Bagaimana Proses Produksi Readymix Concrete ?

483 Dilihat

Bagaimana Proses Produksi Readymix Concrete ? | Mitra CDI yang berbahagia. Setiap Produk pasti memiliki cara tersendiri dalam PROSES produksinya, sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh produk tersebut. Dan PROSES ini juga merupakan bagian terpenting setelah perencanaan, untuk mencapai kualitas produksi yang baik dan unggul. Tidak hanya kami yang seharusnya mengetahui Bagaimana Proses Produksi Readymix Concrete itu berlangsung, kami juga ingin anda sebagai konsumen Readymix Concrete (Beton Ready Mix), mengetahui seluk beluk proses produksi Readymix Concrete (cor beton curah siap pakai) tersebut.

  • Proses Produksi Readymix Concrete

Perlu diketahui bahwa ada beberpa hal terpenting yang mempengaruhi kualitas cor beton curah siap pakai, diantaranya seperti pemakaian air yang berlebihan dapat mengakibatkan porositas dan penurunan kualitas cor beton. Juga, pemakaian semen yang berlebihan tidak akan memberikan kontribusi yang maksimal pada kualitas beton, hanya takaran seimbang pada setiap bahan material yang akan menghasilkan kualitas yang maksimal.

Bagaimana Proses Produksi Readymix Concrete
Bagaimana Proses Produksi Readymix Concrete ?

Kami disini akan berbagi tutorial singkat “Bagaimana Proses Produksi Readymix Concrete”. Berikut penjelasan dari proses readymix concrete yang bersumber dari pengalaman kami pribadi.

  • Bahan baku material yang digunakan

Bahan baku yang tepat untuk digunakan dalam proses produksi cor beton curah siap pakai (Readymix Concrete), adalah: agregat kasar (krikil /split), agregat halus (pasir), aditif, air dan semen.

  1. Material Agregat ini diperoleh dari tambang dan bank agregat yang mengisi paling banyak sekitar 60% sampai 75% dari volume Readymix concrete, bahan ini juga bisa diganti dengan pasir hitam dan split.
  2. Bahan kimia Aditif adalah zat kimia padat atau cair yang dapat ditambahkan ke Readymix concrete sebelum atau selama persiapan pengolahan. Yang biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan beton, mengeraskan atau mengurangi kadar air dalam beton.
  3. Material Air, Air ini adalah cairan campuran yang sangat penting untuk menetapkan reaksi kimia ketika semen telah dicampurkan.
  4. Material Semen, tidak ada bahan lain yang melebihi pentingnya dari bahan semen dalam proses produksi readymix concrete ini, karena semen ini yang memberikan ketahanan pada beton nantinya. Dan yang paling banyak digunakan adalah semen abu-abu jenis Portland dan Pozzolana Portland.
  • Proses produksi Readymix Concrete

Proses produksi readymix concrete ini melalui beberpa mesin dan alat yang sudah diperhitungkan  waktunya, mualai dari menakar bahan-bahan material agar sesuai dengan volumenya hingga proses pengisian Readymix concrete yang sudah jadi ke truk mixer. Berikut Tutorial Singkat Proses produksi Readymix concrete-nya.

  1. Tahap pertama, menakar dan memasukan bahan agregat ke tungku berjalan yang telah disiapkan.

    produksi readymix concrete
    Menakar dan memasukan bahan material agregat
  2. Menambahkan bahan kimia Aditif pada tank yang sudah disi material agregat.

    produksi readymix concrete2
    Menambahkan bahan kimia Aditif pada tank
  3. Menambahkan Material Air untuk menetapkan reaksi kimia ketika semen telah dicampurkan.

    produksi readymix concrete3
    Menambahkan Material Air
  4. Menambahkan material semen abu-abu jenis Portland dan Pozzolana Portland dari truk yang sudah disiapkan.

    produksi readymix concrete4
    Menambahkan material semen abu-abu jenis Portland
  5. Mengisi Truk Mixer dengan Readymix concrete yang sudah jadi, kemudian di kirim ke lokasi proyek cor beton.

    produksi readymix concrete5
    Mengisi Truk Mixer dengan Readymix concrete

Demikian sedikit tutorial yang kami dapat berbagi dengan anda, tentang Bagaimana Proses Produksi Readymix Concrete yang sebenarnya. Kami yakin masih banyak sisi kekurangan dalam penyajian artikel ini, dari itu kami selalu membuka diri dengan masukan-masukan dari anda semua. Silahkan berkomentar pada kolom komentar yang telah disediakan atau via email untuk memberi masukannya. Kami berharap tutorial yang singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Jika anda sedang membutuhkan cor beton siap pakai (readymix concrete), kami persilahkan untuk menghubungi kami via kontak web ini. Semoga bermanfaat.