5 Tahapan Kontruksi Dasar Jalan Beton

602 Dilihat

5 Tahapan Kontruksi Dasar Jalan Beton | Mitra. Dalam merencanakan desain konstruksi jalan beton berbeda dengan merencanakan desain konstruksi bangunan gedung dan lainnya. Jika pada konstruksi bangunan gedung yang diandalkan hanya pada kekuatan pondasi saja, lain halnya pada jalan, yang paling penting pada konstruksi jalan beton ini adalah kesetabilan tanahnya. Nah bagi anda yang merasa belum paham proses konstruksi jalan beton dari awal, kali ini kami akan membahasnya khusus untuk anda.

Kontruksi Dasar Jalan Beton
5 Tahapan Kontruksi Dasar Jalan Beton
  • 5 Langkah Kontruksi Dasar Jalan Beton

Berikut ini adalah 5 langkah tahap persiapan dalam membuat jalan beton yang baik dan benar. Lima tahapan ini wajib diikuti jika pembuatan jalan dimulai dari nol atau dimulai dari pembukaan jalan baru. Lebih jelasnya silahkan di simak ulasannya.

  • Langkah – 1 (Pembukaan lahan)

Pembukaan lahan jalan baru pada tanah yang tidak rata memerlukan alat berat khusus seperti bull dozer untuk mempercepat proses perataan lahan. Tanah yang baru dibuka untuk pembangunan jalan beton ini harus dipadatakan terlebih dahulu dengan mesin roller agar tanah menjadi padat tidak labil dan tidak mudah berubah-ubah. Cara pemadatan yang baik adalah dengan memercikkan air satu malam sebelumnya.

Baca Juga : Daftar Harga Sewa & Beli Semua Alat Berat

  • Langkah – 2 (Pemadatan lahan)

Pada tahap selanjutnya adalah pemadatan lahan dengan menyebar batu-batu makadam 5-7 atau batu kapur /limestone ukuran 10 sampai 30 cm pada tanah yang telah selesai dipadatkan tadi. Kemudian setelah disebar material tadi, dipadatkan kembali dengan mesin roller yang bertujuan agar jalan cor beton nantinya tahan terhadap tekanan beban dan pergeseran tanah. Setelah itu sebarkan kembali basecose atau sirdam atau sirtu urug (campuran pasir dan batu) untuk menghasilkan permukaan yang lebih padat.

Silahkan klik halaman DAFTAR HARGA MATERIAL ALAM untuk mengetahui harga basecose, sirtu dan sirdam yang kami jual.

  • Langkah – 3 (Pemasangan bekisting)

Desain bekisting untuk cor jalan beton tidak serumit desain bekisting untuk cor dak atau kolom. Pada pengecoran jalan ini bekisting hanya diperlukan untuk menahan adukan cor pada samping kiri dan kanan jalan saja. Yang perlu diperhatikan adalah ketebalan coran yang harus sama antara kedua sisi jalan. Ukuran tebal standar pada jalan beton ± 15 s/d 25 cm.

Baca Juga : Cara Membuat Cetakan Beton /Begisting

  • Langkah – 4 (Pemasangan tulangan besi)

Setelah bekisting selesai dipasang, selanjutnya proses merangkai tulangan besi, namun sebelumnya beri alas pelastik cor terlebih dahulu. Untuk tulangan beton jalan ini jenis besi yang dipakai baiknya menggunakan besi ulir  jangan menggunakan besi polos dan antara sambungannya tidak hanya di ikat dengan behel tapi lebih baiknya dilas.

Baca Juga : Daftar Harga Semua Ukuran Besi

  • Langkah – 5 (Pemesanan beton ready mix)

Tahapan terakhir dari 5 Tahapan Kontruksi Dasar Jalan Beton adalah memesan cor beton pada jasa supplier cor beton yang terpercaya. Jika anda memesannya dari kami, anda bisa menghubungi kami 3 hari sebelum proses pengecoran atau meminta tim kami survey ke lokasi terlebih dahulu.

Baca Juga : Daftar Harga Beton Cor Readymix & Sewa Pompa

Dalam memilih jasa supplier cor beton ini anda harus ekstra hati-hati, karena sudah banyak konsumen kami yang tertipu dengan Jasa Supplier Cor Beton abal-abal, bahkan ada yang mengatas namakan peusahaan kami tetapi dengan No. tlp dan Alamat yang berbeda. Untuk itu kami tidak bertangggung jawab atas transfer order ke selain No. Tlp dan No. Rekening Resmi kami yang ada di website ini.

Itulah mitra 5 Tahapan Kontruksi Dasar Jalan Beton yang dapat kami sampakian pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.