Cara Mudah Memilih Pasir Yang Bagus

5439 Dilihat

Cara Mudah Memilih Pasir Yang Bagus | Mitra CDI. Pasir merupakan batu-batu yang ukurannya sangat kecil sekali sehingga terlihat hanya seperti butiran-butiran hitam. Butiran pasir sendiri memiliki kepadatan yang tinggi sehingga ketika dalam jumlah yang besar dikumpulkan, akan menjadi bahan bangunan yang sangat kuat. Oleh sebab itu, ketika membangun rumah, kantor, gedung dan lainnya termasuk untuk proses pengecoran, pasir merupakan bagian yang sangat penting yang tidak boleh diabaikan.

Memilih Pasir Yang Bagus
Memilih Pasir Yang Bagus
  • Tips Memilih Pasir Yang Tepat

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda akan membeli pasir untuk kebutuhan bangunan. Anda harus bisa membedakan mana pasir yang berkualitas tinggi dan mana yang tidak. Paling tidak, ada beberapa cara berikut ini yang bisa dijadikan referensi untuk bisa memilih pasir berkualitas. Silahkan diperhatikan dan dipraktekkan.

1. Memilih pasir berdasarkan jenisnya

Pertama yang harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk memesannya dan agar pilihan pasir anda tepat adalah dengan menentukan jenis pasir apa yang sedang anda butuhkan. Berdasarkan kegunaannya, pasir terdiri dari berbagai jenis seperti;

  • Pasir pasang yaitu pasir yang umumnya digunakan untuk pemasangan batako atau dinding batu bata serta untuk pengerjaan pondasi dasar pada sebuah bangunan.
  • Pasir cor yaitu pasir yang umumnya digunakan untuk jenis pekerjaan cor beton seperti cor sloof, plat lantai beton, kolom, balok dan lain-lain.
  • Pasir Plester yaitu pasir halus yang sudah diayak dan tidak mengandung bebatuan yang di produksi khusus untuk plester atau pasang marmer dan granit.
  • Pasir urug yaitu pasir yang hanya difungsikan untuk jenis pekerjaan pengurukan dikarenakan gradasi yang terdapat didalamnya bervariasi serta bercampur dengan lumpur atau tanah yang jumlahnya banyak. Urukan sendiri difungsikan untuk membuat lahan rata sebelum dibangun atau untuk meninggikan lantai bangunan.

Pilihlah jenis pasir yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jenis pasir yang tepat sesuai dengan kebutuhan bangunan.

2. Tes kualitas pasir

Langkah kedua adalah dengan mengetesnya apakah pasir yang akan dibeli berkualitas atau tidak. Pasir dengan kualitas yang bagus tidak memiliki campuran. Artinya, pasir murni tanpa campuran material lain. Oleh sebab itu, pasir murni tanpa campuran ini biasanya dihargai dengan harga yang tinggi karena memang sulit untuk mendapatkannya. Tentunya, Anda tidak bisa menilai hanya dari harganya yang mahal kemudian bisa langsung dikatakan pasir yang berkualitas.

Apapun jenis pasir yang Anda pilih, pastikan tidak ada campuran berupa debu pasir, lumpur dll yang sering disebut sebagai ampas pasir. Lalu, bagaimana cara mengetes apakah pasir tersebut murni tanpa ampas atau campuran? Caranya mudah, silahkan praktekkan langkah berikut ini;

  • Ambil air dalam wadah seperti gayung atau ember
  • Ambil segenggam pasir dengan tangan
  • Masukkan segenggam pasir yang ada di tangan Anda kedalam gayung yang berisi air. Kemudian perhatikan apa yang terjadi.

Jika setelah segenggam pasir dimasukkan ke dalam air kemudian pasir cepat terurai, maka bisa dipastikan bahwa pasir tersebut memiliki campuran ampas atau lumpur. Sebaliknya, jika tidak cepat terurai, maka pasir tersebut memiliki kualitas yang bagus. Itulah cara mudah dan akurat untuk bisa memilih pasir secara tepat jenis pasir yang bagus. Selamat mencoba!

Anda juga bisa memesannya kepada kami jenis pasir yang bagus sesuai dengan kebutuhan proyek pembangunan anda. Dan kami membebaskan biaya pengiriman untuk wilayah jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi hingga purwakarta dengan sistem pembayaran ditempat atau COD (Cash On Delivery /Bayar Setelah Barang Sampai).