Mengetahui Kualitas Material Cor Beton

360 Dilihat

Mengetahui Kualitas Material Cor Beton | Mitra. Proses Pengadukan sangat mempengaruhi kualitas dari mutu cor beton yang dihasilkannya. Adukan yang merata dan plastisitas menjadi acuan dari sukses tidaknya hasil dari pengadukan beton. Setidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil adukan kualitas beton yaitu; alat atau metode yang digunakan, lama proses pengadukan, serta pencampuran dari material bahan bangunan cor beton itu sendiri.

Mengetahui Kualitas Material Cor Beton
Mengetahui Kualitas Material Cor Beton
  • Cara Mengetahui Kualitas Material Cor Beton

Dalam metode pengecoran mesin pengaduk cor dapat dibedakan menjadi dua, yaitu; 1. Mesin aduk mobil yang bisa dipindahkan. 2. Mesin untuk kapasitas kecil yang sering kita sebut molen atau mixer. 3. Mesin aduk stasionet yang biasanya mesin ini mempunyai kapasitas besar / batching plant.

Berdasarkan perputaran batchnya, mesin pengaduk cor dibedakan menjadi tiga, yakni; mesin aduk yang berputar secara vertikal, mesin aduk yang berputar secara horizontal dan serta mesin aduk berputar miring. Berdasarkan fungsi masing-masing mesin pengaduk vertikal dan miring biasanya sering dipakai untuk pengerjaan cor beton di lapangan, dan untuk mesin berputar horizontal biasanya sering digunakan oleh laboratorium.

Pada umumnya, mesin pengaduk cor tersebut harus diputar bedasarkan kecepatan yang sudah direkomendasikan oleh pabrik. Rekomendasi ini sudah tercantum dalam manual book yang sudah di ikut sertakan saat pembelian sedangkan mengenai durasi dari pengadukan dihitungan setelah komposisi bahan cor tercampur ke dalam mixer.

  • Hasil Adukan Menentukan Kualitas Cor Beton

Kualitas cor beton tergantung dari hasil adukan, lamanya waktu untuk pengadukan. Jika terlalu singkat, komposisi bahan cor kemungkinan tidak tercampur secara merata, sehingga bahan tidak bisa tercampur dengan sempurna. Begitu pula sebaliknya, jika pengadukan itu sendiri terlalu lama mengakibatkan naiknya suhu pada cor beton, tingkat keausan pada Ready Mix akan pecah, pengadukan menjadi kering sehingga akan dibutuhkan lagi penambahan air, akan bertambah nilai slump juga sehingga bisa menurunkan kekuatan dan mutu dari beton itu sendiri.

Jadi untuk ukuran dari kualitas material cor beton sendiri semua sudah disesuaikan oleh standar beton. Penggabungan material cor dan putaran mesin pengaduk yang tepat akan mendapatkan hasil mutu dari beton berkualitas.

Sperti itulah dalam Mengetahui Kualitas Material Cor Beton jika anda menggunakan cara manual dalam pengadukannya. Berbeda jika anda menggunakan jasa perusahaan Ready Mix Concrete, anda bisa Mengetahui Kualitas Material Cor Beton dengan meminta pihak Batching Plant (pabrik olahan beton curah /cair) untuk uji tes mutu beton. Biasanya tes mutu beton ini dikenakan biaya tambahan dari harga pembelian betonnya. Atau anda juga bisa meminta hasil uji lab beton agar lebih pasti rincian kualitas mutu beton yang anda beli.

Kami CDI juga menyediakan Beton Cair Siap Pakai atau Ready Mix Concrete dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget anda. Untuk mengetahui macam-macam  mutu beton yang kami jual, anda bisa mengunjungi Halaman Produk Ready Mix Beton. Silahkan konsultasikan langsung dengan kami tentang semua kebutuhan Ready Mix Beton anda melalui layanan telepon website ini. Terima kasih.