Cara Mengukur Kekuatan Cor Beton

791 Dilihat

Cara Mengukur Kekuatan Cor Beton | Mitra kami diamana saja berada. Membangun suatu bangunan tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak orang awam yang tidak mengerti teknik membangun yang baik sehingga banyak pengaplikasian bahan bangunan tidak tepat mutu. Pengetahuan tehnik membangun yang benar ini sangat penting dipelajari. Karena pengetahuan tersebutlah yang akan membimbing kita untuk terhindar dari pemborosan biaya juga keburukan kualitas bangunan.

Nah pada artikel kali ini kami akan menuntun anda untuk memahami garis besar pengetahuan mengenai kekuatan cor beton. Untuk mendapatkan sebuah bangunan yang tahan lama, harus juga memastikan kekuatan cor beton yang menopangnya. Maka dari itu artikel berjudul, cara mengukur kekuatan cor beton ini akan mengulas sedikit mengenai hal-hal yang berkaitan dengan cor beton dan cara mengukur kekuatannya.

proses produksi readymix concrete
Cara Mengukur Kekuatan Cor Beton
  • Mengetahui Jenis Mutu dan Fungsi Beton Cor

Cor beton siap pakai (Beton Ready Mix) menjadi popular akhir-akhir ini. Jika dulu cor beton Ready Mix hanya dikhususkan untuk bangunan-bangunan tertentu saja. Kini cor beton Ready Mix bahkan digunakan juga untuk membangun perumahan-perumahan di pelosok desa. Kekuatan cor beton Ready Mix menjadi salah satu acuan para developer memilih beton siap pakai sebagai material utama yang hemat dan kokoh. Akan tetapi, untuk menentukan jenis mutu cor beton yang yang tepat untuk tipe bangunan anda tidaklah mudah, anda harus mengetahui fungsi-fungsi dari setiap campuran mutu beton tersebut. Seperti jenis mutu Beton Ready Mix K-B0 s/d. K-100 digunakan untuk jenis konstruksi non struktural, K-125 s/d K-300 digunakan untuk jenis konstruksi struktural, seperti, plat lantai, pondasi, balok, kolom dan jalan, K-325 s/d K-500 digunakan untuk jenis konstruksi khusus /pratekan.

Mengecor sesungguhnya tidak semudah mengecat bangunan yang tidak memerlukan banyak pertimbangan selain pertimbangan warna. Untuk mendapatkan kekuatan cor beton yang sempurna diperlukan perhitungan rasio yang tepat pada komposisi takaran air, semen, pasir dan lainnya. Sebelum melakukan proses pengecoran, anda harus memastikan jenis mutu beton yang akan digunakan, apakah K-225, K-250, K-300 atau yang lainnya. Penentuan jenis mutu beton ini dimaksudkan untuk menyesuaikan kebutuhan kekuatan cor beton pada jenis bangunan anda, sehingga mutu beton yang anda gunakan tepat guna pas sesuai dengan porsinya.

  • Cara Mengukur Kekuatan Cor Beton

Anda juga bisa memastikan apakah cor beton yang telah anda aplikasikan sudah sesuai dengan jenis mutunya atau belum dengan menggunakan alat test kekuatan beton, biasanya berbentuk silinder atau kubus.  Alat pengukur tersebut memerlukan rumus dan pengujian tertentu. Jika anda kebingungan untuk menggunakan alat ukur seperti itu, anda bisa meminta pihak penyuplly Beton Ready Mix untuk mengetestnya. Demikian artikel kami tentang “Cara Mengukur Kekuatan Cor Beton”, silahkan baca juga artikel kami tentang “Metode Test Beton Silinder /kubus”. semoga artikel ini bermanfaat.