5 Syarat Penting Konstruksi Bangunan

1398 Dilihat

5 Syarat Penting Konstruksi Bangunan | Mitra CDI. Konstruksi bangunan dibuat sebagai sarana dan prasarana berbagai kebutuhan manusia sehingga dalam pembangunannya pun, banyak aspek penting yang perlu diperhatikan untuk kesempurnaan sebuah bangunan. Selain itu, sebuah bangunan juga dapat bersifat penambahan atau perubahan dari sesuatu yang telah ada yang digunakan untuk kepentingan atau tujuan tertentu. Pembangunan sebuah konstruksi biasanya dikerjakan lebih dari satu orang. Semakin besar sebuah bangunan, maka semakin banyak pula orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya dalam waktu yang sudah ditetapkan. Keselamatan para pekerja proyek juga harus menjadi prioritas utama karena sebenarnya bangunan itu sendiri merupakan hasil karya manusia.

konstruksi bangunan dasar
konstruksi bangunan dasar
  • Pengelompokkan Konstruksi Bangunan

Bangunan dibentuk dengan tujuan tertentu dari pihak-pihak yang terkait. Di dunia modern dan dinamis ini, semakin banyak gedung yang terlihat di sekitar kota atau daerah dengan berbagai fungsi yang ditujukan untuk kepentingan orang banyak. Fungsi bangunan itu sendiri masuk ke dalam beberapa kelompok konstruksi seperti bangunan gedung, transportasi, air, dan khusus. Bangunan gedung dapat berupa hotel, rumah sakit, rumah, kantor dan sebagainya. Contoh dari bangunan transportasi adalah jalan, jembatan, pelabuhan dan sarana lainnya. Saluran irigasi dan gorong-gorong dapat dikategorikan sebagai kelompok bangunan air. Sedangkan menara jaringan listrik, pemancar radio dan televisi merupakan jenis bangunan khusus.

Baca Juga : Teknis /Sistem Pengerjaan Konstruksi Banguan DISINI

  • Syarat Penting Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan dibuat untuk manusia dalam membangun sebuah peradaban. Semakin mewah dan megah sebuah bangunan, maka peradaban manusia  itu sendiri akan semakin maju.

Berikut ini adalah lima syarat umum dalam sebuah bangunan diantaranya:

  • Kuat dan Awet

Pengertian dari kuat dan awet ini adalah sebuah bangunan harus kokoh atau dalam artian tidak mudah rusak sehingga dapat menghemat biaya perbaikan. Penopang-penopangnya harus kokoh agar bangunan dapat berdiri dalam waktu yang lama.

  • Fungsional

Memiliki pengertian bahwa sebuah bangunan didirikan sesuai dengan kegunaanya. Hal ini juga termasuk dalam bentuk, ukuran, dan organisasi ruang yang benar-benar dibangun sesuai dengan kebutuhan si penggunanya.

  • Indah

Sebuah bangunan dikatakan indah apabila sedap dipandang mata. Bangunan-bangunan dengan arsitektur dan interior indah akan mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat yang melihat. Semakin unik sebuah arsitektur, maka semakin tinggi pula nilai estetikanya.

  • Higienis

Higienis disini bukan hanya tentang kebersihan dari bangunan tersebut, namun higienis disini apabila sebuah bangunan memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang cukup supaya penghuninya akan merasa nyaman dan sehat.

  • Ekonomis

Artinya tidak ada pemborosan berlebih ketika pembangunan sebuah konstruksi berjalan, sehingga biaya menjadi efektif dan efisien, pas sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.

Jika anda membutuhkan berbagai jenis material seperti, pasir, batu belah, batu split, bata merah, hebel dll; anda bisa menghubungi kami via tlp dan email web ini. Harga jual kami semua bisa Nego plus bebas biaya kirim (free ongkir) & penurunan dengan sistem pembayaran COD. Silahkan klik Daftar Harga Material Alam untuk mengetahui harga jualnya.

Dengan demikian, setelah mengetahui tentang unsur dan syarat penting dalam sebuah konstruksi bangunan, diharapkan bagi para konstruktor yang ingin mendirikan agar lebih memperhatikan unsur tersebut dan mengaplikasikannya secara nyata. Sebuah bangunan sendiri dikatakan baik apabila ramah lingkungan dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat yang berada di sekitar bangunan tersebut sehingga dapat meminimalisir resiko dari pembangunan tersebut. Terima kasih telah mengunjungi web kami.