Cara Membuat Adukan Plesteran Sendiri

3431 Dilihat

Cara Membuat Adukan Plesteran Sendiri | Mitra CDI. Umumnya, ketika sedang membangun atau melakukan renovasi rumah, banyak orang memilih membuat adukan sendiri yang nantinya digunakan untuk plesteran lantai dan dinding. Yang dimaksud membuat adukan sendiri di sini adalah tidak memasrahkan adukan plesternya kepada tukang yang dianggap sudah berpengalaman. Tetapi membuatnya sendiri atau mengatur komposisi adukannya sendiri.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan tukang bangunan membuat adukan plesteran itu hanya berdasarkan pengalaman mereka selama menjadi tukang. Jadi, tidak dengan hitungan sistematis yang tepat, hanya berdasarkan kira-kira saja. Tentunya tidak semua orang menghendaki demikian sehingga banyak yang mencari aturan baku tentang komposisi adukan plesteran yang baik dan benar.

Membuat Adukan Plesteran Sendiri
Membuat Adukan Plesteran Sendiri
  • Kualitas Adukan Plesteran Buatan Sendiri

Pada kenyataannya, walau sudah berpengalaman membuat adukan bangunan, hal tersebut tidak bisa dijadikan landasan tentang kualitas dari adukan tersebut. Bahkan, tidak jarang jika hasil adukan tidak selalu mulus dan memuaskan. Sehingga kualitas konstruksi bangunan juga tidak sesuai dengan standar cepat retak dll. Bahkan, jika ditelusuri lebih jauh, tukang yang membuat adukan ini sebenarnya tidak memiliki ilmu yang sesuai dengan bidangnya secara benar karena mereka hanya mengandalkan perkiraan semata.

Biasanya, untuk membuat adukan plesteran lantai dan dinding ini dilakukan secara manual dengan hanya mencampurkan beberapa material seperti; semen, pasir dan air. Dalam mencampur bahan-bahan ini, mereka tidak bisa menentukan kualitas adukan dengan memperhatikan komposisi atau jumlah tiap material di atas. Artinya, hasil dari adukan plesteran ini tidak bisa dijamin apakah memiliki kualitas yang tinggi dan sesuai dengan standar atau tidak.

Padahal, kekuatan sebuah konstruksi bangunan dilihat dari kualitas adukan itu sendiri, begitu juga jika akan membuat adukan plesteran lantai dan dinding. Untuk dinding dan lantai yang kuat, tentu dibutuhkan adukan plesteran yang berkualitas. Namun, jika hanya menggunakan ilmu perkiraan para tukang, kualitas yang tinggi tidak bisa dipastikan yang berakibat kekokohan bangunan juga dipertanyakan.

Ini karena dalam membuat adukan ini tukang hanya mengandalkan perkiraan perbandingan yang sudah mereka sering lakukan. Sebagai contoh, untuk menghasilkan kualitas adukan yang kuat, mereka hanya membuat perbandingan seperti semen 1, maka pasir 5 atau untuk lebih kuat, semen 1, pasir 3. Jadi, jika semen 1 ember, maka pasir 5 ember dan air 3 ember. Sayangnya, dalam membuat perbandingan ini hasilnya tidak bisa selalu dipastikan.

Baca Juga : Jenis-jenis Pasir Untuk Plesteran

  • Cara Membuat Adukan Plesteran Yang Baik dan Benar

Apabila anda bingung menentukan komposisi adukan plesteran yang baik dan benar, berikut kami uraikan tata cara pembuatannya, silahkan disimak.

  1. Siapkan tempat bersih untuk mengaduk dan cangkul yang terbebas dari tanah atau lumpur. Tempat adukan bisa berupa alas papan, triplek atau ubin.
  2. Siapkan jenis pasir khusus plester. Karakter pasir plester biasanya halus, tidak berbatu dan ukuran butiran sama. Namun jika tidak adapun anda bisa membuatnya sendiri dengan mengayak halus pasir yang ada. Saran kami lebih baik anda menggunakan pasir khusus plester agar tidak kerja dua kali.
  3. Siapkan juga semen terbaik, air bersih dan wadah takaran, bisa berupa ember, bak plastik atau lainnya yang satu ukuran.
  4. Takaran yang kami sarankan adalah 5 pasir, 2 semen dan 3 air.
  5. Takar masing-masing dari ketiga jenis material tersebut. Yang pertama ditakar adalah pasir lalu tempatkan di tempat yang bersih tadi. Kemudian beri lobang diatas tumpukan pasir tersebut dan taruh semen yang sudah ditakar pada lobang tersebut.
  6. Campur kedua material pasir dan semen terlebih dahulu hingga rata, lalau buat lobang kembali ditengahnya sebagai tempat air. Setelah air disiramkan aduk secara perlahan di muali dari menarik pasir yang berada dipinggir ke tengah hingga air tertutup.
  7. Setelah rata adukan plesterannya, anda siap menggunakannya. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan  air setiap 20 menit sekali agar adukan tetap segar dan tidak cepat membatu.

Jadi, intinya membuat adukan plesteran untuk dinding, lantai dan lainnya termasuk membuat beton, anda bisa mengerjakannya sendiri. Selain untuk meminimalisir biaya tukang yang mahal, dari segi kualitas juga bisa dijamin. Berbeda ketika memesan adukan atau beton seperti beton ready mix dimana kualitasnya sudah terjamin bahkan mutunya bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Tentunya, dari segi waktu akan lebih efisien, waktu pengerjaan lebih cepat dan tenaga yang dibutuhkan juga lebih sedikit.