Cara Tebaik Cat Ulang Dinding Luar Rumah

1916 Dilihat

Cara Tebaik Cat Ulang Dinding Luar Rumah | Mitra CDI yang berbahagia. Kali ini kami akan berbagi tips untuk anda yang tidak ada kaitannya dengan konstruksi beton. Tapi kami yakin tips ini bermanfaat untuk anda yang masih awam tentang cara terbaik cat ulang dinding rumah agar awet dan tidak mudah pudar dan pecah-pecah.

Cat ulang dinding rumah
Cat ulang dinding rumah

Untuk mencat ulang dinding luar Rumah kita, dibutuhkan beberapa cara khusus yang tidak sama dengan cara pengecatan dinding bagian dalam rumah. Cara ini agar cat tersebut nantinya tidak mudah melepuh dan tidak cepat pudar warnanya serta tahan terhadap efek buruk sinar matahari dan hujan.

Baca Juga :

Beberapa langkah khusus dalam pengecatan tersebut, diantaranya sbb:

  1. Siapkan Bahan-bahan seperti; Cat Tembok khusus dinding bagian Luar (biasanya cat akrilik atau yang bersifat elastis seperti aquaproof). Rol khusus cat tembok yang besar (kalau lebih dari satu warna sebaiknya gunakan utk masing-masing warna satu Rol). Steger untuk pengecatan bagian atas. Plastik cor untuk menutupi ubin (lantai luar) agar tidak terkena cat. Kape dan Dempul Plamir atau Semen putih dengan lem putih. Ampelas khusus cat tembok nomor 100 dan kain bal.
  2. Sebelum dinding bagian luar dicat ulang, terlebih dahulu klupas cat lama yang sudah pada retak dan menggelembung. Kemudian dempul bagian-bagian yang berlubang dengan palmir atau campuran semen putih dan lem putih. Setelah kering dempulannya ampelas dengan ampelas khusus cat tembok . Apabila ada bagian dinding yang basah sebaiknya tunggu hingga kering.
  3. Siapkan adukan cat tembok dengan kekentalan adukan lebih kental dari adukan untuk cat dinding bagian dalam (interior). Biasanya untuk satu galon cat tembok di campur dengan ½ liter air.
  4. Tutupilah lantai teras bagian luar dengan pelastik cor atau kardus, agar cat yang menetes tidak mengenai ubin (lantai teras). Kemudian siapkan rol khusus untuk cat tembok.
  5. Rol secara perlahan dan merata, sebaiknya untuk cat lapisan pertama tipis-tipis terlebih dahulu agar bisa diulang lebih cepat untuk lapisan berikutnya juga usahakan jangan ngacak pengerolannya. Pengerollan yang baik adalah berurutan dari bagian atas ke bawah, satu lapisan-satu lapisan. Biasanya pengecatan dinding bagian luar 3 lapisan saja sudah cukup.
  6. Setelah dinding dicat satu lapisan, biarkan agak kering terlebih dahulu kemudian bila masih ada yang berlubang atau retak dempul kembali dengan plamir dan diampelas.
  7. Lapisi dengan warna cat finish yang diinginkan sebanyak 2 atau 3 lapisan sampai warnanya tertutup semua
  8. Terakhir perhatikan warnanya, ketika warna cat yang diinginkan sudah merata dan permukaannya cukup halus, berarti pengecatan sudah finish.

Demikian Tips singkat dari kami tentang Cara Tebaik Cat Ulang Dinding Luar Rumah, semoga bermanfaat bagi anda yang masih awam dalam hal ini. Terima kasih atas kunjungannya.