Cara Membuat Taman di atas Dak dengan Rumput Sintetis

2611 Dilihat

Cara Membuat Taman di atas Dak dengan Rumput Sintetis | Mitra CDI. Taman yang ada di atas bangunan rumah merupakan solusi yang tepat untuk sebuah rumah yang memiliki lahan yang sempit. Taman yang dibangun di atas rumah juga mempunyai beberapa keuntungan misalnya; mampu membuat rumah terlihat lebih segar dan asri, dan membuat ruang yang ada di bawahnya menjadi sejuk juga. Lalu bagaimana cara membuat taman di atas bangunan dak rumah supaya lebih menarik dan juga sesuai dengan harapan anda?. Ini lah tips dan triknya.

Contoh membuat taman diatas dak lantai atap
Contoh membuat taman diatas dak lantai atap
  • Tips Membuat Taman di Atas Bangunan

Berikut tips dari kami bagaimana cara membuat taman diatas bangunan rumah, ruko atau lainnya. Silahkan disimak baik-baik.

  • Tips Pertama

Sebaiknya atap yang anda gunakan untuk tempat membuat taman merupakan atap dari dak beton. Karena di samping lebih kuat secata struktur, atap datarnya juga membuat kita lebih bisa dengan mudah berkreasi. Hal yang perlu sekali untuk diperhatikan adalah supaya melapis atap itu dengan lapisan waterproof terlebih dahulu. Dan membuat instalasi saluran air bersih dan juga pembuangan sangat penting juga.

  • Tips Kedua

Tips yang selanjutnya adalah menentukan jenis taman dan desainnya. Kita dapat membuat desain taman yang kering di mana taman itu bersih, atau bisa juga taman yang basah di mana lebih hijau. Taman kering hanya memerlukan tanaman yang perlu sedikit air saja dengan pot-pot khusus, menatanya bisa dengan berjajar, atau anda bisa menyusunnya secara vertikal. Untuk pelapis lantai dak betonnya bisa menggunakan material kayu atau juga bisa bebatuan dan bisa menggunakan rumput sintetis. Sedangkan untuk taman basah, anda bisa melapisi atap dengan lapisan tanah dan bisa menaman beberapa rumput di atasnya dan juga tanaman-tanaman perdu. Maka dari itu perlu penambahan media tanam lainnya mulai dari lapisan tanah diatas dak beton, pagar yang bisa ditempati media tanam serta penambahan pot-pot.

  • Tips Ketiga

Tips yang ketiga adalah pemilihan tanaman. Yang lebih baik adalah pilihan tanaman yang tahan terhadap adanya sinar matahari, kurangnya air, dan terpaan angin juga misalnya tanaman dalam pot, rumput jepang dll. Pilih juga tanaman yang ringan dan mempunyai akar dengan karakter yang tidak serabut atau yang menghujam juga. Tanaman-tanaman itu misalnya kamboja, dedaunan puring, bougenville, bromilad dan yang sejenisnya. Juga beberapa tanaman buatan seperti rumput sintetis, pot hiasan dan sejenisnya.

Baca Juga :

  • Tips Ke empat

Tips yang terakhir adalah menambahkan pendukung dekorasi tamannya, seperti furniture. Furniture itu bisa kursi dan juga meja taman, ayunan dan lainnya dengan bahan yang tahan panas juga hujan. Bisa juga menambahkan pergola, lampu dan air mancur atau kolam kecil. Pergola bisa digunakan untuk mempercantik taman atap untuk tanaman rambat. Lampu juga bisa untuk penghias taman yang lebih khusyu di malam hari. Untuk kolam kecil dan air mancur bisa untuk mempersegar suasana taman.

Nah itu lah beberapa tips dari kami untuk membuat taman di atas dak beton rumah. Semoga bermanfaat dan anda bisa menerapkannya untuk taman impian anda yang sudah sangat anda idam-idamkan. Jika anda butuh konsultasi perihal ini, silahkan hubungi kami.