Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru

1825 Dilihat

Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru | Mitra CDI yang berbahagia. Kembali kami hadirkan tips dan trik yang berhubungan dengan kontruksi beton ke hadapan anda. Semoga dengan hadirnya tips dari kami kali ini dapat menjawab beberapa permasalahan pada kontruksi bangunan anda. Khususnya pada permasalah Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru
Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru

Sering kami jumpai beberapa proyek pembangunan,  menunda proses pengecorannya dalam waktu yang cukup lama. Mungkin karena tidak mencukupi anggaran dana pembangunannya atau ada masalah lain yang harus menunda proses pengecorannya tersebut. Keadaan ini biasanya menimbulkan masalah baru pada kualitas sambungan cor, jika proses penyambungan coran baru dengan coran lama tersebut tidak sesuai dengan standar penyambungan coran.

  • Tips Cara Menyambung Coran Beton Yang Benar

Nah untuk anda yang mempunyai permasalahan yang sama, sebaiknya membaca sampai tuntas tips berikut. Tips ini kami ambil dari pengalaman pribadi kami tentang Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru, berikut tipsnya.

  1. Yang pertama harus anda lakukan sebelum menghentikan proses pengecoran dalam jangka waktu lama. Sebaiknya sisa tulangan besi pada tiang atau dak yang belum tertutup cor beton, di cat terlebih dahulu dengan cat epoxy khusus besi dan menutupnya dengan pelastik. Agar sisa tulangan besi tersebut tidak berkarat.
  2. Sebelum proses penyambungan coran baru dilakukan, perhitungkan kembali secara matang anggaran dananya. Agar proses penyambungan coran baru dengan coran lama tidak terulang berkali-kali yang akan menyebabkan lemahnya kekuatan kontruksi bangunan tersebut.
  3. Selanjutnya dan yang paling inti adalah mempersiapkan pasilitas pengecoran, seperti; mengecek dan memperbaiki kekuatan steger lama, membuat balok penahan (penampung) cor beton yang baru dan membersihkan ujung cor beton lama yang akan disambung dengan air sampai bersih dan lembab. Untuk sambungan pada besi tiang sebaiknya dilas, agar lebih kuat dan tidak mudah bergeser.
  4. Kemudian yang tidak kalah penting memesan segera Readymix concrete (cor beton instant /truk molen) tiga hari sebelum proses pengecoran sesuai dengan volume beton yang di butuhkan. Jika anda belum mengerti cara menghitung volume beton, silahkan baca artikel kami Cara menghitung volume beton.
  5. Tahap selanjutnya agar coran lama dengan coran baru menyatu dengan kuat dan tidak gampang retak. Olesilah sambungan beton yang sudah di bersihkan tadi dengan lem beton (biasanya yang kami pakai adalah merek Calbond dengan perbandingan 1 Calbond: 1 Air: 3 Semen) kemudian tunggu kurang lebih 3 (tiga) menit sampai lem beton tersebut terasa lengket ketikaa di pegang.
  6. Yang terakhir adalah proses pengecoran. Perhatikan dan awasi proses pengecoran agar berlangsung dengan baik dan benar.

Kesimpulannya, dari Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru adalah pemeliharaan besi lama yang belum tertutup coran baru. Serta cara penggunaan takaran lem beton agar sambungan coran lama dengan coran baru benar-benar rekat dan kokoh.

Demikian tips singkat dari kami tentang Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru. Semoga bermanfaat untuk anda yang belum mengetahui Cara Menyambung Coran Beton Lama dengan Coran Baru yang baik dan benar.

Jika anda membutuhkan Readymix concrete (cor beton curah siap pakai), silahkan hubungi kami langsung via telepon website ini. Anda juga dapat memilih beberapa mutu beton cor yang sesuai dengan konstruksi bangunan anda DISINI.