Inilah Alasan Kenapa Bondek Jauh Lebih Murah

2896 Dilihat

Inilah Alasan Kenapa Bondek Jauh Lebih Murah | Mitra CDI. Dengan harga yang cukup tinggi di awal, tidak sedikit yang mengatakan bahwa bondek itu mahal. Padahal, jika dilihat dari sisi yang lebih jauh, bisa dikatakan dengan pasti bahwa material pengganti papan cor ini ternyata jauh lebih murah. Bahkan, lebih murah dari cor dak yang dilakukan secara konvensional atau dengan dasaran bekisting kayu biasa. Berikut beberapa alasan yang akan membuat Anda memutuskan untuk menggunakan bondek karena jauh lebih murah. Anda juga tidak akan kecewa dengan kualitas lantai yang dibuat dengan menggunakan material ini.

Bondek Jauh Lebih Murah
Bondek Jauh Lebih Murah

Kenapa Bondek Jauh Lebih Murah ?!

Banyak yang belum percaya bahwa sebenarnya, bondek jauh lebih murah karena beberapa hal. Coba perhatikan beberapa alasan berikut ini;

1. Material lebih efisien

Jika Anda menggunakan bondek, maka tidak akan ada banyak material yang terbuang atau tersisa saat proses cor dak sudah selesai. Sebagai perbandingan, Anda bisa melihat proses cor dak dengan cara konvensional dimana akan dibutuhkan banyak bambu dan papan kayu yang nantinya akan terbuang atau hanya menjadi kayu bakar ketika proyek cor dak sudah selesai.

2. Hemat di SDM

Dengan menggunakan bondek, ternyata tenaga yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek cor dak lebih sedikit. Hal ini dikarenakan pemasangan atau pengecoran dengan adanya struktur bondek ini bisa diselesaikan dengan cepat karena bondek tinggal diletakkan saja dan kemudian pengecoran bisa langsung dilakukan. Hal ini berbeda dengan teknik pengecoran menggunakan struktur konvensional yang sangat lama dan membutuhkan banyak SDM bahkan bisa 2 hingga 3 kali lipat jumlahnya jika dibandingkan dengan menggunakan bondek, alhasil bondek jauh lebih murah dan kuat.

3. Hemat pembersihan cor

Jangan salah, hemat pada saat pembersihan cor /pelepasan bekisting tidak berarti bahwa bondek tidak kuat. Justru yang ada malah sebaliknya. Bondek jauh lebih kuat karena berfungsi sebagai pengganti tulang positif dimana pada proses pelepasan bekisting biasanya digunakan dua lapis tulang positif dan negatif. Papan bondek sendiri hanya membutuhkan proses pembersihan bekisting sebanyak satu kali saja, tidak lebih.

4. Hemat kebutuhan cor

Selain itu, kebutuhan cor dak ketika menggunakan bondek jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan cor dak menggunakan cara konvensional. Ini karena bondek itu sendiri memiliki bentuk profil huruf W yang hitungannya dimulai dari sisi paling bawah. Sehingga, kebutuhan cor bisa lebih hemat sekitar 20% hingga 30%.

5. Hemat tiang penyangga

Jika dibandingkan dengan cara konvensional dimana Anda membutuhkan penyangga yang banyak, maka ketika Anda menggunakan bondek, Anda tidak perlu penyangga yang banyak karena ukuran jarak penyangga di bondek itu sendiri yang sudah tepat.

Lihat Juga: Daftar Harga Bondek dan Wiremesh dengan Klik DISINI

Itulah beberapa alasan kenapa Anda juga harus memilih bondek sebagai struktur penting ketika Anda melakukan proses pengecoran dak atau lantai. Ada banyak kelebihan dari sisi mutu atau kualitas, serta hemat biaya dari berbagai hal seperti disebutkan di atas. Intinya material bondek jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan papan cor biasa.