Harga Membangun Rumah dari Nol per M2

821 Dilihat

Harga Membangun Rumah dari Nol per M2 | Mitra CDI. Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Rumah tentunya menjadi impian bagi semua orang. Dan rumah adalah aset berharga yang bisa dimiliki oleh seseorang. Sekarang rumah bisa dibeli dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau bisa juga membelinya secara kontan dengan biaya Anda sendiri. Anda juga bahkan bisa membangunnya dari awal dengan terlebih dahulu membeli sebidang tanah dan juga bahan materialnya.

membangun rumah sendiri
membangun rumah sendiri
  • Kelebihan Membangun Rumah Sendiri

Apabila anda memilih untuk mebangun rumah impian anda sendiri, maka mahalnya material dan juga ongkos pekerja untuk membangun rumah mesti diperhitungkan. Membangun rumah dari awal bukan sebuah perkara yang mudah sehingga diperlukan perjuangan dan juga kerja keras. Untuk mewujudkannya anda bisa mulai menghitung kemampuan keuangan Anda pribadi yang mana disesuaikan dengan jenis rumah yang ingin Anda bangun. Apabila dana terbatas, maka tidak perlu megah dan mewah. Rumah dengan gaya minimalis dan cantik pun bisa menjadi pilihan rumah idaman anda.

Membangun rumah sendiri akan membawa kepuasan tersendiri untuk anda. Selain model yang bisa anda tentukan sendiri, anda juga dapat menentukan atau memilih jenis dan kualitas material yang akan dipakai pada bangunan anda. Berbeda dengan membeli yang sudah jadi, anda tidak tahu material dengan kualitas seperti apa yang digunakan, selain itu anda juga tidak bisa menentukan desain model rumah seperti yang anda mau. Alhasil meskipun membangun rumah sendiri terbilang agak mahal namun anda bisa menentukan kualitasnya yang paling berpengaruh terhadap umur bangunan kedepannya.

  • Perhitungan Harga Membangun Rumah dari Nol

Konsep membangun rumah dari nol atau membangun rumah yang ditentukan sendiri, tidaklah jauh berbeda dengan tehnik pengerjaan bangunan lainnya. Bedanya hanya dari desain dan kualitas material yang bisa ditentukan sendiri. Untuk cara perhitungan biaya atau harga tahapannya sama, selengkapnya silahkan baca pemaparan kami berikut ini:

  1. Biaya Tenaga Kerja

Sebenarnya ada 3 sistem yang berlaku selama ini dalam pembangunan rumah yakni harian, borongan jasa dan borongan penuh. Hitung-hitungannya juga beda, untuk sistem harian, akan dikenakan biaya tenaga pekerja tukang = 150.000  dan kenek 100 ribu per harinya. Sementara itu untuk biaya borongan jasa atau tenaga sekitar 600-800 ribu untuk per meter perseginya. Dan untuk borongan penuh, 3,5-5 juta per meter perseginya. Untuk borongan jasa, perlu dikethaui hanya jasanya saja, untuk materialnya disediakan oleh pemilik bangunan. Sedangkan borongan penuh, tenaga dan material ditentukan oleh pihak pemborong. Kalau dari segi waktu, sistem borongan lebih cepat ketimbang harian. Namun kalau sudah rampung dan ingin mengubahnya sistem harian lah yang memungkinkan jika anda mengandalkan desain sendiri.

  1. Biaya Tanah dan Bangunan

Katakan saja Anda ingin membangun rumah tipe 21/60 maka anda membutuhkan tanah yang luasnya 60 meter persegi. Harga tanah memang beda-beda namun misalnya jika harga tanah Rp. 1.000.000,- per meter perseginya, maka anda membutuhkan dana Rp. 60.000.000,- untuk membeli tanahnya. Selanjutnya untuk perkiraan kebutuhan materialnya dari pasir, semen, batu bata dll. Anda perlu mmembicarakannya dengan kepala pekerja atau mandor untuk bahan apa saja yang dibutuhkan. Namun misalya Anda mengambil borongan penuh biayanya Rp. 3,5 juta per meter maka hitungan seluruhnya 21 x 3.500.000 maka hasil untuk biaya bangunannya adalah Rp. 73.500.000,-. dan jika anda ingin mengambil sistem borongan jasa atau tenaga saja, maka perhitungannya dibagi dua; yaitu perhitungan borongan tenaga (sudah kami sebutkan diatas) dan perhitungan harga bahan bangunan yang kan dipakai.

  1. Biaya Lainnya

Biaya yang lainnya termasuk jika ingin membangun taman, ada ornamen, dan lainnya. Tetapkan saja anggaran 10% dari keseluruhan total anggaran.

Baca Juga :

Nah itu lah mitra yang anda perlu pertimbangkan dalam membangun rumah sendiri khususnya rumah tipe 21/60. Apabaila anda masih bingung cara perhitungannya atau ingin cek update harga terbaru dari material bangunan, silahkan hubungi kami. Semoga bermanfaat!.