Inilah Kegunaan Pasir Silika /Silica

1433 Dilihat

Inilah Kegunaan Pasir Silika | Mitra CDI. Pasir memang memiliki jenis dan kegunaan yang beragam. Rata-rata material halus ini digunakan sebagai campuran bahan bangunan. Tidak sulit untuk mendapatkan butiran halus ini. Hanya saja, bagi sebagian orang tidak mudah untuk mengolahnya. Kerusakan alam pun sering terjadi akibat ulah penambang liar yang ingin mendapatkan material dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan kerusakan pada alam. Tidak semua material halus ini ditujukan untuk membuat bangunan. Bagi tangan-tangan yang terampil, butiran ini dapat diubah menjadi sesuatu yang lebih indah dan bernilai jual tinggi.

salahsatu foto stock pasir silika kami
salahsatu foto stock pasir silika kami
  • Pengertian Pasir Silika

Salah satu jenis material yang mudah untuk didapat dan memiliki banyak kegunaan adalah pasir silika atau yang bisa disebut dengan kuarsa. Butiran ini berasal dari erosi batu-batuan dan juga material alam lain yang mengalami pengikisan. Memiliki warna putih kekuningan, putih kemerahan, putih kecoklatan dan butirannya mirip kristal. Material ini terkristalisasi dan dapat ditemukan di hampir seluruh dataran Indonesia namun penghasil terbesar adalah daerah Sumatera, Kalimantan, dan Bangka belitung. Kualitasnya dikenal sangat baik dan berkualitas hingga material ini paling dicari untuk berbagai kebutuhan.

Baca Juga : Pasir Untuk Hamparan Taman Bermain

  • Manfaat /Kegunaan Pasir Silika

Seiring dengan mudahnya bahan baku ini didapat, dan warnanya yang sangat indah, banyak sekali benda yang dapat dibuat dengan banyaknya kegunaan pasir ini. Tergolong merupakan salah satu material yang multifungsi karena kegunaanya yang beragam.

Inilah Kegunaan Pasir Silika /Silica

Berikut manfaat /kegunaan pasir silika diantaranya:

  • Bahan pembuatan kaca

Salah satu manfaat/ kegunaan pasir silika adalah sebagai bahan pembuatan kaca. Hal ini merupakan pengembangan teknologi yang menggunakan silika sebagai bahan baku yang diolah dengan canggih sampai akhirnya membentuk kaca. Kaca yang dihasilkan menggunakan silika rata-rata berkualitas baik.

  • Pembuatan keramik

Industri keramik adalah tempat yang sering menggunakan pasir silika sebagai bahan baku pembuatan keramik. Keramik yang dihasilkan pun sangat berkilau dan mengkilap karena silika sendiri mengalami proses pengkristalisasi sehingga cocok untuk pembuatan keramik.

  • Pembuat Filter Air

Dengan menggunakan campuran pasir silika dan tawas, maka air yang keruh pun menjadi jernih karena silika salah satu bahan pembuatannya. Filter air yang sering dijumpai di swalayan menggunakan silika sebagai pembuat filter.

  • Kepentingan Sandblasting

Sandblasting merupakan penyemprotan pasir silika terhadap media tertentu untuk suatu kepentingan. Sebagai contoh pasir silika digunakan di dunia industri untuk menghilangkan karat pada logam atau metal.

  • Bahan Tambahan Cor untuk Bangunan

Pasir silika juga merupakan campuran tambahan dalam pembuatan beton dengan memasukkannya bersama dengan kerikil. Campuran beton yang menggunakan pasir silika dinilai lebih kuat dalam membentuk sebuah adonan cor terlebih untuk pondasi bangunan.

“Kami juga memasok pasir silika dengan kandungan silica hingga 99.90 % dalam jumlah besar dan tidak terbatas dengan harga termurah dari tambangnnya langsung. Jika anda berminat silahkan hubungi kami via tlpn 0857 7678 6091 atau 0813 8050 0660

Baca Juga : Jenis Jenis Pasir Yang Baik untuk Pengecoran

Begitu banyak manfaat atau kegunaan pasir khususnya silika yang dapat diolah menjadi barang-barang yang lebih berguna dan mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi. Keberadaan silika pun harus dilestarikan mengingat banyak sekali orang mencarinya untuk berbagai kepentingan khususnya di bidang industri supaya alam dapat memperbaharuinya guna memenuhi kebutuhan manusia. Terima kasih atas kunjungannya.