Mengenal Apa itu Bata Ringan

947 Dilihat

Mengenal Apa itu Bata Ringan | Mitra CDI yang kami hormati. Yang dimaksud dengan bata ringan secara sederhana adalah material bangunan yang berbentuk persegi seperti bata pada umumnya namun lebih ringan. Walaupun tergolong penemuan baru, jenis bahan bangunan ini sudah banyak diaplikasikan sebagai material konstruksi baik pada bagian lantai atau dinding. Pada konstruksi bangunan terdapat dua jenis bata ringan yaitu Autoclave Aerated Concrete atau AAC dan Cellular Lightweight Concrete atau CLC.

bata hebel /ringan
bata ringan

Baca Juga : Perbandingan Bata Merah dan Bata-Ringan (hebel)

  • Jenis Jenis Bata Ringan yang Ada Dipasaran

Untuk jenis bata ringan AAC pembentukannya menggunakan pasta  alumunium sebagai bahan pengembang, sementara untuk menjadikan tekstur bahan ini semakin keras harus dilakukan pemanasan pada bilik khusus dengan suhu dan tekanan yang  tinggi. Sementara CLC dalam pembuatannya menggunakan pengembang yang dibuat dari foam agent. Dengan mencampurkan bahan ini dalam adukan hebel maka proses pencampuran akan menghasilkan micro bubble sehingga bata menjadi ringan. Berikutnya adalah mendinginkan hebel dengan cara mendiamkannya di tempat terbuka.

Pada kedua jenis bata ringan tersebut bahan-bahan dasar pembentuknya sama yaitu; air, pasir, dan semen. Teknik pembuatannya pun sama, yaitu; menambahkan gelembung-gelembung udara yang berasal dari bahan campuran beton biasa. Secara otomatis berat material menjadi lebih ringan, sifatnya menjadi perforated, dan volumenya akan mengembang. Hebel ini bahkan dapat  mengapung di atas permukaan air karena bobotnya yang sangat ringan.

  • Kelebihan dan Kekurangan Bata-Ringan

Jenis bata ringan yang beredar di pasaran saat ini ada dua jenis yaitu warna putih dan abu-abu. Yang membedakannya adalah jenis bahan pasir yang digunakan dalam campuran jadi bukan karena pewarna putih atau abu-abu. Sementara untuk bahan pasir yang digunakan adalah jenis pasir biasa, selain itu kedua tipe tersebut juga sama-sama kuat. Berikut ini adalah  kelebihan dan kekurangan dari hebel:

  • Kelebihan hebel

Keunggulan bata ringan adalah, ukuran materialnya sangat tepat serta gampang dipotong serta saat akan dipasang atau diaci tak perlu menggunakan pasir. Ukuran hebel juga tergolong besar sehingga bisa mempercepat pendirian bangunan. Materialnya juga tergolong ringan sehingga dapat mengurangi beban pekerja selama proses pendirian rumah atau bangunan. Terakhir, kemampuan insulasi suara serta panasnya termasuk sangat baik.

  • Kekurangan hebel /ringan

Yang menjadi kekurangan dari material ini adalah harganya yang tergolong mahal serta dibutuhkan tenaga pegawai yang mempunyai  keahlian khusus untuk memasang bahan tersebut. Untuk beberapa tipe bata ringan harus diaplikasikan dengan semen instan atau semen khusus, dan terakhir, bahan tersebut tidak dapat dipaku karena bersifat perforated. Bila ingin memasang hiasan atau ornament pada dinding dengan hebel sebaiknya tidak menggunakan paku tetapi baut yang dipasang dengan fisher.

Jangan Lupa Baca : Harga Bata-Ringan Super

Untuk pengaplikasiannya bata ringan umum digunakan sebagai pembentuk dinding, pagar, serta lantai. Bahan ini juga cocok digunakan untuk gedung bertingkat tinggi. Beratnya yang relative ringan membuat jumlah lantai yang banyak dapat terakumulasi dengan baik. Bila menggunakan batu bata biasa maka beban bangunan akan semakin berat.