Wiremesh Pengganti Besi Plat Beton

1636 Dilihat

Wiremesh Pengganti Besi Plat Beton | Mitra CDI dimana saja anda berada. Sesuai dengan berkembang pesatnya pembangunan banyak inovasi terbaru dalam dunia konstruksi untuk menghemat dan menekan tingginya biaya juga tidak mengurangi kualitas tentunya. Salah satunya adalah Mengganti Besi Plat Beton dengan besi Wiremesh. Besi wiremesh ini adalah rangkaian besi berdiameter 4 mili meter hingga berdiameter 12 mili meter yang sudah dirangkai berbentuk jaring jaring. Wiremesh ini juga sangat berguna untuk menghemat penggunaan besi plat beton konvesional pada pengecoran ulang dak atau jalan. Karena pada pengecoran dengan alas dasar yang sudah kuat (sudah pernah dicor sebelumnya ) tidak diperlukan lagi besi tulangan beton konvesional sebagai pengikat material cor betonnya.

 Wiremesh
Wiremesh
  • Keuntungan Menggunakan Wiremesh

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan wiremesh pada struktur konstruksi cor beton.

  1. Lebih cepat pemasanganya dibanding dengan besi konvensional (jenis besi tulangan biasa).
  2. Lebih murah dari jenis besi konvesional dan bisa menghemat biaya konstruksi s/d 50%.
  3. Cocok digunakan untuk bagian struktur bangunan yang melebar seperti plat lantai dll.
  4. Lebih ringan dan mudah digulung juga bisa langsung ditaruh dengan tidak memerlukan banyak kawat habel (bendrat) untuk merangkai.
  5. Tidak perlu melibatkan banyak pekerja.
  6. Mudah didapatkan dan tersedia hampir disetiap toko material.
  • Tpe wiremesh dan ukurannya

Ada dua jenis tipe dan ukuran wiremesh yang biasa di jual ditoko-toko material penjual bahan bangunan, berikut rinciannya;

  1. Wiremesh jenis lembaran (sheet), biasanya berukuran dengan lebar 2,1 m x 5,4 m atau 10 m². Tersedia dalam ukuran diameter antara 4 mili meter s/d 12 mili meter.
  2. Wiremesh jenis gulungan (roll), biasanya berukuran dengan lebar 2,1 m x 54 m. Tersedia juga dalam ukuran diameter antara 5 mili meter s/d 8 mili meter.
  • Cara memasang wiremesh yang benar

Sebelum anda membeli wiremesh, pastikan dulu anda memilih ukuran dan jenis wiremesh yang cocok untuk proyek pengecoran anda, apakah jenis lembaran atau gulungan. Setelah itu jika yang akan anda cor adalah lantai yang sebelumnya sudah pernah dicor atau hanya melapisi saja, silahkan ukur terlebih dahulu luas lahan yang akan di pasang wiremesh kemudian memotongnya sesuai dengan kebutuhan bidang yang akan dicor. Pada setiap sisi wiremesh jangan lupa untuk memberi overlap kurang lebih 10 cm sampai dengan 15 cm lalu jepitlah dengan paku beton dan mengikatnya dengan kawat habel (bendrat). Jangan lupa sambungan antara sisi potongan wiremesh  satu dengan lainnya diikat lagi dengan kawat habel (bendrat) agar tidak mudah bergeser. Dan apabila luas bidang yang ingin dipasang wiremesh masih ada ruang kosong, Anda tinggal menambahkan potongannya lagi yang sesuai ukurannya. Jika dak lantai yang akan anda cor, anda harus memasang smartdek /bondek dibawahnya sebagai penahan besi wiremesh.

Silahkan baca artikel kami tentang Smartdek, klik DISINI.

Demikian mitra artikel yang dapat kami suguhkan kehadapan anda kali ini tentang Menghemat Besi Plat Beton dengan Wiremesh. Kami berharap dengan disusunnya artikel ini dapat memberikan konstribusi ide positif untuk menghemat biaya pembangunan proyek pengecoran anda. Jika anda membutuhkan jasa supplier cor beton siap pakai ( Beton Ready Mix), silahkan hubungi kami melalui telepon /email resmi kami yang tercantum diwebsite ini, terima kasih.