Inilah Jenis Bahan Bangunan Yang Wajib Dibeli

695 Dilihat

Inilah Jenis Bahan Bangunan Yang Wajib Dibeli | Mitra CDI yang berbahagia. Setiap Perusahaan banyak melakukan penelitian tentang bahan-bahan bangunan yang digunakan dalam proyek yang berkualitas serta menghasilkan struktur bangunan yang kokoh dan tahan lama. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan uji lab untuk mengetahui mutu bahan yang diteliti. Selain itu yang cukup penting terutama bagi Anda yang menekuni bidang ini adalah bahan-bahan yang sering digunakan dalam suatu proyek. Mengetahui jenis material apa saja yang wajib dibeli, dapat membantu anda dalam menentukan perhitungan RAB yang tepat. Berikut kami uraikan jenis-jenis bahan bangunan yang umum dipakai dan wajib dibeli ketika anda akan memulai membangun sebuah proyek. Silahkan simak ulasannya dibawah ini:

jenis bahan bangunan yang wajib dibeli
jenis bahan bangunan yang wajib dibeli
  • Daftar jenis bahan bangunan yang wajib dibeli dalam sebuah proyek

Inilah rinciannya bahan-bahan bangunan yang wajib dibeli untuk membangun berbagai proyek gedung baik rumah, perkantoran, mall, apartment, dan sebagainya.

  1. Beton Cor

Jenis bahan bangunan satu ini dibuat dari campuran batu, semen, pasir, dan beberapa unsur lainnya kemudian dituang ke dalam cetakan yang ada dalam bangunan. Ada beberapa criteria tingkat kekuatan beton yang tertera pada bahan tersebut, misalnya; K-250 artinya bahan tersebut mampu menahan tekanan sebesar 250 kg/m2.

Selengkapnya kunjungi : Daftar Jenis Mutu & Harga Beton Cor Readymix

  1. Semen

Inilah bagian yang paling penting dalam sebuah bangunan karena tanpa semen bangunan tak akan dapat menyatu. Fungsi utama bahan ini adalah sebagai pengikat agregat-agregat sehingga bahan-bahan tersebut nantinya akan menjadi batu beton yang semakin kuat. Di pasaran semen dijual dalam satuan kg dan zak. 1 Zak semen terdiri dari 40 kg atau 50 kg semen.

Lebih Detail Harga Semen, klik : Harga Semua Merk Semen Terkini

  1. Besi Beton

Fungsi utama jenis bahan bangunan ini adalah untuk menahan gaya tarik yang terdapat pada konstruksi bangunan dengan bahan beton. Bentuknya adalah seperti besi batangan serta terdapat penampang dengan bentuk lingkaran sebagai penghubung besi tersebut. Anda dapat menggunakan table berat besi untuk mengetahui berat besi per m.

Referensi Harga Besi Bangunan klik DISINI

  1. Bekisting /Cetakan Beton

Bekisting adalah konstruksi yang berfungsi untuk membentuk beton atau secara awam dapat dikatakan sebagai cetakan beton. Bahan ini dibuat dari papan kayu yang gampang dibentuk sehingga bekisting dapat disesuaikan dengan bagian bangunan yang ingin dibangun dengan pemanfaatan beton. Khusus bekisting pengecoran pada dak, bisa menggunakan bondek agar lebih hemat dan cepat.

  1. Pasir Pasang, Cor & Plester

Inilah yang dapat dikatakan sebagai bahan utama wajib sebuah bangunan sebagaimana semen. Pasir juga berfungsi untuk mengikat bahan-bahan bangunan yang lain serta untuk membuat beton pada bagian suatu bangunan. Anda dapat mengetahui mutu pasir dengan melakukan tes yang terdiri dari 3 jenis yaitu tes kadar lumpur, besar butiran, dan tes organic. Pasir yang sering dipakai untuk bangunan adalah Pasir Pasang, Cor dan Plester.

Lebih lengkap lihat : Daftar Harga Semua Jenis Pasir

  1. Batako, Bata Merah & Hebel

Sesungguhnya batako, bata merah dan hebel memiliki fungsi yang sama hanya saja bahan dasar dan proses pencetakannya berbeda. Batako dan hebel mempunyai peruntukan yang sama dengan batu bata merah tetapi batako dan hebel lebih cepat pemasangannya dan dapat digunakan untuk beragam keperluan seperti pembuatan dinding, taman, lantai, dan lain-lain yang lebih pressisi. Hebel atau bata ringan juga sekarang sedang banyak dipakai, anda bisa menjadikannya sebagai referensi bahan acuan berikutnya.

  1. Kayu Balok, Kaso & Papan

Meskipun beberapa jenis bahan bangunan alternatif lain pengganti kayu sudah banyak, namun terbukti kayu masih mendominasi bahan bangunan yang paling banyak digunakan. Minimal tiga jenis kayu balok, kaso dan papan yang wajib anda sediakan ketika akan memulai pembangunan.

Selain bahan-bahan tersebut material lain untuk membangun bangunan juga diperlukan seperti cat, keramik, pintu dan jendela, dan sebagainya. Semoga ulasan ini bermanfaat!