisir kekeliruan dalam penghitungan kebutuhan semen. Jenisnya diantara lain; Semen Portland Tipe 1 s/d 7, Super Masonry Cement, Oil Well Cement, Portland Composite Cement (PCC), Portland Pozzolan Cement (PPC). Dan jika anda hanya menggunakannya untuk membangun rumah atau ruko cukup memakai tipe 1 Semen Portland.
  3. Ukuran per sak. Jangan sekali-kali anda menghitung kebutuhan semen tanpa memperhatikan ukuran persaknya, karena bisa jadi hitungan anda kurang akurat. Tentukanlah salah satu ukuran yang 40kg atau yang 50kg.

Baca juga: Daftar Harga Berbagai Merk Semen Terbaru

  • Rumus Menghitung Kebutuhan Semen

Selanjutnya setelah anda tahu spesifikasi semen dengan jelas, tinggal cara penghitungan kebutuhannya sesuai dengan tipe bangunan yang anda inginkan. Kami sarankan jangan menghitung dengan ukuran global luas bangunan, karena bisa jadi tidak akurat. Ukurlah semua bagian yang akan dipasang bata atau batu baik dinding atau lantai (bisa mengguanakan acuan gambar terlebih dahulu) untuk mendapatkan luas keseluruhan. Karena semen ini sebagian besar kegunaannya sebagai campuran pasir, maka dalam perhitungannya harus mengetahui seberapa banyak kebutuhan pasir terlebih dahulu. Tentang cara penghitungan pasir sudah kami bahas pada judul CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN PASIR (silahkan di klik). Selanjutnya gunakan rumus-rumus berikut.

  • Kebutuhan Semen untuk Cor.

Rumus: Luas (dinding /lantai) yang akan di cor X 11,5 kg

  • Kebutuhan Semen untuk Pasang Bata /Plester.

Rumus: Total Kebutuhan Pasir (utk psang bata /batu /plester) X 8,32 kg

Itulah mitra tips dari kami Cara Akurat Menghitung Kebutuhan Semen pada bangunan rumah atau yang lainnya, jika ada pertanyaan terkait pembahasan kami diatas silahkan hubungi kami langsung melalui telepon, WA atau email resmi kami pada website ini. Jangan pernah sungkan untuk berdiskusi dengan kami, karena kami juga sangat membutuhkan kritik dan saran dari anda semua.