Berapa Lama Kayu/Papan Penahan Coran dibuka?

55776 Dilihat

Berapa Lama Kayu/Papan Penahan Coran dibuka? | Mitra CDI. Proses pengecoran adalah salah satu proses yang amat sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan rumah atau lainnya. Dalam proses pengecoran, anda diwajibkan untuk tahu waktu yang paling tepat untuk membongkar bekisting atau penahan coran baik dari kayu atau papan kapan ia dibuka. Jangan sampai membuka papan penahan coran terlalu dini atau tidak pada waktu yang tepat. Karena kemungkinan akan menciderai coran itu sendiri, bahkan bisa gagal sehingga banyak kerugian mulai dari waktu, biaya dan tenaga.

Nah, jika anda tidak menginginkan kemungkinan buruk terjadi pada coran anda karena ketidak tahuan anda; mari lanjutkan membaca artikelnya sampai selesai.

Bekisting/ papan penahan coran
Bekisting/ papan penahan coran
  • Pertama: Mengenal Bekisting

Bekisting sendiri tidak boleh dibongkar sampai cor betonnya benar-benar sudah cukup mengeras atau membeku dan bisa menahan dengan aman berat cor beton tersebut dan beban hidup yang lainnya. Waktu pengerasan cor beton dari sejak dituangkan ke dalam bekisting ini sampai dengan proses pembongkarannya beda-beda, biasanya hal ini menyesuaikan dengan mutu beton yang mana yang digunakan dan juga tergantung pada desain Bekisting.

Pada umumnya kayu sisi di bekisting tidak akan dibongkar sampai jangka waktu 7 hari dan kayu penyangganya dalam waktu 28 hari dari masa pengecoran. Sangat penting untuk diketahui proporsi penggunaan semen dan juga agregat dan kondisi suhu pun bakal amat sangat berpengaruh pada waktu pengeringan beton dan juga pembongkaran bekistingnya itu. Apabila memungkinkan juga, bekisting harus dibiarkan juga lebih lama lagi dari waktu yang biasanya.

Baca Juga:

  • Kedua: Menentukan Waktu yang Tepat Bekisting /Penahan Coran Dibuka

Nah, di bawah ini penjelasan beberapa jenis-jenis bekisting dan waktu pembongkarannya dalam keadaan suhu yang normal yakni di atas 20 derajat.

  1. Untuk bekisting yang ada di dinding, sisi vertical balok, dan kolom, bisa dibongkar setelah kurun waktu 24 sampai dengan 48 jam.
  2. Bekisting lantai dengan sistem slab bisa dibongkar di bawah 3 hari sesudah pengecoran.
  3. Bekisting lantai dengan sistem beam bisa dibongkar di bawah 7 hari.
  4. Pembongkaran bekisting lantai dengan sistem slab dengan panjang sampai dengan 4,5 m yakni setelah 7 hari.
  5. Pembongkaran bekisting lantai dengan sistem beam dengan lengkungan yang panjangnya smapai dengan 6 m bisa sampai 14 hari setelah pengecoran.
  6. Pembongkaran bekisting lantai dengan sistem beam yang lengkungannya panjangnya lebih dari 6 m butuh waktu 21 hari.

Pembongkarannya juga harus dengan cara yang tepat. Yang pertama mulai dari bagian yang termudah yakni di sisi sudut panel dengan bagian balok penyangga. Kemudian pembongkaran bekisting dilakukan per panel atau juga per lembar plywoodnya. Dan lalukan pengamatan secara reguler di pipe support, apabila pipe support melengkung secara berlebihan maka perlu ada penambahan shoring atau pipe support. Yang terakhir adalah melakukan penyiraman air secara rutin paling tidak 5 hari setelah itu karena beton bakal kehilangan air di penampang beton karena terjadinya penguapan.

Sangat mudah dan jelas, bukan? Selamat mencoba langkah langkah di atas, ya!. Jika kurang jelas, silahkan anda hubungi kami untuk konsultasi lebih detail.