Macam-Macam Jenis Batako Dan Harganya

2978 Dilihat

Macam-Macam Jenis Batako Dan Harganya | Mitra CDI dimana saja berada. Selain batu bata, bata ekspos, batu alam, dan lain sebagainya, penggunaan batako dalam proses pembangunan juga masih cukup populer di tanah air. Dengan demikian sebaiknya Anda menambah wawasan tentang jenis-jenis batako, terutama bagi anda yang saat ini sedang merencanakan membuat rumah impian Anda.

Jenis batako Hitam
Jenis batako Hitam
  • Jenis-jenis Batako Serta Harganya

Pada umumnya batako dibedakan menjadi dua jenis yaitu batako press dan batako putih. Batako putih disebut juga sebagai batako tras yang mempunyai ukuran panjang 25 cm – 30 cm, tinggi 14 cm – 18 cm, serta tebal 8 cm – 10 cm. Berikut Penjelasan singkat terkait kedua jenis batako tersebut.

Batako Putih /Tras

Jenis batako putih ini diolah dari beberapa bahan baku yaitu; batu kapur, tras, serta air yang diaduk menjadi satu, dicetak pada cetakan batako sesuai ukuran, kemudia dikeringkan hingga mengeras. Bahan tras sesungguhnya adalah jenis tanah yang berwarna putih atau kecoklatan yang asalnya adalah pelapukan batu-batu gunung atau disebut juga dengan pasir cadas.

Anda bisa menemukan material ini pada daerah-daerah yang tanahnya tinggi kandungan kapurnya, misalnya wilayah sepanjang pantai utara pulau Jawa. Untuk membangun dinding seluas 1 m² kira-kira dibutuhkan batako putih sebanyak 20 hingga 25 buah. Untuk harga batako putih ini di pasaran adalah sekitar Rp. 900,-. Keunggulan dari material ini adalah dapat dipasang dengan lebih cepat serta harganya relatif terjangkau.

Jenis batako putih

Tetapi ada beberapa kelemahan dari bahan batako tras ini yang juga harus Anda pertimbangkan, yaitu; lebih rapuh sehingga mudah pecah, dinding dari batako putih gampak retak, tembok menjadi mudah lembab dan lumutan karena batako putih lebih gampang menyerap air. Terakhir, bila ingin menggunakan bahan ini untuk hunian Anda berarti harus digunakan rangka beton pengaku lebih banyak.

Lihat Juga : Daftar Harga Material Alam Terlengkap

Batako Hitam Press

Jenis yang kedua adalah batako hitam press yang mempunyai ukuran; panjang 36 cm – 40 cm, tebal 8 cm – 10 cm, serta tinggi 18 cm – 20 cm. Batako press ini dibuat dari pasir atau abu batu serta semen PC yang kemudian dipress menggunakan tangan secara manual atau bisa juga menggunakan mesin press. Perbedaan dari kedua proses tersebut adalah pada kepadatan batako press yang lebih tinggi daripada proses press manual.

Keunggulan dari jenis batako hitam press adalah; lebih kedap air sehingga meminimalkan rembesan air, ukuran material yang lebih besar akan mempercepat pembangunan dinding, tak dibutuhkan rangka beton pengaku sebanyak pada pemasangan batako putih, penggunaan pasir plester, semen aci, serta spesi bisa lebih menghemat karena ukuran material tersebut lebih seragam dan presisi, dan ketersediaan material batako press lebih terjamin mengingat pembuatannya tak dipengaruhi oleh musim.

Baca Juga : Perbandingan Bata Merah, Hebel & Batako

Dari segi harga, batako hitam press memang lebih mahal dari batako putih, yaitu sekitar Rp. 2.500,- per buah. Di samping beberapa keunggulannya, batako hitam press ternyata juga mempunyai beberapa kelemahan yaitu; harganya yang lebih mahal,  mudah terjadi keretakan dinding yang disebut retak rambut, dan kualitas insulasi suara serta panas tak sebaik pada dinding batu bata. Nah, semoga ulasan Macam-Macam Jenis Batako Dan Harganya tersebut bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari alternative terbaik jenis material untuk dinding.

Exit mobile version