Jenis Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

5169 Dilihat

Jenis Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan | Mitra CDI. Bisa jadi, saat Anda sedang dalam proses pembangunan rumah, kantor, gudang atau jenis bangunan lainnya; kemudian Anda disarankan oleh teman atau tetangga untuk menggunakan material besi wiremesh. Namun, Anda sendiri merasa asing dengan istilah tersebut dan belum tahu seperti apa bentuknya. Wiremesh bisa dikatakan sebagai bahan material anyaman tulangan besi /baja dalam ukuran diameter yang sama. Kemudian dirangkai /dihubungkan antara satu dengan yang lainnya dengan cara dilas. Sehingga membentuk lembaran rangkaian tulangan besi yang siap pakai. Bisa juga dihubungkan dengan menggunakan PIN atau juga peralatan lain. Untuk lebih mudah menngenalnya, Anda bisa melihat gambar berikut ini.

Mengenal Wiremesh
Mengenal Wiremesh

Fungsi Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

Di dalam industri bangunan, wiremesh digunakan sebagai material pengganti tulangan besi pada pengecoran lantai atau jalan. Selain lebih praktis jenis material ini juga bisa meminimalisir pembengkakan anggaran dana pembangunan karena strukturnya yang fleksibel dan mudah digunakan. Wiremesh juga dibuat menyesuaikan kebutuhan baik dari sisi ukuran diameter besinya maupun kemampuan menahan bebannya.

Rekomendasi Cara Penggunaannya

Jika akan digunakan sebagai tulangan pada pengecoran dak lantai atau jalan; biasanya cukup digelar dan dihubungkan tiap ujung lembarannya dengan cara dilas atau di ikat dengan kawat bendrat. Selanjutnya, bisa dituangkan adukan beton cor di atasnya. Bisa dikatakan, material ini sebagai alternative penyangga atau tulangan yang akan membuat struktur bangunan lantai lebih kuat dan kokoh. Oleh sebab itu, banyak kontraktor yang menggunakan wire mesh sebagai tulang lantai sehingga lantai akan sangat kuat jika dibandingkan dengan tanpa menggunakannya.

Hemat dan Praktis

Tentu, wiremesh ini merupakan cara modern untuk membuat struktur lantai lebih kuat dan kokoh yang memang sudah didesain khusus untuk hal itu. Selain itu, material ini sendiri sangat mudah dan menghemat biaya banyak karena bisa langsung ditaruh di atas tanah, bondek atau tempat yang akan dicor. Setelah itu, proses pengecoran bisa langsung dilakukan. Bukan hanya hemat waktu dan biaya, melainkan juga hemat SDM karena hanya dibutuhkan beberapa orang saja untuk mengerjakan luas lantai yang akan dicor menggunakan material ini.

Wiremesh sendiri bisa dipesan dengan mudah di toko atau supplier dan distributor bahan bangunan dengan harga yang bervariasi tergantung dari jenis dan ukurannya. Jika Anda tidak tahu berapa banyak yang Anda butuhkan atau cara hitung kebutuhannya, sebaiknya Anda bertanya kepada ahlinya atau silahkan baca artikel kami tentang cara penghitungannya dengan klik DISINI. Yang jelas, jenis material ini adalah pilihan yang tepat untuk membuat konstruksi bangunan lebih kuat.

Baca Juga: Daftar Harga Bondek & Wire mesh Terbaru dengan klik DISINI

Jangan lupa untuk membeli wiremesh ini dari supplier bahan bangunan yang terpercaya dan memberikan penawaran menarik dari sisi harga. Jadi, Anda akan mendapatkan keuntungan dari sisi material yang berkualitas yang Anda pilih dan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan tempat lain. Kini, saatnya Anda membangun konstruksi bangunan yang lebih kokoh dengan wiremesh ini.