Cara Membuat Adukan Pasang Bata Dan Pondasi

21478 Dilihat

Cara Membuat Adukan Pasang Bata Dan Pondasi | Mitra CDI. Bukan hanya kontraktor atau developer saja yang paham tentang takaran adukan pasang bata dan pondasi yang tepat, melainkan Anda juga harus tahu apalagi jika Anda sedang membangun rumah. Takaran semen, pasir dan air termasuk kerikil jika ingin membuat beton seperti untuk pondasi, semuanya harus tepat sehingga hasil adukan akan maksimal dan tentunya, ketika memasang bata atau pondasi, keduanya akan kokoh dan tahan sangat lama. Jadi, kualitas adukan ini menentukan kualitas bangunan itu sendiri.

Cara Membuat Adukan Pasang Bata Dan Pondasi
Cara Membuat Adukan Pasang Bata Dan Pondasi
  • Pentingnya Takaran Adukan Yang Tepat

Material semen, jika akan digunakan untuk membuat plesteran, adukan beton, acian tentu memiliki takaran yang berbeda-beda. Campuran yang ideal akan menghasilkan mutu bangunan juga kuat. Sayangnya, tidak jarang jika tukang bangunan mencampurkan semen dan bahan lain seperti pasir, air dan batu, tidak menggunakan standar yang benar dengan berbagai alasan. Contohnya, untuk adukan plesteran dinding, dibutuhkan perbandingan 1 semen, 6 pasir. Namun, karena ingin menghemat, kemudian perbandingannya adalah 1:8 atau bahkan 1:10.

Memang hemat, tapi kualitas adukan plesteran dinding ini akan sangat berkurang. Takaran semen ini harus benar-benar diperhatikan karena ketika akan memasang bata untuk dinding kamar tidur dan kamar mandi ternyata dibutuhkan perbandingan semen dan pasir yang berbeda. Lihat berikut ini;

  • Takaran plesteran dinding kamar = 1 semen : 6 pasir
  • Takaran plesteran dinding kamar mandi = 1 semen : 5 pasir

Hal lain adalah tentang jumlah air yang dicampurkan. Dengan berbagai alasan, tidak jarang jika air yang dituangkan ke dalam campuran semen dan pasir terlalu banyak sehingga adukan encer dan banyak yang terjatuh atau terbuang ketika sedang proses pemasangan bata. Bata pun akan lebih lama untuk merekat karena adukan terlalu encer. Padahal, pemakaian air juga harus diperhatikan dengan benar.

Idealnya, komposisi air adalah 10 s/d 30% dari jumlah takaran semen dan pasir. Contoh, jika semen dan pasir 7 takaran, maka airnya adalah 1 s/d 2,5 takaran sehingga komposisi air dibanding dengan volume semen dan semen tidak berlebih atau terlalu encer.

  • Saran Adukan Pasang Bata dan Pondasi

Berikut saran dari kami perihal takaran adukan yang baik untuk pasang bata dan pondasi. Kami mencontohkannya dengan menggunakan takaran ember. Anda bisa menggantinya dengan media lain yang penting satu ukuran tidak diganti ganti.

  1. Takaran untuk adukan pasang bata idealnya adalah; 1 : 6 : 2,5 yaitu 1 ember semen ditambah 6 ember pasir ditambah 2,5 ember air. Adukan untuk pasang bata ini lebih encer sedikit dibanding adukan untuk pasang batu pondasi.
  2. Sedangkan adukan yang disarankan untuk pasang batu pondasi sendiri adalah; 1 : 5 : 2 yaitu 1 ember semen dicampur pada 5 ember pasir dan ditambahkan 2 ember air. Khusus adukan pondasi ini lebih kental dengan mengurangi takaran pasirnya. Ini dimaksudkan agar pondasi lebih kuat dan kokoh karena posisinya sebagai penopang utama bangunan.

Itulah takaran adukan pasang bata dan memasang pondasi yang tepat. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk semen dan pasir termasuk kerikil jika untuk beton, harus dicampur secara rata terlebih dahulu sebelum kemudian dicampur dengan air. Artinya, sebelum air dituangkan, pastikan semua bahan tercampur dengan rata. Dengan demikian, hasil dari adukan baik untuk dinding maupun pondasi, akan berkualitas dan dinding atau pondasi tidak akan mudah retak.