Inilah Penyebab Beton Cor Lambat Mengering

356 Dilihat

Inilah Penyebab Beton Cor Lambat Mengering | Mitra kami. Untuk membuat bangunan yang baik, kokoh, dan awet hingga bertahun-tahun harus dipastikan bahwa hanya beton-beton terbaik yang digunakan dalam proses pembangungan hunian atau gedung tersebut. Untuk menghasilkan produk beton yang baik yang merupakan kunci penentunya adalah perencanaan campuran betonnya. Yang pertama harus diperhatikan adalah perbandingan campuran beton yang baik serta faktor-faktor penunjang lainnya. Diantaranya seperti; proses pencampuran, pengecoran, pemadatan, serta perawatan setelah proses pengecoran selesai. Harus dipahami bahwa beton sendiri adalah persenyawaan yang berasal dari semen, agregat, air, serta zat tambahan lain bila memang dibutuhkan untuk memenuhi suatu syarat tertentu. Sehingga penting sekali mencermati dengan baik proporsi atau perbandingan material beton tersebut.

Solusi Beton Cor Lambat Mengering
Solusi Beton Cor Lambat Mengering
  • Mengapa beton lambat mengering?

Sesuai aturan yang ditetapkan di tanah air dan teori perencanaan campuran beton, untuk membuat formulasi yang tepat memang bukanlah hal yang mudah karena yang bersangkutan harus menguasai disiplin ilmu teknik sipil yang berkaitan dengan teknologi bahan konstruksi. Selain itu perlu dilakukan pula analisa material yang hendak digunakan di laboratorium untuk menguji formulasi beton yang direncanakan.

Umumnya penyebab beton cor lambat mengering adalah karena komposisi semen yang kurang atau terlalu banyak air. Selain itu bisa juga disebebkan karena kualitas material yang digunakan tidak memenuhi standar material pengecoran.

Baca Juga : Jenis Pasir yang Bagus untuk Pengecoran

Secara teoritis para ahli mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan perbandingan campuran yang paling baik adalah dengan perbandingan berat yang berarti tak lagi menggunakan satuan volume yang biasanya dengan ember pada metode-metode konvensional untuk menentukan jumlah air, semen, dan koral, melainkan harus benar-benar di timbang untuk mengetahui beratnya secara akurat.

Metode tersebut terutama untuk membangun bangunan-bangunan yang besar seperti gedung bertingkat, apartment, dan sejenisnya. Tetapi untuk pembangunan skala kecil seperti rumah-rumah minimalis perbandingan material bangunan menggunakan metode konvensional masih bisa diterima untuk menghasilkan bangungan yang baik. Para tenaga kerja bangunan yang telah berpengalaman pasti mengetahui cara menghasilkan campuran material bangunan yang baik karena kebiasaan.

Baca Juga : Rahasia Campuran Beton Readymix

  • Pencampuran Beton Untuk Menghindari Beton Cor Lambat Mengering

Inilah beberapa hal yang penting diketahui dalam pencampuran beton agar tidak lambat mengering.

  1. Beton akan kokoh dan baik bila kandungan semen yang digunakan semakin banyak karena penggunaan semen berbanding lurus dengan kekuatan beton.
  2. Gunakan air sesedikit mungkin karena fungsinya untuk memudahkan pengerjaan yaitu pengangkutan, pemadatan, dan finishing. Memang bila menggunakan banyak air pada pencampuran material pekerjaan akan lebih ringan dan cepat selesai, tetapi terlalu banyak air yang dicampurkan akan berdampak pada kualitas beton yang jelek dan cor lambat mengering. Penyebab lainnya adalah pengerjaan yang dilakukan di musim hujan sehingga mempengaruhi pengecoran.
  3. Campuran FAS atau Faktor Air Semen idealnya adalah lebih banyak semen karena semakin tinggi perbandingan campuran air dan semen kualitasnya akan semakin berkurang. Untuk menghindari hal tersebut yang harus dilakukan adalah mengurangi perbandingan air dan semen.

Nah, cukup jelas, bukan?. Semoga informasi singkat di atas bisa menambah wawasan Anda dan menjadi referensi yang berguna bagi anda yang berniat membangun rumah. Apabila anda tidak mau repot dengan sistem pencampuran cor beton, anda bisa membeli beton curah /cair yang sudah siap pakai atau disebut dengan readymix. Silahkan hubungi kami melalui no telepon dan email yang tersedia diatas.