Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding

10908 Dilihat

Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding | Mitra CDI dimana saja berada. Membangun rumah dengan bahan material yang berkualitas sudah pasti menjadi dambaan kita semua. Namun untuk mencapai itu semua perlu waktu dan pengalaman yang tidak sedikit, contoh kecilnya saja adalah penggunaan pasir sebagai material terpenting dalam membangun rumah, bahwa pasir ini tidak hanya memiliki satu jenis saja tetapi banyak jenisnya yang memiliki masing-masing fungsi berbeda, misalkan Pasir Hitam Cor yang diprioritaskan  khusus untuk pengecoran karena sifatnya yang keras, kasar dan kuat.

Baca Juga : Jenis Pasir yang Baik untuk Pengecoran

  • 5 Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding

Nah sesuai dengan judul  artikel ini Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding, kami sekarang akan mengulas beberapa jenis pasir yang baik untuk diaplikasikan pada plester dinding rumah atau gedung. Berikut ulasannya.

  • Pasir Putih Bangka

Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding
Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding

Jenis Pasir pertama dari  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding adalah Pasir putih bangka. Pasir Putih Bangka ini berasal dari pulau bangka yang memiliki textur lembut dan berwarana putih bersih. Jenis pasir ini adalah jenis pasir yang paling direkomendasikan untuk plester dinding rumah, gedung atau yang lainnya, selain dari texturnya yang lembut pasir ini juga sangat gampang dalam pengaplikasiannya, tidak boros semen dan tidak perlu diayak lagi. Kelebihannya: tidak ada yang kebuang, tidak perlu ayak, hemat waktu dan biaya.

Baca: Daftar Harga Pasir Putih Bangka

  • Pasir Putih Lampung

Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding
Pasir lampung

Jenis pasir kedua dari  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding yang cocok untuk plester dinding adalah Pasir Putih Lampung sebagai alternatif kedua jika tidak cukup budget untuk membeli pasir putih bangka. Meskipun tidak seputih pasir bangka, namun Pasir Putih Lampung ini adalah pasir paling banyak diminati untuk plester dinding, selain texturnya yang lembut seperti Pasir Putih Bangka, harganyapun lebih murah dari Pasir Putih Bangka. Selain warna putih kekuningan, pasir lampung juga ada yang berwarna coklat.

Baca: Daftar Harga Pasir Putih Lampung

  • Pasir Putih Rangkas

Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding
Pasir rangkas

Jenis pasir ketiga dari  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding adalah Pasir Putih Rangkas yang ditambang dari Rangkas Bitung Banten. Dengan ciri khas warnanya yang putih agak keabuan seta texturenya yang tidak terlalu kasar sangat cocok sekali untuk plester dinding rumah, gedung dan lainnya. Tidak seperti dua jenis pasir diatas, pasir Putih Rangkas ini perlu di ayak halus dulu untuk pengaplikasiannya lalu dicampur dengan semen dan dibasahi air.

Baca: Daftar Harga Pasir Putih Rangkas

  • Pasir Coklat Belitung

Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding
Coklat belitung

Jenis pasir ke empat dari  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding ini saya rekomendasikan bagi anda yang tidak mempunyai cukup budget untuk membeli ketiga jenis pasir putih diatas. Bagusnya Pasir Coklat Belitung ini sifatnya sama seperti ketiga pasir putih diatas yaitu halus dan tidak perlu diayak hanya saja warnanya yang kecoklatan sesuai dengan namanya Pasir Coklat Belitung yang kami datangkan dari pulau bangka belitung.

  • Pasir Mundu

Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding
Pasir mundu

Jenis Pasir terakhir yang kami rekomendasikan untuk plester dinding adalah Pasir Mundu. Janis Pasir ini adalah jenis pasir yang banyak dijual di toko-toko bangunan, warnanya hitam agak kecoklatan dan teksturenya agak sedikit kasar. Tidak seperti Pasir Putih Bangka dan Pasir Putih Lampung, Pasir Mundu ini harus di ayak (disaring) terlebih dahulu sebelum dibuat adukan. Harganya yang murah membuat Pasir Mundu ini paling laku dijual dan paling banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Baca: Daftar Harga Pasir Mundu

  • Cara Membuat Adukan untuk Plester Dinding

  1. Siapkan tempat khusus untuk proses pengadukan, bisa terbuat dari papan atau bahan lainnya dan usahakan terbebas dari pencampuran tanah langsung agar mutu adukan terjaga kualitasnya.
  2. Jika Jneis Pasir yang akan digunakan adalah Pasir Mundu, sebaiknya disaring terlebih dahulu. Namun jika hendak memakai Pasir Putih baik bangka, lampung ataupun rangkas tidak perlu disaring lagi.
  3. Takar Pasir dengan wadah apa saja yang berukuran sama, boleh dengan ember atau yang lainnya agar mudah dalam menentukan takaran semen nantinya.
  4. Campurkan semen dengan pasir yang sudah berada ditempat pengadukan hingga benar-benar rata. Dengan perbandingan 5 takaran pasir = 1 takaran semen atau 4 takaran pasir =  1 takaran semen.
  5. Setelah campuran pasir dan semen benar-benar rata, basahi dengan air secara perlahan hingga adukan kalis, tidak terlalu encer dan kental.

Itulah mitra beberapa  Jenis Pasir yang Baik untuk Plester Dinding dan cara pengadukannya. Jika anda membutuhkan ke empat jenis pasir Putih Bangka, Putih Lampung, Putih Rangkas dan Mundu yang kami rekomendasikan untuk plester dinding diatas, anda bisa langsung memesannya dari kami via tlp 0857 7678 6091 (Bpk Maman). Kami akan memberikan harga terbaik untuk anda dan bebas biaya kirim serta cara pembayaran cash setelah pasir tiba diproyek anda.