Jenis Kotoran Ayam Untuk Pupuk Tanaman

1678 Dilihat

Kotoran Ayam Untuk Pupuk Tanaman | Mitra CDI. Jika anda adalah seorang pengolah tanaman atau petani, keberadaan pupuk dalam pekerjaan anda adalah sesuatu yang wajib adanya. Meskipun bumi pertiwi ini adalah bumi yang subur makmur akan tetapi untuk menstabilkan proses pertumbuhan tanaman harus tetap dibantu dengan pupuk, terutama pupuk organik yang tidak akan merusak lingkungan atau kesuburan tanah, seperti pupuk kotoran ayam yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Kenapa harus kotoran ayam….?!, ya, jawabannya karena jenis pupuk yang satu ini adalah jenis pupuk yang mudah didapat dan sangat murah harganya.

Kotoran Ayam Untuk Pupuk Tanaman
Kotoran Ayam Untuk Pupuk Tanaman

Takaran pupuk untuk setiap jenis tanah berbeda tergantung pada tingkat kesuburan tanah tersebut dan salah satu ciri tanah yang subur itu adalah memiliki kandungan unsur hara yang seimbang serta pemasokan air dan udara yang seimbang pula. Menurut sifatnya kesuburan tanah dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kesuburan tanah alamiah (bawaan tanah tersebut) dan kesuburan tanah intervensi teknologi (mengoptimalkan kesuburan tanah potensial dengan pupuk dll). Jika tingkat kesuburan tanah yang akan dijadikan media tanaman termasuk ke dalam kategori yang kedua, maka anda harus membantu kesuburannya dengan pupuk terbaik yang ramah lingkungan. Sesuai dengan judul artikel ini kami ajak anda untuk menggunakan pupuk kotoran ayam atau kotay sebagai pupuk organik yang mudah didapat dan murah harganya. Lebih rincinya silahkan lihat pemaparan kami berikut ini.

  • Kelebihan Pupuk Tanaman Kotoran Ayam

Kotay atau Kotoran ayam ini memeiliki nilai plus jika dibandingkan dengan jenis pupuk tanaman yang lain, diantara kelebihannya itu adalah:

  1. Kotoran ayam memiliki kandungan fosfor, kalium dan nitogen yang tinggi. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tanah dan tanaman.
  2. Alami dan terbebas dari unsur kimia yang merusak tanah juga hasil tanaman.
  3. Dapat menjaga kelembaban akar tanaman sehingga proses pertumbuhan tanaman menjadi stabil dan tahan hama.
  4. Menyuburkan dan memperbaiki kualitas tanah juga tidak menimbulkan efek buruk dikemudian hari.
  5. Pasokan mudah didapat dan dapat dikombinasikan dengan jenis pupuk kompos yang lain.
  6. Tidak berbau busuk dan tidak mencemari lingkungan.
  • Beberapa Manfaat Kotoran Ayam

Kotoran ayam ini manfaatnya tidak hanya untuk pupuk tanaman saja, melainkan ada beberapa usaha lain yang mengunakan kotoran ayam sebagai penunjangnya. Diantara beberapa manfaat tersebut adalah.

  1. Sebagai Campuran Pembuatan Pupuk Bokashi.
  2. Pakanan ternak ikan lele.
  3. Menggemburkan tanah liat.
  4. Penghasil Bahan Bakar Gas Bio.
  • Cara Membuat Pupuk dengan Kotoran Ayam & Sekam

Setelah anda mengenal sifat dan manfaat dari kotoran ayam ini, kini saatnya anda ber eksperimen membuat pupuk tanaman sendiri menggunakan bahan dasar kotoran ayam dan sekam padi, mudah mudahan tutorial ini dapat membantu anda menghemat biaya dalam bercocok tanam. Berikut langkah langkah pengolahannya.

  1. Menyediakan Bahan-bahan Berikut ini: Sekam Padi yang sudah digiling 200 kg, Dedak 10 kg, Pupuk Organik Cair (MBio) 15 ml, Gula Merah 12 kg, Kotoran Ayam 200 kg, Air Secukupnya.
  2. Pupuk Organik MBio dicampur dengan Gula Merah dan Air dan diamkan selama ±12 jam.
  3. Sekam giling, Dedak dan Kotoran Ayam Dicampur hingga merata diatas ubin yang kering.
  4. Siramkan Adonan No. 2 ke Adonan No. 3 hingga merata dan lembab (tidak terlalu basah).
  5. Tutup Adonan dengan karung goni atau yang sejenis selama 4 s/d 5 hari.
  6. Adonan di aduk aduk setiap 5 jam sekali dan setelah 5 hari pupuk siap digunakan.

Itulah mitra pemaparan dari kami tentang pemanfaatan Kotoran Ayam Untuk Pupuk Tanaman, jika anda bingung mencari Pemasok Sekam Padi dan Kotoran Ayam Berkualitas dengan harga yang murah anda dapat menghubungi kami langsung via Email /Telepon website ini atau anda bisa mengunjungi halaman HARGA JUAL SEKAM PADI & KOTORAN AYAM TERBARU untuk memperbandingkan harganya.