Bahaya Pengaplikasian Mutu Beton Ready Mix tidak Tepat Guna

5590 Dilihat

Bahaya Pengaplikasian Mutu Beton Ready Mix tidak Tepat Guna | Mitra yang berbahagia. Beberapa hari lalu kami melihat sebuah bangunan gedung bertingkat dengan desain konstruksi beton yang hampir ambruk. Setelah kami cari tahu umur dari bangunan tersebut, ternya masih terbilang baru hanya baru 4 tahunan saja. Kamipun merasa heran ko tidak biasanya bangunan dengan desain konstruksi beton serapuh itu.

Pengerjaan Cor Beton Yang Tepat
Bahaya Pengaplikasian Mutu Beton Ready Mix tidak Tepat Guna

Mitra, kami berharap kejadian seperti itu tidak terjadi kepada anda semua. Sebab itu kami sengaja membuat artikel tentang Bahaya Pengaplikasian Mutu Beton Ready Mix tidak Tepat Guna ini agar menjadi gambaran pelajaran untuk anda semua. Berikut beberapa pemicu cepat rusaknya bangunan berkonstruksi beton.

  • Tidak tepatnya pengaplikasian mutu beton

Salah satu dari pemicu cepat rusaknya bangunan berkonstruksi beton adalah karena tidak tepatnya pengaplikasian mutu ready mix beton. Biasanya si pemborong (pelaku pembangunan) mencuranginya dengan memesan mutu ready mix beton yang dibawah standar untuk desain bangunan tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa pada  setiap desain bangunan mempunyai standar mutu ready mix concrete yang digunakan. Misalkan untuk bangunan ruko dengan tinggi tiga lantai, maka pemakaian mutu beton pun standar minimalnya harus memakai K 225 atau mutu diatasnya.

Baca Juga : Pentingnya Penggunaan Beton Tepat Mutu

Atau Baca : Beton Readymix Antara Mutu dan Harga

  • Penggunaan jenis besi beton yang salah

Selain karena tidak tepatnya pengaplikasian mutu beton, pemicu dari cepat rusaknya bangunan berkonstruksi beton juga adalah penggunaan jenis /tipe besi beton yang salah. Misalkan untuk bangunan tiga lantai, tipe besi tulangan tiangnya menggunakan besi polos yang berdiameter hanya 10 – 12 mm saja. Tentunya ini akan sangat rawan sekali terhadap kekuatan tiang betonnya dan seharusnya menggunakan tipe besi beton sirip berdiameter 22 mm ketas.

  • Pondasi yang kurang dalam

Jika kedua tipe material diatas sudah memnuhi standar desain bangunan, tetapi pondasinya tidak sesuai dengan ketinggian bangunannya, maka bangunan yang disusunpun akan sia-sia saja. Untuk itu baiknya anda memperhatikan pondasi ini jangan sampai diluar standar desain bangunannya. Usahakan memakai besi yang diameternya lebih besar dari besi yang digunakan untuk balokan /kolom.

Baca Juga : Tahapan Membuat Pondasi dengan Cor Beton

Atau Baca : Komposisi Adukan Pondasi yang Tepat

Itulah beberapa pemicu cepat rusaknya bangunan berkonstruksi beton. Walaupun masih banyak pemicu lainnya namun ketiga pemicu diatas lebih sering menjadi sebab.

Sesuai dengan judul ditas tentang Bahaya Pengaplikasian Mutu Beton Ready Mix tidak Tepat Guna, berikut kami sampaikan bebrapa bahaya /kerugian yang sering terjadi akibat dari pengaplikasian mutu beton tidak tepat guna tersebut.

  1. Masa (umur) bangunan tidak selama dari yang di rencanakan.
  2. Apabila dibangun dilahan labil akan cepat roboh.
  3. Mengancam keselamtan bangunan dan jiwa yang berada disebelahnya.
  4. Boros biaya, karena harus memperbaiki ulang dengan jangka waktu yang lebih dini.

Kami sebagai perusahaan pensupply Ready Mix Beton tidak pernah menyarankan kepada jasa konstruksi bangunan manapun untuk mengaplikasikan mutu beton diluar standar desain bangunannya. Kami juga berharap anda memahami betul Bahaya Pengaplikasian Mutu Beton Ready Mix tidak Tepat Guna ini. Jangan mengejar keuntungan masa pendek semata, tetapi capailah keuntungan masa panjang walaupun sedikit mahal. Demikian artikel tentang Bahaya Pengaplikasian Mutu Beton Ready Mix tidak Tepat Guna yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.