Kompsisi Jenis Material Pada Beton Readymix

502 Dilihat

Kompsisi Jenis Material Pada Beton Readymix | Mitra CDI. Jika anda adalah pengguna baru material cor beton instan (Readymix Concrete) tentu tidaklah mengetahui banyak tentang Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete itu sendiri. Mungkin cuma sekedar mengetahui nama dan sifatnya saja, belum sampai tahap memahami  proses produksi dan campuran material yang digunakan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit pengetahuan kami kepada anda tentang Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete, berikut pemaparannya.

Baca Juga : Jenis Pasir yang Bagus untuk Cor Beton

Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete
Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete

Cor Beton Instan (Ready mix Concrete) adalah salah satu material yang wajib ada pada sebuah konstruksi bangunan bersekala menengah keatas. Beton Readymix memang sudah umum digunakan untuk proyek-proyek pembangunan, seperti; pembangunan gedung bertingkat, jembatan, jalan raya, jalan tol dan yang lainnya. Nah Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete (Cor Beton Ready Mix) ini terdiri dari beberapa material khusus, diantaranya:

  • Pasir Hitam Beton

Pasir adalah Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete yang memegang peranan penting. Karena hampir 60% komposisi Ready Mix Concrete adalah Pasir Hitam (agregat halus).

  • Batu Krikil atau Split

Selain Pasir Hitam, batu kerikil /split juga mempunyai peranan penting ke dua pada komposisi campuran Ready Mix Concrete. Ukuran dan volume takaran yang digunakan tidak tentu tergantung jenis mutu yang di inginkan.

  • Jenis Material Semen

Material yang paling penting selain dari kedua material diatas adalah Semen. Karena sabaik apapun kualitas material pasir dan split tentu tidak akan mengeras tanpa dicampuri dengan Semen.

  • Air

Air juga sama seperti semen, mempunyai peranan sangat penting, namun penggunaan air yang baik adalah tidak lebih dari 25% pada setiap adukan per satu meter kubik betonnya.

  • Tambahan Fly Ash

Fly Ash atau abu batu bara ini berfungsi hanya sebagai material opsional saja. Sebagai material untuk memaksimalkan kinerja semen agar hasil coran lebih padat dan tidak mudah retak. Jenis mutu beton yang memakai campuran Fly Ash biasanya jenis mutu untuk pengecoran konstruksi ringan bersekala menengah kebawah.

  • Pengeras Additive

Additive adalah cairan pengeras dan penguat beton, fungsi Additive ini pada Ready Mix Concrete hanya opsional saja. Biasanya Ready Mix Concrete yang memakai campuran Additive ini adalah jenis mutu yang diperuntukan untuk pengecoran Jembatan, Tiang Listrik, Precast, Dinding Trowongan, Bore Pile (pengecoran dalam air) dll. Ready Mix Concrete yang memakai campuran Additive umumnya terlihat lebih putih warnanya.

Kalau di teliti Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete yang sudah mengeras itu sebenarnya terdiri dari lapisan rongga-rongga besar dan kecil (halus). Rongga-rongga yang besar diisi oleh batu-batuan kecil (kerikil), dan rongga-rongga yang halus diisi oleh semen dan air (pasta semen). Pasta semen juga berfungsi sebagai perekat atau pengikat dalam proses pengerasan, sehingga butiran-butiran kerikil dan pasir saling mengikat dengan kuat dan terbentuklah suatu kesatuan yang padat dan tahan lama. Memproduksi (membuat) cor beton sebenarnya tidaklah mudah dengan hanya sekedar mencampurkan bahan-bahan material di atas, tetapi ada hal lain yang harus di ketahui jika ingin membuat beton yang baik (memenuhi persyaratan standar mutu). Yang pertama harus diperhitungkan dengan seksama adalah cara-cara memperoleh adukan beton yang segar, keseimbangan perbandingan antara komposisi bahan material beton juga sangat memperngaruhi kualitas beton yang dihasilkan. Beton yang baik adalah beton yang kuat, tahan lama, tidak mudah retak, kedap air dan tahan aus.

Mitra CDI yang berbahagia, itulah penjelasan singkat dari Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete yang kami bisa sampaikan kepada Anda. Semoga memberikan pencerahan bagi anda yang belum mengetahui lebih jauh tentang Campuran Jenis Material Pada Readymix Concrete.

Untuk mengetahui takaran yang tepat pada setiap jenis mutu Beton Ready Mix, silahkan klik disini.

Jika Anda sedang membutuhkan jasa Supply Readymix Concrete yang berkualitas sesuai dengan standar Mutu Nasional Indonesia (SNI). Silahkan hubungi kami via telepon web ini, terimakasih atas kunjungannya.