Inilah Macam-Macam Model Atap Rumah

2251 Dilihat

Macam-Macam Model Atap Rumah | Mitra CDI yang berbahagia. Atap rumah adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah rumah. Atap rumah memang memiliki fungsi praktikal untuk melindungi rumah Anda dari panas dan juga hujan. Akan tetapi bagi mitra yang memikirkan soal fungsi atap rumah yang bisa lebih indah, mungkin anda harus memikirkan model-model atap rumah lain yang sesuai dengan selera Anda dan desain rumah anda. Ada berbagai macam bentuk atau model atap yang pada umumnya digunakan oleh masyarakat sekarang ini. Apabila anda sedang berencana membangun atau juga merenovasi rumah, mungkin model-model atap rumah yang ada di bawah ini berguna bagi anda sebagai referensinya.

Beberapa model atap rumah
Beberapa model atap rumah
  • Model Atap Rumah Datar

Yang pertama adalah bentuk atap yang mana paling sederhana, yakni yang bentuknya horizontal tanpa ada pertemuan sisi. Model atap seperti ini sudah sangat lazim digunakan di rumah bergaya minimalis atau minimalis modern. Atap seperti ini akan menghasilkan tampilan rumah yang ringkas dan serba lurus. Namun bentuk atap seperti ini harus diperhatikan derajat kemiringannya agar tidak mudah bocor atau rembes ketika hujan turun. Atap model datar juga mayoritas memakai material genteng beton, asbes, coran utuh dan genteng oven.

  • Atap Rumah Model Gergaji

Biasanya atap gergaji ini digunakan di pabrik atau di lokasi industri karena bentuk atapnya sendiri curam dan bisa melindungi para pekerja dari sinar matahari langsung. Namun akhir-akhir ini atap gergaji digunakan juga untuk hunian khususnya di rumah gaya industrial.

  • Atap Rumah model Perisai

Yang selanjutnya adalah atap perisai yang mana sering juga disebut dengan atap limas. Atap ini pasalnya terbentuk dari 4 buah bidang yakni 2 bidang trapesium dan dua yang lainnya bidang segitiga yang semuanya bertemu di puncak atau bubungan. Model atap yang seperti ini juga sering sekali digunakan di Indonesia.

  • Model Atap Pelana

Rumah dengan atap pelana umumnya bisa ditemukan di beberapa rumah yang ada di wilayah Indonesia di mana atap dengan model ini juga dapat digunakan untuk bangunan sekolah atau kantor. Cirinya adalah 2 bidang trapesium dengan kemiringan 30 sampai 40 derajat yang akan bertemu di puncak. Atap pelana ini sangat cocok bagi Indonesia yang iklimnya tropis. Air hujan bakal mudah mengalir ke bawah dan bentuk langit-langitnya yang tinggi akan membantu mengurangi hawa apanas yang ada di dalam ruangan.

  • Kombinasi Model Atap Perisai dan Pelana

Atap yang bermodel lebih unik lagi adalah kombinasi atap perisai dan pelana. Kombinasi ini adalah penyempurnaan dari kedua bentuk atap yang sudah disebutkan di atas. Lazimnya atap dengan kombinasi model ini digunakan oleh rumah yang ukurannya sedang hingga besar. Atap perisai yang mana digunakan di bagian rumah yang memanjang ke samping sedangkan atap pelananya digunakan untuk bagian depan rumah. Bisa juga dibalik jika mau.

Baca Juga :

Demikianlah beberapa model atap rumah baik minimalis atau minimalis modern. Semoga menjadi insfirasi bagi anda dan tidak lagi bingung memilih atap rumah yang seperti apa yang cocok untuk rumah Anda.