10 Cara Menata Kamar Anak Agar Terlihat Menarik

22 Dilihat

10 Cara Menata Kamar Anak Agar Terlihat Menarik – Mitra CDI dimana saja berada. Kamar adalah tempat ternyaman bagi anak-anak untuk beristirahat. Selain itu, ini juga merupakan tempat pribadi bagi mereka untuk belajar dan bermain. Keadaan kamar anak yang nyaman, bersih, dan menarik akan membuatnya betah untuk beristirahat di dalamnya.

Menata kamar anak
Menata Kamar Anak

Beberapa Cara untuk Menata Kamar Anak agar Bagus dan Menarik

Dalam menata kamar anak-anak, tentunya harus memperhatikan beberapa aspek keindahan, kerapian dan hal-hal yang disukainya. Melakukan penataan terhadap kamar juga memerlukan sebuah kreativitas. Berikut beberapa caranya.

1. Pilihlah Warna Cat Dinding yang Cerah

Warna cat dinding yang cerah akan membuat suasana menjadi ceria. Warna-warna ini dapat dipilih untuk dinding kamar, antara lain kuning, oranye, hijau muda dan biru langit. Warna dinding yang cerah cenderung akan membangkitkan semangat.

2. Lukislah dinding dengan Karakter yang Disukai anak

Selain warna, gambar pada dinding juga akan menumbuhkan imajinasi mereka. Anak-anak biasanya akan sangat senang jika di kamar mereka dilukis dengan karakter-karakter kartun yang sukai seperti Naruto, Doraemon, Upin-Ipin, Marsha dan lain-lain.

3. Gunakan Pencahayaan yang Pas

Pencahayaan adalah hal yang sangat penting di dalam sebuah ruangan, begitu juga dengan kamar anak. Agar suasana kamar terlihat terang dan tidak membosankan pada malam hari, berikan nuansa berbeda dengan menggunakan lampu yang sesuai dengan luas ruagan.

4. Berikan Rak Tempat Mainan

Hampir semua kamar anak cenderung dipenuhi oleh mainan. Agar mainan tersebut tidak berantakan, berikan rak untuk tempat menyimpannya. Di samping itu, pemberian rak mainan juga berfungsi agar benda ini tidak hilang serta menumbuhkan karakter untuk menjaga kerapian.

5. Sediakan Ventilasi yang Cukup

Keberadaan ventilasi yang baik di dalam kamar anak adalah item terpenting untuk menjaga kesehatan pernafasan mereka. Jika tidak, akan terasa pengap dan gelap. Namun, tata letak juga harus diperhatikan.

6. Pasang AC atau Kipas Angin

Pada suhu udara yang panas tentunya aktivitas dan tidur anak di dalam kamar tidak akan tenang. Maka dari itu berikan pendingin udara atau kipas angin di dalam agar mereka merasa betah untuk melakukan aktivitasnya.

7. Sediakan Buku-buku Bacaan dalam Lemari

Tidak hanya mainan saja, anak juga perlu disediakan buku-buku bacaan. Ini dapat berupa buku cerita, novel anak, buku pelajaran dan ensiklopedia. Dengan adanya perlengkapan tersebut, diharapkan anak akan terlatih sejak dini untuk melestarikan budaya literasi.

8. Berikat Karpet yang Nyaman

Di dalam kamar tidur, selai kasur juga diperlukan sebuah karpet yang nyaman di atas lantai. Ini berfungsi sebagai alas untuk bermain dan membaca. Terutama jika mereka bosan melakukan aktivitas di atas tempat tidur ataupun di meja belajar.

9. Berikan Gantungan di Belakang Pintu

Gantungan di belakang pintu berfungsi sebagai tempat baju dan tas anak. Cukup sediakan gantungan kecil dan tidak usah terlalu besar di baliknya. Yang terpenting bisa untuk menggantung barang-barang anak agar tidak tercecer.

10. Sediakan Meja Belajar

Anak juga akan belajar di dalam kamar mereka. Untuk menunjang hal tersebut, sediakan meja belajar yang cukup luas dan nyaman. Selain itu, juga siapkan kursi dan lampu agar lebih merasa nyaman.
Saat menata kamar anak, tentunya harus dilakukan dengan hati yang ikhlas, agar hasil penatataan menjadi menarik. Selain itu, perhatikan juga semua komponen yang ada di dalamnya untuk bisa dimanfaatkan menjadi lebih indah untuk dinikmati.