Creative Design Interior ®

Jl. Sersan Muhtar Dramaga - Bogor, Jawa Barat

customercdi@gmail.com

0813 8050 0660

0857 7678 6091

Menu

Inilah 10 Jenis Batu Alam dan Kegunaannya

Rabu, Mei 12th 2021.

10 Jenis Batu Alam dan Kegunaannya | Mitra CDI yang berbahagia. Bumi memang kaya dengan berbagai material dan mineral di dalamnya. Salah satunya adalah adanya batu alam. Batu alam terdiri dari banyak sekali  jenis, karakteristik, penampilan dan kepadatan bahkan warnanya karena perbedaan mineral yang terkandung di dalamnya serta perbedaan proses terbentuknya dimana bisa dibentuk oleh sungai, pegunungan tektonik, gunung berapi dan lain-lain. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan kepada anda semua sepuluh jenis material alam beserta kegunaannya, berikut pemaparannya.

Salah satu jenis batu alam

Salah satu jenis batu alam

  • 10 Jenis Batu Alam Populer Dan Kegunaannya

Hasil dari investigasi tim kami di lapangan selama beberapa satu tahun ini bahwa ada 10 jenis batu alam yang populer dikalangan para arsitektur eksterior dan interior untuk mempercantik bangunan baik indoor maupun outdoor. Coba perhatikan penjelasan singkat kami berikut ini;

Batu granit

Batuan magmatik ini terbentuk karena pendinginan magma yang berada jauh di kerak bumi. Beberapa diantaranya juga berasal dari metamorf yang terbentuk oleh transformasi batu magmatik dengan tekanan tinggi seperti pada pengembangan pegunungan. Batu ini sangat populer untuk mempercantikkan bangunan terutama rumah. Bukan saja menambah kesan alami tapi juga artistik.

Batu marmer

Batu ini terbentuk dari metamorf dan juga batuan sedimen, terdiri dari partikel bernama kalsit atau calciferous. Marmer mudah ditemui dan mudah dikerjakan untuk industri bangunan baik tangga, lantai, perapian dan lainnya. Warnanya juga bermacam-macam.

Batu kapur

Batuan sedimen ini terbentuk karena akumulasi serta fragmen batu atau kompresi fosil seperti kalsium dan kuarsa. Teksturnya lembut dan mudah untuk digunakan. Bisa diaplikasikan untuk indoor maupun outdoor. Bisa dibuat untuk patung, lantai dan lain-lain.

Batu basal

Batuan magmatik ini terbentuk oleh proses pendinginan magma cair yang ada di permukaan bumi. Pendinginan yang cepat membuat mineral yang ada di dalam batu mengkristal. Teksturnya halus, tidak berpori, keras dan juga tahan lama. Cocok untuk lantai, dinding dan lainnya.

Batu tulis

Batu tulis terbentuk dari berbagai jenis tanah liat. Struktur batu ini berlapis. Sangat cocok untuk area indoor dan outdoor atau juga sebagai pelapis dinding.

Batu andesit

Batu ini bisa ditemukan di berbagai daerah yang memiliki aktivitas vulkanik. Terdapat dua jenis yakni bintik dan polos. Corak batu ini juga cantik dan bermacam-macam. Sangat cocok digunakan untuk dekorasi indoor dan outdoor.

Batu sabak

Di pasar, batu ini disebut sebagai batu kali. Batu sabak sangat kuat. Cocok untuk pondasi bangunan. Batu ini bisa dibelah hingga menjadi lempengan tipis yang bisa digunakan untuk pelapis dinding atau lantai.

Batu candi

Batu ini dibentuk dari lava yang sudah membeku. Batu ini sangat solid, berpori dan warnanya gelap. Bisa digunakan untuk indoor atau outdoor.

Batu lunak

Batu ini memiliki kepadatan yang rendah. Disebut juga batu alam palimaman. Warnanya bermacam-macam. Batu ini mudah dipahat. Bisa untuk patung, dekorasi bangunan baik indoor maupun outdoor.

Batu koral

Batu koral atau disebut juga kerikil batu yang mudah ditemukan di pasaran. Ada banyak kegunaan dari batu ini dari mulai untuk konstruksi bangunan dan lain-lain. Bat batu koral yang bisa di jadikan sebagai hiasan batu alam adalah batu kali hitam yang berukuran 2-5 cm dengan bentuk bulat dan lonjong.

Itulah mitra penjelasan kami dari 10 jenis batu alam yang paling sering /populer digunakan untuk memperindah desain rumah baik tampilan luar maupun dalam. Semoga artikel yang kami hadirkan kali ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi ide desain bangunan yang sedang anda rencanakan.

Mau Konsultasi Cepat? Gabung Grup WA

Rekomendasi Produk Kami

Rp 2.200
Harga per : kilo gram
Minimal : 100m
Rp 4.500.000
Harga per : Hari
Minimal : 1hari
Rp 320.000
Harga per : 1 m3
Minimal : 8,3 kubik
Rp 48.000
Harga per : Batang
Minimal : 300 btg
Rp 1.200.000
Harga per : meter
Minimal : 2 m
Rp 330.000
Harga per : 1 m3
Minimal : 8,3 kubik

Info Lainnya

Jumat 18 Juni 2021 |

Berapa Lama Kayu/Papan Penahan Coran dibuka? | Mitra CDI. Proses pengecoran adalah salah satu proses yang amat sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan rumah atau lainnya. Dalam proses…

Rabu 16 Juni 2021 |

Perbedaan Kayu Kamper dan Meranti | Mitra CDI. Pembangunan rumah memang tidak instan. Anda bisa membayangkannya sendiri begitu banyak jenis material yang harus dipakai dalam pelaksanannya selain…

Rabu 16 Juni 2021 |

Cara Memasang Gloss Wood Flooring | Mitra. Bisa dibilang bahwa pemasangan Gloss Wood Flooring adalah cara pemasangan yang paling gampang dan juga cepat. Tidak perlu skill khusus…

Selasa 15 Juni 2021 |

Pilih Pondasi Batu Gunung atau Cakar Ayam? | Mitra CDI. Pondasi adalah salah satu komponen struktur rumah yang terletak pada bagian bawah dan berhubungan langsung dengan tanah.…

Selasa 15 Juni 2021 |

Harga Membangun Rumah dari Nol per M2 | Mitra CDI. Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Rumah tentunya menjadi impian bagi semua orang. Dan rumah…

Senin 14 Juni 2021 |

Macam-Macam Model Atap Rumah | Mitra CDI yang berbahagia. Atap rumah adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah rumah. Atap rumah memang memiliki fungsi praktikal…