Cara Kerja Pompa Beton Ready Mix

3127 Dilihat

Cara Kerja Pompa Beton Ready Mix | Mitra CDI. Dalam pembangunan rumah atau mendirikan gedung dan bangunan lain pasti dibutuhkan material cor. Dan untuk mempercepat proses pengecorannya dibutuhkan pula suatu alat yang disebut pompa beton ready mix. Untuk pompa beton ini ada yang berukuran kecil /pendek disebut sebagai mini concrete dan ada pula yang besar atau disebut concrete pump super long. Secara umum dapat dijelaskan bahwa pompa beton merupakan mesin yang berguna untuk menyalurkan beton cor siap pakai atau ready mix dari truk mixer menuju ke titik pengecoran yang tak dapat dijangkau oleh truck mixer. Untuk mini concrete pump bahkan dapat digunakan pada jalan-jalan sempit atau gang dengan lebar jalan minimal 3 meter. Jadi alat ini benar-benar merupakan inovasi yang berguna sebagai solusi terbaik.

cara kerja mesin pompa beton
cara kerja mesin pompa beton

Baca Juga : Daftar Harga Sewa Pompa Beton Ready Mix DISINI

  • Mekanisme Pompa Beton Ready Mix

Mesin pompa beton ini diletakkan menempel di atas truk colt diesel atau jenis truk dengan ban double atau enam ban. Cara kerjanya adalah dikendalikan menggunakan remote control untuk menggerakkan lengan robot agar beton cor bisa disemprotkan pada titik yang dikehendaki. Pompa beton mini sangat cocok diterapkan pada proyek-proyek konstruksi berskala kecil sampai sedang karena dapat menyesuaikan lingkungan yang terbatas seperti misalnya di kompleks-kompleks perumahan, jalan, gang, sekolah, dan lain-lain.

Keunggulan menggunakan pompa beton adalah hemat tenaga kerja serta harganya lebih terjangkau. Pompa yang demikian ini pipanya menggunakan selang baja yang disambungkan secara manual kemudian dilekatkan pada outlet mesin. Panjang selang dapat disesuaikan dengan jauhnya tujuan ke tempat beton harus disalurkan. Karena ketinggian yang dapat dicapai oleh pompa beton ini mulai dari 16 meter hingga 60 meter, maka harus ditambahkan pipa untuk membuat posisinya menjadi mendatar.

  • Setting Pompa Beton Ready Mix

Agar proses pengecoran berjalan lancar, pompa beton mini ini harus sudah tiba di lokasi pengecoran sekitar 1 jam sebelum truk mixer pengangkut beton tiba. Tujuannya adalah agar saat beton cor tiba pompa beton sudah selesai dirakit untuk menghindari masalah yang menghambat proses pengecoran. Harus diupayakan bahwa beton tak berada dalam drum mixer terlalu lama karena akan mempengaruhi kualitas beton. Jadi bila Anda membutuhkan pompa beton untuk renovasi atau pembangunan rumah, sebaiknya memesan lebih awal daripada pemesanan beton cor.

Berikut adalah jenis-jenis pompa beton Ready mix yang harus anda tahu.

  1. Pompa mini dan standar – Pompa ini dapat menjangkau hingga ketinggian atau jarak 18 meter dan umum digunakan untuk pengecoran pada plate rumah atau dak, ruko, gedung bertingkat 2 lantai, dan sebagainya.
  2. Pompa long boom dan super long boom – Untuk jenis yang kedua ini dapat menjangkau ketinggian 30 meter hingga 60 meter dan sering digunakan untuk pengecoran pada gudang, sheet pile, serta pengecoran bangunan lantai 3 keatas.
  3. Pompa kodok/ portable – Pompa kodok dapat menembak coran hingga 120 m dengan menggunakan penyambungan slang baja dan pipa. Pompa kodok diperuntukan khusus untuk lokasi sempit dan sussah dijangkau oleh mobil.

Silahkan Baca Artikel Spesifikasi Lengkap dari Pompa Beton Ready Mix DISINI

Nah, demikianlah ulasan tentang pompa beton untuk pekerjaan pengecoran pada bangunan. Silahkan hubungi kami jika anda membutuhkannya melalui kontak yang ada pada bagian atas website ini.