Cara Hitung Kebutuhan Pasir Untuk Bangun Rumah

2329 Dilihat

Cara Hitung Kebutuhan Pasir Untuk Bangun Rumah | Mitra CDI. Setelah kami posting kemarin tentang cara menghitung kebutuhan batu pondasi, kini kami share kehadapan anda tentang cara penghitungan khusus material pasir pada bangunan rumah atau ruko. Artikel ini dimaksudkan  agar anda bisa menetukan sendiri anggaran kebutuhan material bangunan yang akan dipakai nantinya. Meskipun diluaran sana ada banyak jasa penghitungan RAB rumah, namun lebih baiknya anda bisa menghitungnya sendiri hitung-hitung menghemat biaya pembangunan yang anda rencanakan.

Kebutuhan Pasir Untuk Bangun Rumah
Kebutuhan Pasir Untuk Bangun Rumah
  • Memilih Pasir Yang Tepat

Sebelum kami memaparkan lebih dalam tentang Cara Hitung Kebutuhan Pasir Untuk Bangun Rumah. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih pasir yang tepat untuk bangunan rumah tinggal, berikut tata caranya.

  1. Yang pertama menentukan jenis pasir yang akan digunakan, ini penting karena perbedaan jenis pasir akan berpengaruh terhadap harganya juga. Pasir untuk bangun rumah minimal ada 2 jenis atau 3 jenis, pasir tersebut adalah: Pasir Pasang, Pasir Cor dan Pasir Plester; bisa juga anda hanya menggunakan pasir pasang dengan pasir cor saja untuk plesternya cukup mengayak dari pasir pasangnya.
  2. Memilih karakter pasir yang tidak boros semen, ini juga sudah menjadi hal wajib jika anda ingin menghemat biaya. Cara memilihnya adalah; jika untuk pengecoran pastikan pasirnya pasir sungai atau pasir galian yang sudah dicuci, kalau untuk pasang bata atau pondasi pilih pasir ayak hitam dan untuk plester jenis pasirnya pasir halus bebas bebatuan bisa pasir laut atau pasir pantai, intinya semakin berat timbangan pasir akan semakin bagus kualitasnya.
  3. Membelinya dengan sistem  ukur ulang ditempat, memang jarang yang mau penjual pasir  di hitung ulang isi bak truknya, tapi dengan isitem ini juga anda bisa menentukan seberapa banyak kebutuhan pasir yang harus anda beli. Kalau hanya ukuran perkiraan saja kami rasa percuma anda cape-cape menghitung RABnya.
  • Hitung Kebutuhan Pasir Cor, Pasang, Plester

Jika anda sudah tahu cara memilih dan sudah dapat menentukan jenis pasir yang akan anda pakai nantinya. Berikutnya tinggal anda hitung anggaran untuk pembelian pasir yang di butuhkan. Silahkan anda pakai acuan harga jual pasir dari kami untuk mempermudah penghitungannya dengan mengklik DAFTAR HARGA MATERIAL ALAM, sedangkan rumus penghitungannya adalah sbb.

1. Menghitung kebutuhan Pasir Pasang. Pasir pasang biasanya digunakan untuk pasang bata, batu pondasi dan lapisan lantai sebelum dipasang keramik.

Rumus : Total panjang dinding atau lantai X Lebar X Tinggi /Tebal = Hasil m³ — 60%.

Contoh hitung keb. pasir utk pasang bata: 100 m X 0,08 m X 4 m = 32 m³60% = 12,8 m³

*Jadi kebutuhan pasir untuk pasang bata pada dindingnya adalah 12,8 m³

2. Menghitung kebutuhan Pasir Cor. Pasir hanya digunakan untuk pengecoran, jadi yang akan di hitung hanya struktur bangunan yang akan di cor saja seperti tiang, dak, selup, balok dll.

Rumus : Panjang balok /tiang /selup X Lebar X Tinggi = Hasil m³50%.

Contoh hitung keb. pasir cor utk satu tiang: 0,30 m X 0,30 m X 4 m = 0,36 m³

*jadi kebutuhan pasir cor untuk satu tiang adalah 0,36 m³

3. Menghitung kebutuhan Pasir Plester. Pasir plester digunakan untuk pelapis dinding bagian dalam dan luar setelah di pasang bata merah atau hebel, ketebalan plesteran tergantung selera namun umumnya antara 1,5 cm s/d 3 cm.

Rumus: Panjang total dinding X Tinggi X Tebal = Hasil m³ X 2

Contoh: 100 m X 4 m X 0,03 m = 12 m³ X 2 = 24 m³.

*jadi kebutuhan pasir plester untuk luar dan dalam adalah 24 m³

Demikian mitra tips dari kami perihal Cara Hitung Kebutuhan Pasir Untuk Bangun Rumah. Semoga mudah difahami dan dapat bermanfaat untuk anda semua. Apabila ada yang kurang jelas dari pemaparan kami diatas, silahkan hubungi kami via email atau telepon yang tertera pada website ini, terima kasih.