Cara Menghitung Besi Untuk Cor Dak Lantai

26993 Dilihat

Cara Menghitung Besi Untuk Cor Dak Lantai | Mitra CDI. Untuk membuat dak lantai tentu kita harus tahu berapa banyak kebutuhan besi dalam membuat dak lantai. Perhitungan ini harus tepat sebab jika salah kemungkinan biaya akan semakin membengkak dengan harga besi cor yang sekarang ini cukup mahal. Perhitungan dari besi untuk lantai biasanya tergantung dari skala dari kebutuhan lantai itu sendiri. Untuk itu sebaiknya anda harus menghitung benar-benar tepat berapa lebar dan panjang dari dak lantai yang akan anda cor.

Cara Menghitung Besi Untuk Cor Dak Lantai
Cara Menghitung Besi Untuk Cor Dak Lantai
  • Langkah Tepat Menghitung Besi Untuk Cor Dak Lantai

Untuk menghasilkan Beton cor pada dak lantai berkualitas anda dituntut untuk membuat dua buah rangkaian besi yaitu yang berada di atas dan bawah. Rangkaian besi seperti ini sesuai dengan standar beton bangunan. Sebagai contoh kita akan membuat dak lantai dengan ukuran 3 meter X 6 meter dengan ketebalan beton cor sekitar 12 cm. Maka kita akan menggunakan skala 10 – 200 artinya 10 mm adalah ukuran dari diameter besi sedangkan 200 mm adalah jarak. Sedangkan disini kita membuat dua buah rangkaian besi atas dan bawah. berikut ini cara menghitungnya :

  1. Yang pertama. Kita akan menghitung dari panjang yaitu 6 m dengan jarak 20 cm yang berarti bila kita bagi 600 : 20 adalah 30 buah besi. Untuk mempermudah setiap 1 meter panjang dak akan menggunakan besi 5 buah kemudian kita kali dengan 6 meter yaitu 30 buah besi.
  2. Sementara itu kita harus kali kan lagi dengan lebar yaitu 3 meter.
  3. Setelah kita mendapatkan perolehan dari perkiraan besi untuk mengisi panjang dak yaitu; 30 kita akan kali kan dengan lebar yaitu 3 meter, kalau kita tulis 3 m x 30 buah = 90 meter. Karena dak lantai menggunakan dua buah rangkaian atas bawah kita akan kali kan 2, jika di tulis 90 meter X 2 = 180 meter.

Jadi kebutuhan besi dari beton cor dak lantai ukuran 3 m X 6 m adalah 180 meter. Jika dalam satu batang besi yang di pasaran adalah 12 meter kita bisa membaginya yaitu 180 : 12 = 15 batang. Kebutuhan dalam membangun dak lantai ukuran 3 m X 6 m berarti anda harus membeli besi sebanyak 15 batang. Untuk skala yang lebih besar anda bisa menghitungnya sama dengan prinsip di atas.

Silahkan baca artikel yang berkaitan tentang Biaya Cor Dak Lantai per Meter persegi dengan klik DISINI.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan kehadapan anda. Semoga artikel ini membantu anda untuk menghitung lebih rinci kebutuhan besi dak lantai anda. Jangan lupa untuk menggunakan beton Readymix pada pengecoran dak lantai bangunan anda. Kami menyediakan mutu beton khusus dak lantai dari berbagai merk perusahaan Beton Cor Ready Mix di tanah air, seperti; Beton Pionir, Holcim, Jayamix, Merah Putih, Gresik.