Apa Itu Mix Design Pada Beton ?

1111 Dilihat

Apa Itu Mix Design Pada Beton ? | Mitra CDI. Sebelum kami sampaikan kepada anda tentang mix design sebaiknya Anda mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Definisi singkatnya adalah proses mendesain serta memilih bahan yang sesuai serta menentukan proporsi relative. Yang bertujuan untuk memproduksi beton dengan kekuatan khusus, daya tahan sesuai yang diinginkan, dan yang paling penting adalah biaya produksi yang ekonomis. Tentu saja rancangan campuran beton bukanlah pekerjaan yang simple mengingat sifat dari material penyusunnya yang begitu beragam. Selain itu ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi yaitu keadaan di tempat kerja, terjadinya eksposur atau tekanan, serta keadaan yang harus dicapai untuk pekerjaan tertentu.

membuat mix design beton
membuat mix design beton
  • Perencanaan Desain Campuran Beton /Mix Design

Dibutuhkan wawasan yang komplit tentang beragam property bahan atau material penyusun dalam pekerjaan desain campuran beton ini. Inilah yang membuat pekerjaan perencanaan campuran beton menjadi sulit dan kompleks. Tak hanya dibutuhkan pengetahuan yang berkaitan dengan sifat beton serta material dalam kondisi tertentu saja. Tetapi juga dibutuhkan wawasan yang lebih luas termasuk pengalaman dari kondisi pengerasan beton saat pengaplikasian. Untuk perbandingan material beton di laboratorium sekali pun, membutuhkan penyesuaian modifikasi campuran beton yang banyak. Jadi intinya mix design itu akan lebih ideal dengan pengaplikasian sesuai keadaan di lapangan atau kondisi bangunannya.

Baca Juga : Beberapa Istilah Umum Pada Struktur Beton

Atau Baca : Mutu Beton yang Cocok untuk Rumah Tinggal

  • Mencetak Beton Sesuai Spek yang Direncanakan

Berikutnya seorang site engineer setelah menentukan mix design yang tepat, ia harus mencetak beton pada lokasi dengan mengikuti parameter sebagaimana yang direkomendasikan oleh desainer campuran untuk meraih kekuatan sebagaimana yang dikehendaki oleh insinyur struktur. Dalam beberapa kondisi dibutuhkan pula bagi site engineer untuk melakukan modifikasi campuran sebagaimana yang direkomendasikan oleh perancang campuran.

Ia juga bertugas membuat silinder atau kubus dalam  jumlah yang mencukupi serta mengujinya (tes beton) untuk memastikan pencapaian kekuatan minimum pada spesifikasi tersebut. Petugas perancang campuran, sebelumnya harus merancang kubus percobaan dengan material yang representative untuk tiba pada koefisien atau nilai standar tertentu yang akan diterapkan pada perencanaan campuran beton sesungguhnya. Ini bertujuan agar tidak terjadi kegagalan campuran pada kualitas beton yang akan diaplikasikan nanti.

Metode ini pertama kali dipublikasikan oleh komite ACI (American Concrete Institute) di tahun 1944, kemudian di tahun 1954 metode ini direvisi serta dimodifikasi salah satunya dengan menggunakan campuran udara. Selanjutnya di tahun 1970 metode perencanaan campuran ACI menjadi wewenang komite ACI  211. Yang banyak dilakukan saat ini adalah metode dari komite terbaru ACI 211.1.

Keuntungan dari metode tersebut adalah:

  1. Sama-sama menghasilkan efek yang baik.
  2. Prosedur tersebut hampir sama terutama yang berkaitan dengan agregat kasar dan halus.
  3. Begitu pun untuk agregat berbobot biasa serta tak biasa.
  4. Serta berkaitan dengan faktor udara yang digabungkan atau tak digabungkan.

Biasanya hasil dari uji mix design pada beton ini dibuat dalam format data Mix Design dan dikelurkan oleh pihak pembuat beton (Batching Plant Readymix) pada proyek pengecoran, sesuai dengan struktur desain bangunan yang direncanakan. Jadi, keuntungannya dengan adanya Mix Design ini, menjadikan perencanaan struktur bangunan lebih matang, rapih dan tepat guna.

Demikian Penjelasan dari kami dalam mengenal apa itu Mix Design Pada Beton. Bagi anda yang ingin berkonsultasi terkait perencanaan pembangunannya, silahkan hubungi kami melalui kontak yang ada pada web ini.