Hitung Volume Kolom Beton & Ring Balok

9883 Dilihat

Hitung Volume Kolom Beton & Ring Balok | Mitra CDI. Beberapa waktu lalu kami telah membuat sebuah artikel khusus yang menjelaskan tentang tata cara menghitung kebutuhan beton cor pada dak lantai beton. Nah kali inipun tidak jauh berbeda, pembahasannya masih pada terkit hal yang sama, hanya bedanya yang sekarang akan kami bahas adalah khusus penghitungan pada Volume Ring Balok dan Kolom Beton saja karena keduanya harus dikerjakan terlebih dahulu pengecorannya sebelum dak lantai beton di cor.

Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru
Hitung Volume Ring Balok dan Kolom Beton
  • Cara Hitung Vol pada Ring Balok/ Kolom Beton

Rumus untuk menghitung Volume Ring Balok dan Kolom Beton ini hakikatnya tidak berbeda dengan menghitung volume pada sebuah kubus persegi panjang. Kita hanya tinggal mengalikan ukuran lebar, panjang dan tingginya saja. Tapi jika anda adalah seorang yang sangat awam dalam hal konstruksi beton atau tidak mau pusing, dibawah ini telah kami sediakan Rumus-rumus cara perhitungannya, silahkan disimak.

  • Rumus hitung volume kolom beton

Kami asumsikan Tingginya 5 m, Lebar tampak depan 30 cm, Lebar samping 25 cm dan Jumlah tiang kolom 5 buah.

Rumusnya:

panjang X lebar depan X lebar samping X jumlah tiang kolom = total volume.

5 m X 0,30 m X 0,25 m X 5 buah = 1,875

Jadi kebutuhan cor beton untuk 5 tiang kolom beton adalah 1,875 m³.

  • Rumus hitung volume ring balok

Untuk penghitungan ring balok beton, kita harus mengelompokannya pada masing-masing ring balok yang sama ukuran panjang dan lebarnya. Jika dak beton yang akan anda cor berbentuk persegi panjang, maka ring baloknya dibagi dua kelompok ukuran, tetapi jika panjang dan lebarnya sama maka tidak usah dibagi. Berikut cara hitung volume ring balok pada dak lantai beton persegi panjang;

Kami asumsikan ring balok kelomopk pertama berukuran Panjang 10 m, Lebar 25 cm, Tinggi 30 cm dan Jumlah ring 4 buah.

Rumusnya:

panjang tinggi X lebar X jumlah ring balok = total volume

10 m X 0,30 m X 0,25 m X 4 buah = 3

Dan kami asumsikan juga ring balok kelompok kedua berukuran Panjang 6 m, Lebar 25 cm, Tinggi 30 cm dan Jumlah ring 6 buah.

Rumusnya:

panjang tinggi X lebar X jumlah ring balok = total volume

6 m X 0,30 m X 0,25 m 6 buah = 2,7

Terakhir  tambahkan total volume dari kedua kelompok ring balok tersebut, 3 X 2,7 m³ = 5,7 m³

Itulah mitra Cara Hitung Volume Ring Balok dan Kolom Beton yang dapat kami samapaikan ke hadapan anda. Semoga Cara Hitung Volume Ring Balok dan Kolom Beton diatas mempermudah anda dalam menentukan volume kebutuhan cor beton pada proyek bangunan anda. Jika anda ingin memakai jasa supplier Beton Ready Mix, silahkan hubungi kami melalui layanan Email dan Telepon website ini.