Mengenal Istilah Istilah Pada Konstruksi Beton

5338 Dilihat

Mengenal Istilah Istilah Pada Konstruksi Beton | Mitra CDI dimana saja berada. Struktur konstruksi beton ialah salah satu unsur yang sangat penting pada pembangunan gedung atau pendirian bangunan lainnya. Bagi Anda yang berencana melakukan pembangunan atau renovasi bangunan dalam waktu dekat ini, penting untuk Anda mengetahui istilah-istilah yang umum digunakan pada struktur  konstruksi beton. Berikut ini adalah ulasannya.

Peralatan Umum Pada Struktur Beton
Peralatan Umum Pada Struktur Beton

Baca Juga : Beberapa Masalah Saat Pengecoran yg Sering Terjadi

  • Daftar Istilah Istilah Pada Struktur Beton

  1. Acuan – Disebut juga bekisting adalah alat pembentuk atau pencetak beton sesuai dengan posisi, rupa, bentuk, serta ukuran yang dikehendaki.
  2. Agregat – Agregat adalah material granular yaitu kerak tungku besi, batu pecah, kerikil, dan pasir yang dicampurkan dengan media pengikat untuk membentuk adukan atau beton semen hidraulik.
  3. Adukan – Campuran antara semen Portland dan agregat halus serta air.
  4. Angker – Manfaat angker adalah untuk mengikat suatu sambungan pada beton pracetak.
  5. Bahan tambahan – Inilah bahan pencampur adukan beton yang berupa cairan atau bubuk. Tujuan penambahan bahan ini adalah untuk mengubah sifat beton.
  6. Beton – Beton merupakan hasil pencampuran antara semen hidraulik, semen Portland, agregat halus, kasar, dan air tanpa atau dengan bahan tambahan untuk memadatkan masanya.
  7. Berat jenis – Berat jenis merupakan perbandingan antara berat serta volume suatu bahan, misalnya beton.
  8. CGS – Inilah standar internasional terkecil dalam ukuran sentimeter atau metric.
  9. Dowel – Dowel adalah material penghubung antara dua komponen struktur.
  10. Deking – Yang dimaksud deking adalah beton tahun yang digunakan sebagai patokan ketebalan beton.
  11. Faktor air semen (FAS) – FAS adalah perbandingan antara jumlah air dan semen pata beton.
  12. Konstruksi batu – Definisi dari konstruksi batu adalah  pasangan batu yang berguna sebagai elemen konstruksi sehingga sanggup menahan beban tekanan hingga > 100 kg/cm2.
  13. Konstruksi beton – Artinya adalah beton yang berfungsi sebagai elemen konstruksi.
  14. Kabel – Kabel sering juga disebut tendon dan merupakan susunan material yang berfungsi sebagai media penarikan pada beton pratekan.
  15. Mks – Inilah standar internasional paling besar dalam ukuran metric (meter).
  16. Perancah – Perancah atau scaffolding adalah sebuah kerangka atau struktur yang berguna sebagai sarana untuk melakukan pekerjaan pada ketinggian tertentu serta sebagai penyangga acuan beton. Dengan demikian akan posisi yang telah ditentukan tak berubah dari posisi acuan.
  17. Sengkang – Sengkang adalah tulangan yang berguna untuk menahan tegangan geser serta torsi dalam komponen struktur. Sengkang terbuat dari kawat baja atau jaring kawat baja las deform atau polos, dan batang tulangan.
  18. Segregasi – Inilah pengelompokan agregat yang sejenis pada adukan beton dengan pemisahan antara agregat kasar dan halus.
  19. Tulangan –  Bentuk dari tulangan adalah batang baja dengan bentuk polos atau defon, atau bisa pula pipa yang berguna untuk menahan gaya tarik pada komponen struktur. Ini tak termasuk tendon prategang kecuali bila diikutsertakan secara khusus.
  • Pentingkah Mengetahui Istilah Pada Struktur Beton ?

Banyak orang yang hendak membangun rumah atau bangunan lainnya, tidak mau tahu istilah istilah penting yang terkait dengan konstruksi. Sebabnya tiada lain karena mereka menganggap ilmu tehnik sipil itu hanya cukup diketahui oleh para arsitektur saja ditambah lagi sudah banyaknya rumah atau bangunan lain yang siap pakai jadi tidak ada alasan mendesak untuk mempelajarinya. Padahal kalau kita jeli melihat sikon, mengetahui ilmu tehnik sipil atau paling tidak istilah umum pada struktur beton, dapat menghemat biaya pembangunan atau renovasi nantinya. Kenapa demikian..?, ya karena kita bisa memilah dan memilih mana yang terbaik dari segi harga atau kulitas untuk bangunan kita. Jangan sampe kita menyerahkan sepenuhnya ke pihak pemborong atau developer karena dikemudian hari ketika ada masalah anda akan kerepotan menyelesaikannya. Saran kami, pelajarilah ilmu tehnik sipil meski hanya mengetahui istilah istilah umum pada struktur beton.

Baca Juga : Cara Tepat Memilih Tukang Bangunan Profesional

Nah, demikianlah artikel dari daftar Istilah Istilah Umum Pada Struktur Beton yang sering kita jumpai pada pekerjaan rumah, ruko, jalan dan bangunan jenis lainnya.