Inilah Penyebab Cor Beton Bisa Retak

865 Dilihat

Inilah Penyebab Cor Beton Bisa Retak | Mitra. Salah satu penyebab dari cor beton retak biasanya terletak dari pengerjaan sebelum pengecoran yang tidak tepat. Hal yang mungkin terjadi adalah karena sebab dana yang tidak memungkinkan dan akibatnya mereka memilih bahan cor yang tidak memenuhi standar cor yang tepat. Inilah salah satu penyebab dari beton tidak berkualitas baik dan satu penyebab lainnya adalah karena ketika akan melakukan pengecoran mereka tidak konsultasi dengan pakar di bidangnya. Akhirnya setelah pengecoran selesai merasa bahwa cor yang mereka kerjakan sudah memenuhi standar bangunan. Padahal untuk mengetahui bahwa campuran cor beton itu memenuhi standar mutu, perlu pengetahuan dan pengalaman yang tidak sedikit. Untuk itu pada kesempatan ini kami share kehadapan anda beberapa hal penyebab keretakan cor yang bisa anda antisipasi sebelum melakukan pengecoran.

Inilah Penyebab Cor Beton Bisa Retak
Inilah Penyebab Cor Beton Bisa Retak
  • Penyebab Cor Beton Bisa Retak

Berikut ini beberapa penyebab cor beton bisa retak yang harus anda ketahui. Agar anda bisa mengantisipasi penyebab retaknya beton cor pada bangunan anda nanti.

  1. Karena Bekisting yang digunakan yang berperan penting sebagai cetakan struktur beton tidak kuat atau berubah-ubah untuk menahan berat beban bangunan ketika pengecoran berlangsung.
  2. Sebab lain karena pencampuran material yang tidak sesuai dengan standar mutu, misalnya; penggunaan semen terlalu sedikit atau split yang terlalu banyak.
  3. Setelah proses pengecoran selesai tidak menjaga kelembaban coran dengan menyirami air diatasnya.
  4. Membongkar bekisting terlalu cepat. Perlu diketahui coran yang sudah dicetak mengalami pengerasan maksimal sesudah berumur 28 hari. Jadi sebaiknya anda harus memperhatikan dahulu apakah benar-benar cor sudah mengeras atau belum.
  5. Beban bangunan yang diluar batas kemampuan struktur beton.
  6. Umur dari cor sudah melebihi batas pada waktu yang sudah direncanakan.
  7. Terjadi bencana alam yang tidak terduga sebelumnya seperti banjir, gempa bumi dan kebakaran bisa menimbulkan cor beton retak.
  8. Salah dalam memperhitungkan struktur dan spesifikasi mutu cor dibawah standar kebutuhan kekuatan dari struktur cor beton tersebut.
  9. Adanya Karat pada besi yang digunakan untuk tulang beton atau ukuran besi yang terlalu kecil.
  10. Material pencampuran cor terlalu banyak mengandung bahan organic atau kadar lumpur serta bahan-bahan kimia. Dimana hal ini akan melemahkan kekuatan struktur cor.
  11. Terjadi pekerjaan yang sengaja dilakukan untuk merusak cor beton seperti pemukulan beton dan sejenisnya sehingga menjadi salah satu penyebab struktur beton retak.

Baca Juga : Masalah Yang Seriang Terjadi Pada Pengecoran

Atau Baca : Cara Memperbaiki Dak Beton Yang Retak

Itulah beberapa penyebab dari cor beton bisa retak. Untuk menangani hal-hal diatas sebaiknya anda memperhitungkan kualitas semua bahan bangunan yang akan digunakan dengan seksama. Untuk solusi tepat pada penjelasan diatas, anda bisa berkonsultasi dengan pihak kontruksi bangunan yang ahli di bidangnya. Salah satu solusi yang tepat adalah konsultasi dengan CDI. Silahkan hubungi kami untuk menangani hal-hal yang tidak diinginkan pada proyek pengecoran anda ketika melakukan pengecoran. Tim kami siap survey dan memberikan saran terbaik untuk cor bangunan anda.