Cara Membuat Resapan Air Dengan Batu Kali

3668 Dilihat

Cara Membuat Resapan Air Dengan Batu Kali | Mitra CDI dimana saja anda berada. Meluasnya penggundulan hutan hutan lindung di beberapa wilayah menjadikan semakin berkuranganya resapan air ke sumber mata air, sehingga banyak kita lihat ketika kemarau tiba warga pedesaan yang dekat dengan hutan dan gunungpun kesulitan untuk mendapatkan air bersih, keadaan yang tidak semestinya terjadi di pedesaan.

Membuat Resapan Air Dengan Batu
Membuat Resapan Air Dengan Batu

Tidak dapat dielakkan lagi kebutuhan kita terhadap air bersih sangatlah tinggi setiap harinya dan tidak bisa kalau kita hanya mengandalkan jasa penjual air bersih saja karena ini bukan jalan keluar yang terbaik mitra, jalan terbaiknya adalah dengan membangun sumber-sumber resapan air di sekitar kita. Nah bagi anda yang sedang kesulitan air bersih, baiknya menyimak tips dari kami tentang Membuat Resapan Air Dengan Batu Kali, siapa tahu tips dari kami ini bermanfaat untuk lingkungan anda semua. Berikut langkah-langkahnya.

  • Menentukan Lokasi Sumur Resapan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih lokasi yang tepat untuk dijadikan sumur resapan air. Tidak sembarang tempat mitra, karena hanya kondisi dengan kriteria tanah tertentu saja yang bisa dijadikan area sumur resapan air. Kriteria tersebut adalah:

  1. Lokasi sumur harus berada pada lahan yang datar.
  2. Struktur tanah harus yang mempunyai sifat menyerap air (tanah hitam berpasir bukan tanah liat).
  3. Jangan membuat sumur resapan pada area tanah yang curam atau labil.
  4. Jauh dari tempat septic tank dan pembuangan sampah, jarak minimal 10 m.
  5. Kedalaman minimal 2 m atau galian sampai pada tanah berpasir.
  • Memilih Jenis Material Pengisi Sumur Resapan

Berikutnya adalah memilih jenis material pengisi sumur yang tepat untuk resapan air karena tidak semua jenis material bisa dijadikan sebagai resapan air. Kami sendiri merekomendasikan dengan batu  bronjol /batu kali pada bagian dasarnya. Jenis jenis materialnya sendiri adalah:

  1. Batu kali hitam belum terbelah (batu bronjol).
  2. Ukuran maksimal diameter 30cm.
  3. Bata Merah.
  4. Ijuk.
  5. Arang kayu.

Cara Membuat Resapan Air Dengan Batu Kali

Lihat juga : Harga Batu Bronjol Yang Kami Jual

  • Proses Pembuatan Sumur Resapan Air

Tahap ketiga setelah lokasi dan jenis material sudah siap adalah proses pembuatan sumur resapan air. Berikut tahapannya:

  1. Menyediakan tukang dan Alat gali tanah yang memadai, namun jika anda sudah ahli dalam pemugaran tanah bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan teman dan warga.
  2. Mengukur luas area yang akan digali, disarankan minimal 2 x 2m. Karena kalau terlalu sempit peroses penggalian tidak bisa dilakukan oleh banyak orang. Semakin besar diameter sumur resapan semakin baik karena akan semakin banyak menampung cadangan air.
  3. Galilah sumur hingga mencapai kedalaman minimal 2 m lebih bagus jika sampai tanah berpasir. Untuk bentuk sumur terserah anda mau persegi atau bulat.
  4. Bagian atas dinding sumur (± tinggi 1m) di pasangai Beton cetak yang banyak dijual di toko material atau dengan tembok biasa yang berfungsi sebagai penahan tutup sumur nantinya. Disarankan juga dinding sumur bagian atas berada 15 cm dibawah permukaan tanah yang bertujuan agar tutup sumur rata dengan permukaan tanah nantinya.
  5. Buat saluran untuk pipa jet pump dan untuk masuknya air hujan langsung dari atap rumah juga saluran pembuangan air berlebih dari sumur.
  6. Buat penutup sumur dengan coran atau membeli jadi beton cetak dari toko material sesuai dengan diameter lebar sumurnya.
  7. Masukkan ke dasar sumur batu bronjol, bata merah, ijuk dan aranga kayu.
  8. Tutup sumur resapan dan buat saluran air disekelilingnya agar air dari luar tidak masuk kedalam sumur.

Demikian mitra tips singkat dari kami perihal Membuat Resapan Air Dengan Batu Kali, semoga bermanfaat untuk mitra semua sebagai alternative ketika pasokan air bersih anda menipis dan sebagai tabungan air ketika musim kemarau tiba. Mari kita jaga sama sama kelestarian alam demi kehidupan yang lebih untuk kita dan anak cucu kita.