Pengerjaan Cor Beton Yang Tepat

457 Dilihat

Pengerjaan Cor Beton Yang Tepat | Mitra. Untuk menghasilkan adukan cor beton yang tepat mutu, tentu anda harus tahu dulu bagaimana konsep dasar dan prosedurnya yang benar. Hal ini ditujukan agar ketika pengerjaan cor sudah berlangsung anda akan tahu bagaimana kualitas hasil cor yang anda kerjakan ataupaun anda pesan (jika mengguankan jasa ready mix). Untuk lebih memahami tentang pengerjaan cor beton yang tepat silahkah simak penuturan berikut sebagai referensi anda untuk lebih tahu tentang proses pengecoran.

Pengerjaan Cor Beton Yang Tepat
Pengerjaan Cor Beton Yang Tepat
  • Acuan Mutu Cor Beton Yang Tepat

Untuk mendapatkan beton berkualitas anda harus tahu berapa kebutuhan cor beton yang tepat yang akan anda kerjakan. Konsep ini harus anda tanamkan sebab dalam pekerjaan pengecoran tidak ada hal revisi kembali. Bila terjadi revisi anda harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit pada biaya pembongakran beton yang gagal dan pembelian beton yang baru. Untuk acuan kebutuhan standar mutu beton yang perlu anda perhatikan adalah berapa banyak volume cor yang akan anda buat dan berapa maksimal beban muat per meter persegi dari permukaan cor yang akan anda kerjakan. Hal-hal ini harus terperinci dengan jelas. Biasanya beban muat maksimal pada pengecoran lantai dak rumah antara 225 kg s/d 300 kg. Atau kalau istilah pada mutu beton Readymix adalah K225 s/d K300.

Silahkan Anda Baca : Penjelasan Lengkap Semua Mutu Beton Disini

  • Perancang/ Bekisting Dak Beton

Banyak kasus seorang tukang bangunan tidak mempedulikan hal ini, pada hal perancang /bekisting beton adalah salah satu nyawa dari pekerjaan beton cor yang sempurna. Bisa anda bayangkan ketika pengerjaan cor beton berlangsung tiba-tiba perancang /bekisting tidak kuat untuk menahan beban dari beton. Akibat yang timbul kemungkinan coran akan retak atau fatalnya akan runtuh, tentu hal ini tidak anda harapkan.

Lebih Jelasnya Silahkan Baca : Penyebab Retaknya Cor Beton.

  • Besi Tulangan

Sebagai salah satu penyangga bangunan, besi tulangan sangat berperan penting. Sebab bila besi tulangan tidak mempunyai kekuatan maksimal tentu akibat yang timbul akan buruk. Untuk itu pastikan ukuran dari besi tulang dengan diameter ideal, baik untuk tiang ataupun untuk tulangan dak. Kami sarankan dak beton menggunakan tulangan besi berdiameter 10mm dan tiang 12mm. Untuk cara menghitung berapa kebutuhan besi yang anda butuhkan, anda bisa merujuk ke halaman Cara Menghitung Besi Cor.

  • Proses Pengerjaan Cor Beton

Untuk urusan ini ada baiknya jika anda tidak faham cara mengukur semua kebutuhan material cor atau ragu dalam menentukan takaran komposisi cor, anda bisa bantuan jasa penyedia Ready Mix (jayamix). Dari jasa penyedia Beton Readumix anda bisa mendapatkan ukuran dan kebutuhan cor beton yang tepat, sebab mereka lebih tahu kebutuhan cor untuk bangunan anda. Sekala dalam pembuatan cor juga sudah di prediksi dengan tepat sesuai dengan standar beton SNI. Untuk itu anda bisa hitung volume kubik untuk pekerjaan beton atau langsung hubungi kami CDI untuk menghitung kebutuhan cor bangunan anda.

Itulah beberapa konsep untuk pengerjaan cor beton yang tepat, untuk hal-hal yang lain sebaiknya anda konsultasi dengan kami langsung melalui telepon atau email yang tercantum di website ini. Semoga artikel ini bermanfaat.