Creative Design Interior ®

Jl. Sersan Muhtar Dramaga - Bogor, Jawa Barat

customercdi@gmail.com

0813 8050 0660

0857 7678 6091

Menu

Cara Memasang Rangka Baja Ringan Sendiri

Jumat, Juli 10th 2020.

Cara Memasang Rangka Baja Ringan Sendiri | Mitra CDI. Baja ringan dibuat dengan menggunakan sistem komputasi yang canggih untuk menjamin kualitas dan akurasi. Standar yang digunakan juga sangat tinggi dengan pengawasan ketat untuk memenuhi standar internasional. Baja ringan sendiri terbuat dari material baja bermutu tinggi yakni hi-ten g550 berlapis zinc dan alumunium. Baja dibentuk hingga tipis dan ditarik untuk memenuhi kekuatan yang sesuai dengan standar sehingga bisa diinjak dan mampu menahan genteng serta plafon hingga di atas 10 tahun.

Memasang Rangka Baja Ringan

Memasang Rangka Baja Ringan

  • Cara Memasang Rangka Baja Ringan

Jika Anda memiliki keahlian di bidang pemasangan atap baja ringan ini, memang bisa melakukan sendiri. Tapi jika tidak, sebaiknya diserahkan kepada ahlinya. Bahkan, tukang bangunan yang biasa memasang rangka atap dengan kayu saja belum tentu bisa memasang rangka atap bajaringan ini. Tapi, secara umum, pemasangannya bisa dikatakan mudah. Ini karena setiap lempengan panjang atau profil memiliki bentuk dan ukuran tersendiri sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Baca Juga : Harga Terbaru Rangka Atap Baja Ringan DISINI

Untuk memasang atap baja ringan ini, hal pertama yang dilakukan adalah membuat kuda-kuda sebagai rangka utama dan gording. Lempengan atau profil ini bisa dibentuk ‘U’ terbalik atau ‘I’. Setelah memasang kuda-kuda, hal berikutnya adalah memasang reng. Reng merupakan pengikat kuda-kuda dan juga gording dengan posisinya melintang tepat di atas kuda-kuda serta gording.

Kuda-kuda dan gording akan diikat dengan reng sehingga membentuk kerangka yang kuat dan kokoh. Lempengan reng sendiri memiliki bentuk dan ukuran yang paling kecil karena berfungsi sebagai penahan genteng juga pengatur jarak barisan genteng sehingga genteng lebih rapi dan juga lebih ‘mencengkeram’.

Ketika sedang proses pemasangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti;

1. Tingkat kemiringan atap

Jika kemiringan atap semakin curam, maka jumlah luas atap akan ditambah. Secara ideal, kemiringan atap ada di antara 25 hingga 30 derajat. Tingkat kemiringan ini dikatakan ideal dilihat dari segi konstruksi dan jumlah luasnya. Tingkat kemiringan ini juga akan membuat  semua bahan yang digunakan lebih efisien.

2. Jumlah beban atap

Beban atap terdiri dari beban hidup dan beban mati serta beban angin. Beban yang masih bisa disiasati adalah beban mati yakni penggunaan penutup atap. Oleh sebab itu, perhatikan material yang digunakan sebagai penutup atap.

3. Bentuk atap

Bentuk atap yang paling baik untuk memasang atap baja ringan ini adalah bentuk pelana dan juga limasan serta kombinasinya. Jika Anda membuat bentuk atap yang melengkung, atap baja-ringan bisa digunakan tapi harganya lebih mahal.

4. Pemasangan atap baja ringan

Ketika pemasangan, harus diperhatikan juga jarak antar kuda-kuda, maksimal 1,20 meter. Sambungan kuda-kuda juga harus diperhatikan termasuk web atau ander dengan jarak maksimal 1,20 – 1,50 meter.

Dengan cara di atas, tentu Anda bisa memasang sendiri rangka atap baja ringan dengan perhitungan yang benar dan hasil yang sempurna.

Mau Konsultasi Cepat? Gabung Grup WA

Rekomendasi Produk Kami

Rp 5.000.000
Harga per : Unit
Minimal : 1 Unit
Rp 650.000
Harga per : Hari
Minimal : 1 Hari
Rp 360
Harga per : Biji /buah
Minimal : 10.000 buah
Rp 320.000
Harga per : 1 m3
Minimal : 6,5 kubik
Rp 320.000
Harga per : 1 m3
Minimal : 8,3 kubik
Rp 330.000
Harga per : 1 m3
Minimal : 8,3 kubik

Info Lainnya

Minggu 27 September 2020 |

Pasir Silika Terbaik Untuk Produksi Bata Ringan | Mitra kami  diamana saja anda berada. Dalam bulan ini kami dapat kontrak supply pasir silika /silica untuk…

Sabtu 26 September 2020 |

Batu Gajah Sebagai Bagian Dari Batu Belah dan Split | Mitra CDI. Banyak dijumpai di semua pelosok daerah di belahan bumi ini bebatuan yang jumlahnya…

Sabtu 26 September 2020 |

Mengenal Batu Belah dan Split | Mitra CDI. Istilah batu belah dan split memang sedikit terdengar asing diantara bebatuan yang lainnya. Namun, batu belah adalah…

Jumat 25 September 2020 |

Inilah Kegunaan Pasir Silika | Mitra CDI. Pasir memang memiliki jenis dan kegunaan yang beragam. Rata-rata material halus ini digunakan sebagai campuran bahan bangunan. Tidak…

Jumat 25 September 2020 |

Beberapa Jenis Pasir untuk Bahan Bangunan | Mitra CDI. Pasir adalah jenis material alam berbentuk butiran-butiran kecil selain dari lumpur atau tanah. Butiran tersebut biasanya berukuran…

Kamis 24 September 2020 |

System Pengerjaan Konstruksi Bangunan | Mitra CDI yang berbahagia. Secara dasar konstruksi bangunan adalah hasil karya orang lain yang dikerjakan bersama-sama untuk tujuan atau kepentingan tertentu…