Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton

448 Dilihat

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton | Mitra Kami dimana saja anda berada. Bersyukur kami dapat meluangkan waktu kembali untuk berbagi tips seputar konstruksi beton dengan anda melalui tulisan ini. Dalam tulisan kami kali ini, sengaja kami muat hal-hal penting dalam dunia konstruksi beton  yaitu Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton. Dimana kualitas cor beton mempunyai peran penting dalam struktur pada sebuah bangunan. Dari itu kekuatan konstruksi beton menjadi tulang punggung berdiri kokoh atau tidaknya sebuah bangunan. Nah sebaiknya bagi kita selaku pengguna material cor beton (ready mix Beton) mengetahui Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton itu sendiri. Jika anda ingin mengetahuinya, silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

Daftar Harga Material Pasir dan Batu Terlengkap 2014
Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton
  • Kandungan Material Semen Pada Ready Mix Beton

Semakin banyak Kandungan Material Semen Pada Ready Mix Beton, maka akan semakin kokoh dan kuat cor beton yang dihasilkan. Namun penggunaan material semenpun harus sesuai takarannya dengan standar volume yang telah ditetapkan agar pas sesuai dengan kebutuhan struktur bangunannya. Biasanya semakin besar nilai mutu beton akan semakain banyak kandungan material semen dan batu splitnya.

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton

  • Kandungan Air yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton

Hal sebaliknya dengan penggunaan material semen diatas. Penggunaan Air Pada Ready Mix Beton jika semakin banyak volume /kandungan air yang digunakan, maka konstruksi beton yang dihasilkan semakin buruk. Kuncinya gunakan air secukupnya saja, hanya agar campuran cor beton bisa dipadatkan pada beksting yang sudah terisi tulangan besi beton. Biasanya standar kandungan air pada ready mix beton yang sesaui dengan SNI adalah 210 s/d 215 liter /m³-nya. Atau penggunaan air ini bisa menggunakan penghitungan perbandingan antara berat bahan material semen dengan air. Jika air dsimbolkan dengan “A”, dan bahan material semen disimbolkan dengan ” S” maka rumusnya adalah KANDUNGAN AIR= A / S, dimana berat jenis air adalah 1 kg/liter, dan berat jenis bahan material semen adalah 3150 kg/m3 (cara perhitungan ini disyaratkan oleh American Standard Testing and Material).

  • Kandungan Agregat Halus (pasir) dan Kasar (koral)

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton berikutnya adalah kandungan Agregat Pasir dan Koral. Banyaknya Campuran pasir memang akan menjadikan beton menjadi lebih halus akan tetapi kekuatannya sedikit berkurang, oleh karena itu sebaiknya penggunaan campuran material pasirpun harus tetap diperhatikan. Biasanya semakin besar nilai mutu dari jenis Ready Mix Beton akan semakin sedikit penggunaan material agregat pasirnya. Sebaliknya untuk takaran pengguanaan material agregat koral semakin besar nilai mutu dari jenis Ready Mix Beton akan semakin banyak koral yang digunakan walaupun sifat cor beton akan menjadi lebih kasar akan tetapi kekuatannya mejadi lebih baik dan kokoh.

  • Kandungan Material Tambahan Fly Ash (abu terbang)

Hal berikutnya yang tidak kalah penting juga adalah penggunaan material tambahan Fly Ash sebagai pemaksimal kinerja semen pada Ready Mix Beton. Perlu anda ketahui jenis campuran beton Ready Mix itu ada dua, yaitu Fly Ash dan Non Fly Ash. Fly ash ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja semen dan memperhalus sifat fisik dari cor beton. Memang dengan menggunakan material Fly ash ini bisa menekan penggunaan semen tetapi perlu diketahui penggunaan fly ash ini harus pas takarannya karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kualitas Beton Ready Mix.

Demikian tips dari kami tentang Beberapa Hal yang Mempengaruhi Kekuatan Cor Beton (ready mix beton). Semoga bermanfaat untuk mitra semua. Jika anda membutuhkan Ready Mix Beton untuk pengecoran pada proyek pembangunan anda, silahkan hubungi kami via kontak website ini, terimkasih.