Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa

759 Dilihat

Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa | Mitra CDI yang berbahagia. Indonesia selain memiliki kelebihan dari adanya hampir semua jenis sumber daya alam di dunia ini, ternyata memiliki sisi kelemahan lain, yaitu; pada posisi letak geografis kita yang berada digaris pergeseran lempeng tektonik australia dan pasifik serta memiliki banyak gunung merapi yang aktif. Keadaan inilah yang menyebabkan terjadinya gempa dibeberapa pulau belakangan ini. Dari itu untuk anda yang berdomisili di daerah rawan gempa, sewajibnya mengetahui Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa.

Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa
Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa

Dan sesuai dengan materi yang akan kami bahas kali ini yaitu Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa, kami ingin berbagi dengan anda beberapa bahan bangunan opsional sebagai bahan dasar rancangan bangunan tahan gempa, berikut penjelasannya.

Baca Juga :

Banyak orang berasumsi bahwa kedua material ini tidak tahan lama dan tidak modern, padahal kedua material ini sudah teruji selama berabad-abad sebagai bahan material yang kuat plus tahan gempa, contohnya rumah-rumah tradisi di beberapa daerah kita yang hampir semuanya terbuat dari kedua bahan tersebut, begitu juga negara yang sudah terkenal dengan gempanya yaitu jepang, rumah tradisinya terbuat dari material bambu dan kayu.

  • Beton ringan aerasi.

Jika anda lebih menyukai rumah dengan bahan dasar beton, ada beberapa material beton alternatif lain yang cocok sebagai Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa yaitu beton ringan aerasi. Beton ringan aerasi ini adalah beton pabrikan seperti merk hebel dan primacon, Beton ringan tersebut tersedia dalam bentuk balok dan panel yang dapat diaplikasin pada dinding, plat lantai ataupun tangga, ada juga b-panel yang terbuat dari material b-foam ringan yang dilapisi dengan wiremesh untuk kelenturan strukturnya.

  • Baja Ringan, GRC dan atap zinkalume ( campuran seng dan aluminium).

Khusus untuk struktur pada atap, anda bisa menggunakan material baja ringan plus grc dan atap zinkalume yang sudah terbukti ringan, anti rayap dan tahan gempa tentunya.

  • Hebel atau bata ringan.

Selain material alternatif diatas, hebel atau bata ringan juga bisa dijadikan sebagai material alternatif Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa, biasanya diaplikasikan dengan prime mortar sebagai bahan perekatnya. Sifat Hebel ini sangat ringan terbukti dengan terapungnya di atas air, selain sifatnya yang riangan hebel atau baja ringan ini juga tahan terhadap panas dan api.

Mitra, itulah beberapa Bahan Bangunan untuk RumahTahan Gempa yang bisa kami share ke hadapan anda, semoga bisa dijadikan sebagai materi acuan khususnya bagi anda yang berdomisili didaerah rawan gempa. Atas kunjungannya kami ucapkan banyak terimakasih.