Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah

3883 Dilihat

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah | Mitra CDI. Bata merah adalah material bangunan tertua warisan nenek moyang kita yang samapai kini tetap menjadi pilihan terbaik para pengusung konstruksi bangunan yang kokoh dan murah. Munculnya beberapa jenis material yang sama tidak menjadikan konsumen bata merah ini surut atau bahkan mengurang  akan tetapi semakin banyak, terbukti dengan semakin sulitnya untuk mendapatkan pasokan bata merah ini. Alasan lain yang menjadikan para pengguna bata merah ini tetap bertahan adalah karena kualitas dan harganya yang tidak bisa dikalahkan oleh jenis bata apapun.

bata merah standar
bata merah standar

Nah, jika anda ingin menjadikan bata merah sebagai bagian dari komponen susunan konstruksi bangunan rumah anda, tentunya anda harus tahu bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah tersebut. Berikut ini kami sajikan cara termudah menghitung kebutuhannya, silahkan disimak.

  • Yang Dilakukan Sebelum Menghitung

Pertama tama yang harus anda lakukan sebelum menghitung kebutuhan bata merah, adalah:

  1. Menghitung luas dinding bangunan yang kan dipasangi bata merah (bukan luas tanahnya). Cara menghitungnya, ukur panjang keseluruhan dinding pada bangunan anda (termasuk ruangan dalam juga) terus dikalikan dengan tinggi dindingnya.
  2. Tentukan ukuran bata merah yang akan diapakai, ukuran standar apa jumbo. Yang paling penting adalah anda mengetahui ukuran tebal dan panjang batanya terlebih dahulu karena dengan itu anda bisa menentukan jumlah kebutuhan bata dalam 1m² sebagai acuan, kalau bata merah standar yang kami jual acuan kebutuhan pemasangan bata dalam 1m²nya adalah 90 bata standar dan 70 buah bata jumbo dengan ukuran masing-masing tebal 4cm, lebar 9cm dan panjang 18cm pada bata standar dan ukuran bata jumbo tebal 5cm, lebar 10cm dan panjang 20cm.
  • Rumus Menghitung Kebutuhan Bata Merah

Selanjutnya setelah anda mengetahui panjang dan tinggi dinding yang akan dipasangi bata merah, gunakan rumus dibawah ini untuk menghitungnya.

  1. Jika anda akan mengguankan bata merah standar maka cara hitungnya. Panjang dinding total X tinggi dinding X 90 buah.

  2. Namun jika anda akan menggunakan bata merah jumbo, maka cara hitungnya Panjang dinding total X tinggi dinding X 70 buah.

Keterangan: angka 90 dan 70 diatas adalah jumlah bata merah yang dibutuhkan dalam satu meter persegi (m²), angka tersebut bisa berubah tergantung dengan ketebalan adukan semen dan pasir. Namun untuk hitungan globalnya anda bisa mengguankan angka diatas sebagai acuannya.

Demikian mitra tips dari kami tentang Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah, semoga dengan hadirnya artikel ini mempermudah anda dalam menentukan RAB bangunan anda khususnya dalam perhitungan kebutuhan bata merah.

Anda juga bisa membeli bata merah ini dari kami dengan sistem pembayaran COD atau bayar ditempat. Bata merah yang kami sediakan adalah khusus bata merah kulitas terbaik dengan harga ekonomis. Silahkan anda bandingkan sendiri harganya dengan mengunjungi halaman Daftar Harga Material Alam.