Macam macam Pasir Gunung dan Sungai

5939 Dilihat

Macam macam Pasir Gunung dan Sungai | Mitra CDI yang berbahagia. Mungkin diantara anda semua ada yang sedang mencari atau meneliti perbedaan dari berbagai Jenis Pasir Gunung dan Sungai, sebagai bahan pertimbangan untuk proyek yang sedang anda rencanakan. Bila berbicara tentang memilih jenis pasir, sangatlah banyak jenisnya mitra, kami yakin anda akan pusing memilihnya. Namun untuk pasir yang berada di daratan sendiri dapat di kelompokan menjadi 2 jenis, yaitu Jenis Pasir Gunung dan Sungai. Dengan mengelompokannya menjadi dua Jenis Pasir Gunung dan Sungai ini akan mempermudah anda dalam meilih jenis mana yang cocok anda gunakan nantinya. Berikut penjelasan dari setiap jenisnya, silahkan disimak.

Baca Juga : Jenis Pasir Laut dan Darat

tambang pasir gunung
tambang pasir gunung
  • Spesifikasi Pasir Gunung

Jenis yang pertama yang akan kami jelaskan dari Pasir Gunung dan Sungai adalah Pasir Gunung terlebih dahulu. Jenis pasir ini banyak terdapat di indonesia khususnya pulau jawa dan sumatra, yang ditambang dari sisa letusan gunung merapi dan endapan debu vulkanik. Pasir gunung jenis ini umumnya berwarna hitam pekat dengan karakter fisik yang keras dan kasar, sangat baik untuk pengecoran dan pasang batu pondasi karena kandungan lumpurnya yang minim. Pasir Gunung jenis lain yang ditambang dari selain gunung merapi juga banyak, namun pada umumnya memiliki kadar lumpur yang masih tinggi, sehingga harus dicuci dahulu untuk menghilangkan clay atau lumpurnya.

Lokasi penambangan pasir gunung yang kami ketahui diantaranya; berada di Tasikmalaya dengan pasir galunggungnya, Sukabumi dengan pasir cimangkoknya, Cianjur dengan pasir jebrodnya, Subang dengan pasir cimalakanya, Bogor dengan pasir cicangkalnya, Jonggol dengan pasir hitamnya, Rangkas bitung dengan pasir rangkasnya, Cilegon dengan pasir cilegonnya, Yogyakarta dengan pasir merapinya, Kediri dengan pasir gunung keludnya, Paring sewu lampung dengan pasir gunung sugihnya, dan pasir gunung lainnya yang kami tidak dapat menyebutkan satu persatu.

Baca Juga : Cara Membedakan Pasir Asli dan Oplosan

  • Spesifikasi Pasir Sungai

Selain di gunung, sumber pasir di indonesia juga terdapat di sungai-sungai yang sangat melimpah ruah di ribuan sungai yang berada di pulau jawa, sumatra, kalimantan dan lainnya. Kalau dibandingkan antara pasir gunung dan sungai, secara kualitas lebih baik pasir sungai, karena pasir yang ditambang dari dasar sungai sudah tercuci langsung dan pasti terbebas dari lumpur dan kotoran lainnya. Bagusnya lagi pasir sungai ini lebih bersih dan halus. Beberapa lokasi penambangan pasir sungai di indonesia yang kami ketahui diantaranya: Pasri sungai musi yang berada di sumatra, Pasir sungai pontianak yang berada di kalbar, Pasir Pulang pisau, Pasir sungai kahayan kalimantan tengah, Pasir sungai cimanuk jawa barat, Pasir sungai serayu banyu mas jawa tengah, Pasir sungai brantas jawa timur dan pasir sungai lainnya.

tambang pasir sungai
  • Kelebihan dan Kekurangan Pasir Gunung dan Sungai

Untuk memudahkan anda membandingkan dan memilih mana yang terbaik dari pasir gunung dan sungai, berikut kami susun perbandingan keduanya.

Kelebihan pasir gunung dari pasir sungai

  1. Penambangnnya yang mudah karena tidak pelu mesin sedot.
  2. Stoknya tersedia dimana mana hampir disemua toko material ada.
  3. harganya lebih murah dan cocok untuk semua adukan, baik pasang, cor juga plester.

Kekurangan pasir gunung dari pasir sungai

  1. Kandungan lumpurnya lebih tinggi dan harus dicuci untuk meminimalisirnya.
  2. Perlu beberapa kali pengayakan.
  3. Penggunaan semen lebih banyak (untuk pasir yang belum dicuci).

Kelebihan pasir sungai dibanding pasir gunung

  1. Lebih halus dan bersih cukup satu kali ayakan.
  2. Kandungan lumpur lebih rendah karena otomatis tercuci.
  3. Lebih hemat semen

Kekurangan pasir sungai dibanding pasir gunung

  1. Proses penambangan yang sulit karena harus disedot dan terancam banjir.
  2. Stoknya sulit di dapat di material-material terdekat.
  3. Harganya lebih mahal karen kualitasnya yang lebih unggul.

Baca Juga : Perbandingan Upah Borongan dan Harian

Itulah mitra sedikit penjelasan dari kami tentang jenis pasir gunung dan sungai, semoga bermanfaat untuk mitra semua. Kesimpulan dari kami, pada dasarnya antara pasir gunung dan sungai memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan dan itu bisa berbeda tergantung keadaan dan lokasi pemakainya. Apabila posisi proyek anda berdekatan dengan quarry pasir gunung, tentunya pasir gunung yang terbaik anda pilih karena dapat menekan biaya pengangkutan dan begitu juga sebaliknya dengan pasir sungai akan lebih ekonomis jika quarrynya lebih dekat dengan proyek anda.

“Kami persilahkan anda untuk melihat beberapa jenis pasir yang kami jual dalam sekala kecil dan besar, dengan mengunjungi halaman Material Alam. Semoga menjadi referensi terbaik untuk anda.”

Exit mobile version