Creative Design Interior ®

Jl. Sersan Muhtar Dramaga - Bogor, Jawa Barat

customercdi@gmail.com

0813 8050 0660

0857 7678 6091

Menu

Begini Cara Memasang Bondek yang Benar

Sabtu, Agustus 1st 2020.

Begini Cara Memasang Bondek yang Benar | Mitra CDI dimana saja berada. Bondek sering sekali menjadi pilihan alternatif bagi yang ingin melakukan pengecoran secara cepat dan hemat. Untuk pengerjaannya dan juga penggunaanya bisa dipercaya masyarakat mampu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Ketika berbicara dari segi waktu, maka kita akan tahu bahwa menggunakan bondek ini pasalnya jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan menggunakan cara yang terbilang konvesional. Karena pengecoran dengan menggunakan alas bondek akan menghemat penggunaan bekisting juga perancah /steger. Tukang juga tidak perlu susah payah dalam mendesain dan membentuk bekisting lagi cukup bondek sebagai alas bekistingnya. Sekarang bondek sendiri sudah sangat sering digunakan untuk pembangunan dak rumah atau pemukiman lainnya sehingga bisa  dijangakau oleh semua lapisan masyarakat. Selain itu juga bondek memiliki sifat yang sama seperti baja ringan yang tidak berkarat juga kokoh.

memasang bondek

memasang bondek

Baca Juga :

  • Persiapan Alat dan Bahan

Untuk masalah cara memasang bondek sendiri, mitra harus teliti dan benar-benar dalam memasangnya. Mitra juga harus memasangnya dengan urut sehingga hasilnya bagus, rapih dan juga maksimal. Nah, sebelum melakukan pemasangan bekisting, persiapkan dahulu alat dan bahan berikut ini.

  1. Papan Triplek 18mm sesuai dengan kebutuhan (biasanya berukuran 120cm x 240cm)
  2. Kayu kaso sesuai kebutuhan (biasanya panjang masing-masing kaso 4m)
  3. Besi wiremesh ulir atau polos tipe M-8 keatas
  4. Bondek dengan ketebalan minimal 0,75 mm
  5. Kawat Bendrat
  6. Paku 5, 7 dan 10
  7. Gergaji kayu dan besi, tang, Martil, meteran, waterpass, benang, Pensil

Sekarang bagaimana proses pemasangan bondek yang benar?. Penjelasannya silahkan simak pemaparan kami dibawah ini.

  • Cara yang Benar Memasang Bondek

Pertama yang perlu mitra lakukan adalah membuat bekisting kolom atau yang disebut dengan cor kolom terlebih dahulu dari papan triplek dan usahakan yang siku dan rapih. Karena walaupun mitra sudah menggunakan bondek, akan tetapi kolom dak tersebut mesti dibuat sebagai penyangga daknya.

Setelah mitra memasang kolom daknya, maka langkah yang selanjutnya adalah memasang bekisting balok. Pemasangannya mesti dilakukan dengan sangat hati-hati dan juga sangat teliti terlebih pada kemiringan dan rata-rata air bekisting harus diperhatikan betul sehingga tidak akan ada kesalahan saat hendak mengecornya. Langkah yang selanjutnya adalah memasang perancah pada bagian bawah balok. Perancah yang dipasang di sini adalah perancah lantai yang mana sering disebut dengan steger. Bisa dari bambu, kayu atau pake scaffolding.

Steger ini amat sangat tepat jika dipasang bersamaan dengan meamasang bekisting kolom dan balok. Kelebihan dari penggunaan dan pemasangan bondek ini adalah tidak harus dan tidak juga perlu memasang tiang steger dengan jumlah yang sangat banyak. Mitra Cuma perlu fokus saja untuk tiang-tiang yang dianggap penting dan pokok dari bangunan saja. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan hal itu.

Langkah yang selanjutnya adalah memasang besi kolom dan balok yang sudah dirangakai, kemudian sambungkan ujung besi dengan ikatan kawat bendrat pada masing-masing sambungan besi kolom atau baloknya. Setelah besi kolom juga balok terpasang, barulah memasang bondek sebagai alas paling bawah dak yang menumpang pada balok-balok tadi.

Setelah bondek digelar, barulah pasang wiremesh diatas bondek tersebut, kemudian ikat dengan kawat bendrat atau dilas (lebih baik) pada masing-masing bagian sisi besi wiremesh dengan besi kolom dan balok. Perlu di ingat bahwa besi wiremesh tidak boleh menempel langsung dengan bondek harus di renggangkan sekitar 5cm tujuannya agar nanti saat coran dituangkan posisi besi wiremesh berada ditengah-tengah coran.

Setelah mitra memasang semua material sesuai dengan urutan dan juga pemasangannya yang benar yaitu yang kami sebutkan diatas, maka mitra bisa langsung melakukan cor balok, kolom dengan lantai secara bersamaan.

Nah demikian pembahasan dari kami tentang bagaimana cara memasang bondek dengan tata cara yang benar dan sesuai dengan aturan tehnik sipil. Semoga setelah mitra membaca artikel kami ini dapat memasang dan mendesain dak sendiri dengan hasil yang kuat dan baik.

Mau Konsultasi Cepat? Gabung Grup WA

Rekomendasi Produk Kami

Rp 3.000.000
Harga per : Unit
Minimal : 1 Unit
Rp 150.000
Harga per : meter
Minimal : 100m
Rp 700.000
Harga per : Kubik
Minimal : 6 kubik
Rp 880.000
Harga per : Kubik /m3
Minimal : 6kubik
Rp 5.500.000
Harga per : Unit
Minimal : 1 Unit
Rp 5.000.000
Harga per : Unit
Minimal : 1 Unit

Info Lainnya

Sabtu 24 Oktober 2020 |

Tips Memilih Desain Kitchen Set Minimalis Berkualitas – Mitra CDI dimana saja berada. Dapur menjadi tempat paling digemari oleh ibu rumah tangga yang memang suka…

Jumat 23 Oktober 2020 |

Inspirasi Kitchen Set Mini Yang Cantik – Mitra CDI. Memiliki ruangan terbatas membuat Anda harus berfikir keras untuk memaksimalkan ruang yang ada. Terlebih untuk bagian…

Jumat 23 Oktober 2020 |

Ciri-Ciri Baja Ringan Yang Berkualitas Baik | Mitra CDI. Penggunaan baja ringan sebagai salah satu material pembangungan rumah semakin diminati sehingga para produsen pun berlomba-lomba…

Kamis 22 Oktober 2020 |

Harga Semen Perekat Hebel 2020| Mitra CDI. Hebel atau bata ringan sangat mudah ditemukan di toko material. Karena sekarang hampir setiap rumah dengan konstruksi modern…

Kamis 22 Oktober 2020 |

Cara Memasang Rangka Baja Ringan Sendiri | Mitra CDI. Baja ringan dibuat dengan menggunakan sistem komputasi yang canggih untuk menjamin kualitas dan akurasi. Standar yang…

Rabu 21 Oktober 2020 |

Begini Cara Pemasangan Hebel Yang Benar | Mitra CDI. Saat ini, hebel atau bata ringan sudah hampir selalu digunakan dalam pembangunan rumah. Hebel memang memiliki…