Ciri Ciri Pasir Yang Hemat Semen

1951 Dilihat

Ciri Ciri Pasir Yang Hemat Semen | Mitra CDI dimanapun anda berada. Kami percaya 100% bahwa anda yang sedang membaca artikel ini menginginkan jenis pasir yang tidak boros semen atau pasir yang hemat semen. Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia konstruksi, pasti tidaklah sulit untuk memilih jenis pasir yang hemat semen, namun bagi yang masih awam atau baru mengenal pasir akan merasa bingung pasir seperti apa yang baiknya digunakan.

Pasir hemat semen
Pasir hemat semen

Baca juga : DAFTAR HARGA MATERIAL ALAM yang kami jual

Nah sesuai dengan judul diatas “Ciri Ciri Pasir Yang Hemat Semen” kami akan berbagi tips kepada anda cara mengetahui Ciri Ciri Pasir Yang Hemat Semen. Semoga dengan hadirnya artikel ini mempermudah anda dalam menentukan jenis pasir yang hemat semen dan sesuai dengan budget keuangan anda. Berikut telah kami rangkum beberapa sifat dan karakter fisik pasir yang hemat semen, silahkan disimak.

  • Pasir Yang Hemat Semen Kandungan Lumpurnya Rendah

Semua jenis pasir yang memiliki kandungan lumpur yang rendah atau sedikit sudah dipastikan hemat semen. Cara sederhana untuk mengetahui seberapa banyak kadar lumpur yang terkandung adalah dengan meremasnya kuat kuat, tapi diharuskan pasir yang agak basah atau lembab. Jika setelah dilepas masih tetap menggumpal berarti kadar lumpurnya tinggi namun jika mengurai setelah di genggam maka sudah bisa dipastikan kadar lumpurnya rendah. Kandungan lumpur juga dapat dilihat dari partikel yang menempel di tangan setelah menggenggamnya. Cara lain untuk mengetahui kandungan lumpur pada pasir adalah dengan memasukannya kedalam air jernih kemudian di kocok dan dibiarkan selama satu jam setelah itu akan terlihat pasir dan lumpurnya terpisah.

  • Butiran Tidak Terlalu Kasar

Pasir yang terlalu besar butirannya akan memboroskan semen karena pasir yang kasar atau ukuran butirannya yang besar akan membutuhkan partikel yang halus dan lebih lembut sebagai perekatnya. Jika partikel /butiran halus tidak terdapat pada pasir maka dia akan mengambil partikel perekatnya dari semen sehingga semen akan tetap boros. Jadi meskipun pasir untuk cor itu bagusnya yang kasar namun harus dipastikan ada 40% butiran halusnya.

  • Timbangannya Lebih Berat

Ciri Ciri Pasir Yang Hemat Semen berkutnya adalah timbangannya lebih berat. Maksud dari lebih berat disini adalah berat pasir yang di timbang dalam keadaan kering dengan minimal berat 1400 kg /m³nya. Jadi untuk memperoleh pasir yang hemat semen harus dilihat dari sisi timbangannya juga, semakin berat timbangannya semakin sedikit kebutuhan semennya.

  •  Mengandung Silikon Dioksida

Ciri lain dari pasir yang hemat semen adalah mengandung banyak unsur silikon. Diantara jenis pasir yang paling banyak mengandung silikon dioksida adalah pasir putih bangka, pasir belitung, pasir lampung, dan riau. Untuk jenis pasir hitamnya ada pasir galunggung, pasir merapi, pasir cimangkok, pasir jebrod dan pasir subang /cimalaka.

  • Mengandung Unsur Besi

Selanjutnya ciri pasir yang hemat semen adalah pasir yang mengandung unsur besi. Biasanya yang paling banyak mengandung unsur besi ini adalah jenis pasir hitam, seperti; pasir besi sukabumi, pasir jebrod cianjur dan pasir besi merak yang banyak dipakai sebagai bahan baku produksi semen.

pasir hitam jebrod merah terkenal hemat semen
pasir hitam jebrod merah terkenal hemat semen

Itulah mitra beberapa ciri jenis pasir yang hemat semen. Semoga dengan ciri-ciri yang kami sebutkan diatas anda bisa mempertimbangkan atau memilih dan memilah pasir mana yang baik untuk anda gunakan. Jika masih bingung dalam mengenali ciri-cirinya, anda bisa konsultasi langsung dengan kami via tlpn 0857 7678 6091.