Cara Menentukan Derajat Tinggi Bangunan

1036 Dilihat

Cara Menentukan Derajat Tinggi Bangunan | Mitra CDI. Dalam langkah untuk pembuatan bangunan baik itu bangunan beton maupun kayu, maka mencari siku atau derajat tinggi bangunan itu sangatlah penting. Lebih-lebih lagi apabila Anda membangun sebuah bangunan yang dikategorikan besar, perbedaan sedikit saja bakal begitu terlihat.

Menentukan Derajat Tinggi Bangunan
Menentukan Derajat Tinggi Bangunan

 

  • Pentingnya Menentukan Siku Derajat Bangunan

Pada umumnya ruangan yang ada di dalam rumah bentuknya kotak dan untuk kemiringan sudutnya biasanya 90 derajat. Mengapa harus 90 derajat? Karena agar bangunan yang anda huni dapat menampung banyak barang besar seperti misalnya meja, lemari, dan lain sebagainya. Bangunan yang tidak memiliki siku yang benar dapat membuat bangunan membesar atau mengecil. Memang apabila ruangan kecil dan kalaupun ada selisih sedikit saja maka ketidak sikuan bangunan itu tidak akan begitu sangat terlihat. Berbeda jika Anda membangun sebuah gedung yang besar maka ketidaksikuannya bisa sangat terlihat.

Dalam mencari siku bangunan akan ada baiknya jika Anda menggunakan rumus matematika SMP yang namanya Rumus Phytagoras. Rumus ini adalah rumus untuk mencari sisi miring di sebuah segitiga yang kemiringan sisinya adalah 90 derajat bukan kah bangunan yang bakal kita lihat bukan bentuk segitiga? Dan jawabannya ya, memang kotak. Dan rumus ini hanya untuk menentukan apakah sisi miringnya sudah 90 derajat. Rumusnya sangat mudah yakni AB2= AC2+BC2.

Misalnya di bawah ini contoh mencarinya: AB2= AC2+BC2 adalah 62+82 samadengan 32+64 samadengan 100AB. Akar 100 adalah 10 maka panjang sisi AB adalah 10m. Dan apabila panjangnya bukan 10m bisa dipastikan sudut kemiringannya bukan 90 derajat. Artinya bangunan itu harus diperbaiki lagi.

Baca Juga :

  • Menentukan Derajat Tinggi Bangunan Tidak Cukup dengan Penggaris

Pada umumnya banyak tukang menggunakan semacam penggaris yang bentuknya L. Cara ini memanglah cukup mudah dan juga tanpa pusing memikirkan hitungan perpangkatan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi ada kelemahannya yaitu cara ini tidak akurat 100% dan amat sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang menggunakan teknik ini apabila mengukur bangunan yang ukurannya besar karena ketidaksikuannya pasti bakal terlihat sangat jelas.

Jadi diharapkan Anda selalu ingat untuk menggunakan rumus ini pada saat persiapan pembuatan ayu bowplank karena cara ini memang lah terbukti lebih efektif untuk menentukan kesikuan bangunan yang akan dibuat. Namun selain itu juga, anda harus ingat untuk mengukur tinggi dan rendahnya bowplank dengan waterpass dan juga mengukur tegak atau tidaknya tiang bowplank yang dibuat dengan menggunakan Lot atau alat pemberat yang biasanya terbuat dari timah yang digantung untuk bisa menentukan tegak atau tidaknya suatu bangunan yang berdiri. Karena apabila ada yang salah, maka keakuratannya hasil perhitungan siku bangunan itu bakal meleset.

Nah jangan khawatir lagi untuk menentukan derajat tinggi bangunan dan sikunya karena sudah dijelaskan. Semoga membantu!