3 Hal Penting Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah

477 Dilihat
3 Hal Penting Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah | Mitra CDI dimana saja berada, Hunian bukan cuma sekedar tempat bernaung buat menghindarkan hujan & panas saja, melainkan hunian juga bisa memberikan ketenangan, kesenangan, bahkan kenangan segala sejarah hidup kita di dalamnya. Nah saat ini yang sering menjadi pertanyaan adalah, gimana caranya mengawali mendesign hunian ?! atau apa Hal Wajib Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah ?!. Jawabannya silahkan ikuti pembahasan kami ini sampai selesai ya.
Merencanakan Pembangunan Rumah
Merencanakan Pembangunan Rumah
  • Mengetahui Situasi & Keadaan Lokasi

Mitra sebelum memikirkan bentuk dan struktur desain dalam Merencanakan Pembangunan yang pertama harus mitra mengetahuinya adalah  situasi & keadaan setempat, baik dengan cara alami atau dengan cara formal akibat adanya peraturan & persyaratan yang berlaku terhadap wilayah itu.

Kalau sebuah perencanaan pembangunan rumah tak memperhatikan situasi & keadaan serta peraturan/persyaratan yg berlaku di lokasi tersebut, bisa jadi justru akan menyimpang dari maksud pokok pembangunan hunian yang merupakan alat kehidupan yg memerlukan suasana nyaman, santai, indah, sehat dan aman seperti yang kita idamkan.

  • Konsep dan Fungsi & Merencanakan Pembangunan Rumah

Dalam perencanaan hunian minimalist ini mempunyai nilai praktis, fungsional, ringan, ekonomis & efisien, maka lahirlah karya-karya atau konsep perencana arsitektur serasi sesuai dengan kemauan kita masing-masing, apaitu style manimalis, klasik, mediterania, natural dsb.

Langkah perdana yg kita lakukan adalah mulai dari mensurvey lahan tanah seterusnya mengukur dan mencocokan denah /peta yang akan dibangun rumah kemudian mengawali mendesign hunian. Buat tata rungan terlebih dahulu dengan menyesuaikan dengan fungsi dan sifat basic area. Di dalam area hunian dibagi atas 3 (tiga) grup berdasarkan fungsi & sifatnya :

  1. Ruang pemukiman

  2. Lokasi peristirahatan

  3. Ruang layanan /tamu

Dari ketiga group di atas mampu di bagi lagi dalam wujud fungsi dan kegunaan masing-masingnya :

  • Lokasi pemukiman

    Ruangan Tamu
    Tempat makan
    Area keluarga
    Ruangan belajar/kerja

  •  Ruangan peristirahatan

    – Kamar tidur
    – Kamar mandi

Yg dimaksud bersama ruang peristirahatan yaitu ruangan yg digunakan untuk beristirahat penuh yang terdiri dari kamar tidur & ruang-ruang pelengkap, contohnya kamar Tidur, Mandi/WC, ruang penyimpan barang pribadi dll.

  • Lokasi layanan

    Lokasi dapur
    Lokasi daya simpan (gudang)
    Ruangan Garasi.

Sesudah seluruh konsep diatas mitra penuhi, kami yakin mitra dapat membuat design hunian sesuai dengan yang di cita citakan. Untuk mempermudah desain biasanya kami menggunakan software Autocad, sebagai tool yg biasa dimanfaatkan buat merancang design bangunan. Penerapannya sangat praktis dan gampang di pelajari. Jika mitra termasuk orang yang gaptek, bisa mempelajari Autocad ini via media internet karena sangat banyak tutorial yang membahas rancangan desain dengan software ini. Mitra juga bisa mencari ide desain dengan mengunjungi website yang khusus membahas desain perencanaan. Belajarlah utk menambah pengetahuan kamu dgn menyaksikan rancangan – desain rumah yg ada, atau dari buku – buku perencanaan hunian biar mitra tidak jenuh utk memulainya.

  • Kesimpulan Hal Wajib Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah

Anjuran kami sebelum mitra merancang hunian minimalis atau model rumah yg di inginkan, baiknya menyimak saran dan tips dari kami berikut ini :

  1. Memberi sirkulasi hawa yg baik ke dalam ruang buat mengurangi panas & lembab, penyinaran matahari kedalam ruangan minimal satu jam dalam sehari buat kesehatan, & dapat dilengkapi bersama teritis atap yg lumayan buat perlindungan bangunan terhadap panas matahari & curah hujan.
  2. Biar hunian lebih terkesan hidup buatlah pekarangan di muka rumah yang merupakan tanaman yg dipakai buat penghijauan, kesegaran, keindahan & keserasian hunian.
  3. Lihat kondisi area tanah aman atau tidaknya dari banjir, jadi mitra bisa tentukan tinggi lantai bangunan dari permukaan tanah.
  4. Dalam menetapkan jumlah & ukuran area lebih-lebih dulu diadakan inventarisasi jumlah anggota keluarga, rutinitas dan kebiasaan, hobi, ukuran tanah & dana yg tersedia.
  5. Desainlah ruang hunian yg bisa memberikan nilai tambah bagi anda. Bagi yang gemar baca, sebaiknya disediakan ruang perpusatakaan khusus.

Jika mitra pandai mengatur letak struktur ruangan dengan desain, mitra akan mendapatkan hunian yg dapat mengakomodasi beraneka ragam kebutuhan & berbagai impian walaupun dengan lahan terbatas yg kemungkinan diawal mulanya tak terpikir atau terencana oleh mitra. Demikian tips dari kami tentang Hal Wajib Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah, mudah-mudahan artikel trik mendesign hunian minimalis ini dapat mempermudah anda dalam membuat rancangan hunian impian yg ideal.