Cara Membuat Canopy Dari Baja Ringan

1995 Dilihat

Cara Membuat Canopy Dari Baja Ringan | Mitra CDI. Penggunaan baja ringan saat ini semakin diminati sebagai atap rumah atau canopy yang merupakan terobosan baru dengan menggantikan material kayu. Ada beberapa kelebihan baja ringan sebagai canopy dibandingkan kayu, yaitu; tak mudah rapuh dan berkarat, lebih gampang dalam pemasangan dan pembongkaran, lebih ringan, serta harganya lebih terjangkau. Bagi Anda yang ingin mencoba, inilah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui.

Cara Membuat Canopy Dari Baja Ringan
Cara Membuat Canopy Dari Baja Ringan
  • Bahan & Alat Membuat Canopy dari Baja Ringan

Disini kami akan mencontohkan cara membuat canopy dari baja ringan dengan ukuran 6 x 3 m, anda bisa menyesuaikan sendiri berapa ukuran yang akan anda buat. Inilah beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membangun canopy rumah misalnya dengan ukuran 6 meter X 3 meter:

  • 10 batang kasau panjang berukuran 6 meter
  • 5 batang reng panjang berukuran 6 meter
  • 12 batang reng panjang berukuran 6 meter
  • Baut seng serta baut baja khusus dengan jumlah yang sesuai

Untuk mempermudah proses pembangunan, siapkan pula peralatan berikut ini:

  1. Gunting baja khusus
  2. Penggaris siku
  3. Meteran
  4. Baut khusus untuk seng dan baja ringan
  5. Mata bor khusus baut baja ringan
  6. Bor listrik

Baca Juga : Harga Baja Ringan Disini, dan Ciri-ciri Baja Ringan Berkualitas Baik Disini

  • Tips Membuat Canopy dari Baja Ringan

Beberapa tips berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin membuat sendiri canopy rumah dari baja ringan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan bentuk canopy karena akan berdampak pada jumlah baja ringan yang Anda butuhkan untuk pembangunan canopy tersebut. Setelah diketahui kebutuhan akan baja ringan, berikutnya adalah membangun tiang penyangga dari baja ringan kasau. Cermati tinggi tiang penyangga serta kemiringannya untuk memenuhi fungsi bisa menyalurkan air hujan yang jatuh ke atap. Gunakan alat water pass untuk memperoleh angka akurat kemiringan atap. Selanjutnya adalah menegakkan tiang serta merangkai antar tiang dengan kasau baja tersebut. Usahakan agar tiang benar-benar siku atau lurus dan setelah berdiri tegak pasanglah penyiku dari sisa material.
  2. Langkah kedua, pasanglah kasau dengan jarak sekitar 120 cm atau lebih rapat lagi agar canopy lebih kuat. Dengan menggunakan bor listrik pasanglah baut-bautnya dan terus demikian hingga seluruh kasau terpasang.
  3. Ketiga, Setelah pemasangan kasau selesai, Anda bisa melanjutkannya dengan memasang atap dan reng. Sesuaikan jarak antar reng dengan panjang atap. Bila bangunan tersebut menggunakan atap seng panjang maka reng seharusnya dipasang di 3 bagian yaitu pada setiap ujung serta tengah.
  4. Terakhir adalah mengerjakan pemasangan atap menggunakan baut khusus yang bisa Anda dapatkan di toko-toko material terdekat. Jenis atap yang bisa anda gunakan bisa genteng baja, Polycarbonate, Spandek, Asbes dll.

Demikianlah beberapa panduan dalam membangun canopy rumah dari material baja ringan dengan cara pemasangan yang paling praktis. Harus diingat bahwa yang paling penting dalam hal ini adalah memastikan kelurusan, siku dari baja ringan serta sudut kemiringannya agar hasilnya tepat seperti yang Anda inginkan. Nah, selamat mencoba membuat sendiri canopy rumah Anda!