Inilah Model Furniture Klasik Khas Indonesia

1493 Dilihat

Model Furniture Klasik Khas Indonesia – Mitra CDI yang kami hormati. Kita patut bersyukur hidup di tanah indonesia yang tumbuh berbagai macam jenis kayu diatasnya. Sehingga nenek moyang kita dahulu membuat karya yang unik dan beragam dengan berbahan dasar kayu pula. Kayu dipilih sebagai material dasar pembuatan furniture sejak dahulu kala oleh nenek moyang kita. Mereka membuat hampir semua perkakas dan perbaotan rumahnya dari kayu. Dari itu kita kenal furniture khas indonesia yang bergaya klasik dan unik. Ini menjadi aset budaya indonesia yang patut kita tahu sebagai warganya dan kami disisni akan membahas seputar Model Furniture Klasik Khas Indonesia. Tujuannya tiada lain untuk mengigatkan kita akan budaya indonesia yang berharga ini.

Perlu dikatahui juga bahwa Furniture merupakan salah satu perabotan rumah yang wajib dimiliki oleh semua orang ketika sudah memiliki sebuah rumah. Tanpa adanya furniture, rumah kalian tentu akan kurang efektif. Furniture bertujuan sebagai pelengkap sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari kalian dalam melakukan aktivitas di rumah. Beberapa furniture yang harus kalian miliki seperti meja, tempat tidur, lemari, sofa atau kursi dan lain-lain.

Untuk mendapatkan furniture, ada banyak sekali toko-toko yang menjual berbagai jenis furniture dengan desain yang berbeda-beda. Kalian bisa memilih desain furniture sesuai dengan selera masing-masing. Sistem pembelian pun juga bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke toko yang menyediakan berbagai furniture. Cari kebutuhan furniture yang anda inginkan, tentu kalian akan mendapatkannya dengan mudah.

Model Furniture Klasik Khas Indonesia

Ketika kalian ingin membeli furniture, pastinya kalian akan memilih model furniture terlebih dahulu. Model furniture sendiri terbagi menjadi dua golongan yaitu furniture klasik atau tradisional dan furniture modern. Furniture klasik merupakan salah satu model furniture yang mengusung konsep pada jaman dulu. Sementara furniture modern adalah salah satu furniture yang didesain dengan era jaman sekarang.
Model furniture klasik menjadi ciri khas Negara Indonesia karena memiliki desain yang sangat menarik. Bahkan proses pembuatannya sangat teliti dan juga mengandung makna di dalamnya. Meskipun sekarang sudah jaman modern, furniture klasik masih banyak dicari oleh orang-orang. Mungkin salah satu dari kalian masih suka dengan model furniture klasik dibanidng dengan furniture modern.

Jenis-Jenis Furniture Khas Indonesia

Ada banyak sekali jenis-jenis furniture yang telah dibuat oleh banyak orang indonesia, berikut ini adalah beberapa furniture warisan nenek moang kita yang wajib kalian tahu!

1. Tempat Tidur Dipan

Model Furniture Klasik Khas Indonesia
Dipan Model Furniture Klasik

Tempat tidur menjadi salah satu furniture yang paling penting ketika kalian sudah memiliki rumah sendiri. Dengan adanya tempat tidur, kalian bisa tidur dengan nyaman di atas ranjang. Ada banyak sekali model tempat tidur yang bisa kalian pilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Nah, indonesia sendiri memiliki banyak model temapt tidur klasik yang terbuat dari kayu, kebanyakan modelnya adalah dipan yang tinggi tiangnya 50cm dengan sandaran setinggi 120cm bermotif ukiran batik bunga.

2. Meja Klasik

Meja klasik
Meja klasik

Meja klasik indonesia dapat digolongkan menjadi beberapa bagian yaitu meja makan dan juga meja ruang tamu. Meja makan ditujukan untuk makan bersama keluarga supaya lebih kompak. Sementara meja ruang tamu ditujukan untuk menghidangkan makanan ketika ada tamu yang datang ke rumah. Gaya meja klasik indonesia sendiri tetap tidak jauh dari ukiran khas kerajaan dibagian kaki dan tengah mejanya.

3. Lemari Klasik

Inilah Model Furniture Klasik Khas Indonesia
Lemari klasik

Lemari klasik juga dibedakan menjadi beberapa bagian, dimana lemari ini bisa digunakan sebagai tempat meletakan pakaian dan ada juga yang dapat digunakan untuk meletakan berbagai macam peralatan dapur seperti gelas, piring dan lain-lain. Lemari khas indonesia yang bergaya klasik adalah lemari berbahan kayu yang bagian paling bawahnya terdapt laci. Selain itu memiliki kaki yang kurang lebih tingginya 15cm dengan ukiran khas kerajaan dan disisi bagian pintunya juga terdapat ukiran corak bunga. Engsel yang dipakai adalah engsel kupu-kupu yang terbuat dai besi kuning. Finishingnya dengan plitur warna natural kayu kecoklatan khas cocoa brown.

4. Sofa Atau Kursi Klasik

Inilah Model Furniture Klasik Khas Indonesia
Tempat duduk klasik

Indonesia juga memiliki gaya sofa atau kursi selonjoran yang khas. Cirinya sudah pasti terbuat dari kayu dan dihiasi dengan ukiran corak bunga dibagian sandarannya serta kakinya. Uniknya sofa klasik ini dalam pembuatannya sama sekali tidak menggunakan paku, sambungan hanya di kuatkan dengan pasak kayu saja. Sofa atau kursi juga menjadi salah satu furniture yang paling penting untuk dimiliki seseorang ketika sudah memiliki sebuah rumah. Hal itu ditujukan untuk seseorang yang ingin berkunjung ke rumah kalian. Dengan adanya sofa atau kursi, tentu mereka akan merasa nyaman ketika berkunjung ke rumah kalian.

Harga Furniture Indonesia

Berbicara soal harga furniture, semuanya tergantung dari kualitas furniture yang dibuat. Apabila kualitas furniture yang akan dibeli baik, maka harganya pun akan semakin mahal pastinya. Selain itu, harga furniture juga dipegaruhi oleh ukuran dan model, semakin besar ukuran yang kalian inginkan, maka semakin mahal juga harga yang harus kalian bayarkan. Bahan yang digunakan juga mempengaruhi harga furniture.

Seperti halnya ketika kalian ingin membeli sebuah lemari, bahan yang digunakan ada beberapa jenis. Ada yang terbuat dari kayu, kaca, dan plastik. Setiap bahan yang digunakan tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Semuanya tergantung dari kerumitan dan proses pembuatan lemari yang akan dibuat.

Untuk furniture klasik khas indonesia sendiri sekarang harganya sudah sangat tinggi, karena selain barangnya langka juga bahan yang dipakai adalah bahan pilihan dari kayu terbaik. Harga juga sangat tergantung dengan kerumitan ukiran dan ukuran furniturenya, kisaran 2juta hingga puluhan juta rupiah.